viii
ABSTRAK
ABSTRAK
Dinar Anjani Sukana (12161466), Sistem Informasi Pelayanan Jasa Servis dan
Penjualan Sparepart pada Bengkel Yono Motor Bekasi
Perkembangan teknologi saat ini berjalan dengan cepatnya, dan banyak sekali keuntungan
yang bisa didapatkan dari perkembangan teknologi informasi ini. Teknologi informasi
sekarang ini mempunyai peranan yang sangat besar dalam semua bidang. Bengkel Yono
Motor pengolahan data jasa servis dan data penjualan sparepart masih sifat manual, masih di
kerjakan secara konvensional dengan dicatat dalam buku-buku saja tanpa adanya proses
pengolahan menggunakan komputer sehingga proses pengerjaan memperlambat waktu dan
juga tenaga yang tidak sedikit, data sparepart masih disimpan dalam buku, dimana yang
dicatat hanya harga satuan sparepart dan jumlah stok tanpa adanya keterangan lebih
terperinci pada buku stok sparepart. Perusahaan berusaha melakukan atau meningkatkan
kualitas pelayanan dengan membangunnya sistem informasi yang di rencanakan akan turut
membantu dan memudahkan pelayanan yang lebih cepat, dan akurat untuk kinerja
perusahaan. Untuk itulah penulis mencoba membuat Tugas Akhir mengenai sistem informasi
pelayanan jasa servis dan penjualan sparepart mobil di Bengkel Yono Motor yang sampai
saat ini belum terkomputerisasi. Perancangan program ini merupakan solusi yang terbaik
untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada perusahaan ini. Sistem yang
terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar berjalan lebih efektif dan efisien.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Jasa Servis, Penjualan Sparepart
ABSTRACT
TA_D3_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA_D3_File_16 Lampiran-lampiran.pdf
TA_D3_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_D3_File_11 Bab III Pembahasan.pdf
TA_D3_File_1 Lembar Judul.pdf
TA_D3_File_13 Daftar Pustaka.pdf
TA_D3_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_D3_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA_D3_File_7 Abstrak.pdf
TA_D3_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_D3_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
TA_D3_File_9 Bab I Pendahuluan.pdf
TA_D3_File_12 Bab IV Penutup.pdf
TA_D3_File_10 Bab II Landasan Teori.pdf
TA_D3_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
DAFTAR PUSTAKA
81
Bay Haqi, M. K., & Setiawan Satria Heri, S.E, M. T. . (2019). Aplikasi Absensi
Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader. Jakarta: PT Alex
Media Komputindo, Jakarta.
Iqbal, M. (2019). 5 Jam Belajar PHP MYSQL Dengan Dreamweaver CSS.
Yogyakarta: Deepublish.
Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Mundzir, MF. (2018). Buku Sakti Pemrograman WEB Seri PHP. Yogyakarta:
START UP.
Mustakini Hartono, J., & 2016. (n.d.). Analisis & Disain Sistem Informasi
Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis (3rd ed.).
Yogyakarta: ANDI.
Nugroho, S. E., & Siang, J. J. (2014). Studi Kasus : Naga Mulya Motor Yogyakarta.
Purbalingga, M. (2014). Sistem Komputerisasi PSKB (Sparepart, Servis Kendaraan
Bermotor) Pada Anugrah Motor Purbalingga, 7(2), 12–19.
Rachmatullah, R., & Yanto, R. (2016). Sistem Penjualan Online Spare Part Mobil Di
Toko Citra Abadi Motor Semarang, 5(3), 56–62.
Ropianto, M., Permatasari Dwiputri, R., Hayadi, H. B., & Rukun, K. (2018).
Algoritma & Pemrograman (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Shalahuddin, R. A. S. & M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan
Berorientasi Objek) (4th ed). Bandung: Informatika.
Sumardi. (2015). Sistem Akuntansi Penjualan Sparepart Dan Pelayanan Servis
Sepeda Motor Pada Cv . Area Motor Kudus, 96–105.
Suryana, T., & Koesheryatin. (2014). Aplikasi Internet Menggunakan HTML, CSS, &
JavaScript. (R. Taruan L, E. Kurnia, & E. Soegoto Soeryanto, Eds.). Jakarta: PT
Alex Media Komputindo, Jakarta.
Trisyanto. (2017). Analisis & Perancangan Sistem Basis Data (1st ed.). Surabaya:
CV. GARUDA MAS SEJAHTERA.
Winardi, A., ida Farida, & Dicky Hariyanto. (2017). Rancang Bangun Sistem
Informasi Manajemen Bengkel. IJSE - Indonesian Journal on Software
Engineering, 3(2), 8–14. Retrieved from
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/2813/1837