STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT SINAR SURYA SEHATI DALAM EKSTERNAL RELATIONS

research
  • 06 May
  • 2020

STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT SINAR SURYA SEHATI DALAM EKSTERNAL RELATIONS

ABSTRAK

 

Leni Marlina Waruwu (41160349), Strategi Public Relations PT. Sinar Surya Sehati Dalam Eksternal Relations.

 

 

Di era persaingan yang semakin ketat ini, sebuah perusahaan memerlukan adanya sinergi yang baik antara kualitas produk yang dihasilkan dengan layanan yang diberikan. Tidak hanya memperbaiki pelayanan keluar, khususnya customer, tetapi juga kedalam perusahaan. Menjaga hubungan dengan para customer sangat dibutuhkan guna meningkatkan dan mempertahankan kerja sama yang telah terjalin sebelumnya. Berbagai ancaman dan pesaing datang dari banyak arah, maka dari itu peran PR sangat diperlukan dalam menjaga hubungan dengan eksternal relation khususnya customers dan supplier, tanpa adanya customers dan supplier, maka bisa ditarik kesimpulan perusahaan tidak dapat berjalan. Penelitian metode deskriptif yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah terkumpul sebagaimana adanya, melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku umum. Dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini penulis menggunakan metode penelitian Kualitatif Deskriptif. Dengan melakukan lobi dan negosiasi tentunya merupakan solusi dalam menjaga dan meningkatkan hubungan baik dengan eksternal relations PT Sinar Surya Sehati.

 

 

Kata Kunci : Strategi Public Relations, customers, Supplier dan Eksternal

Relations

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

x

ABSTRACT

 

Leni Marlina Waruwu (41160349), Public Relations Strategy of PT. Sinar Surya Sehati In External Relations.

In this era of increasingly fierce competition, a company needs a good synergy between the quality of the products produced and the services provided. Not only improving outgoing services, especially customers, but also into the company. Maintaining relationships with customers is needed to improve and maintain cooperation that has existed previously. Various threats and competitors come from many directions, and therefore the role of PR is very necessary in maintaining relationships with external relations, especially customers and suppliers, without customers and suppliers, then the conclusion can be drawn the company cannot run. Descriptive research methods that function to describe or provide an overview of the object under study through data or samples that have been collected as they are, conduct analysis and make conclusions that are generally accepted. In preparing  this Final Project Report, the writer uses descriptive qualitative research method. Lobbying and negotiating is certainly a solution in maintaining and enhancing good relations with PT Sinar Surya Sehati external relations.

Keywords: Strategy Public Relations, Sustomers,Supplier, External Relations.

 

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Andra, T. (2018). METODE PENELITIAN. YOGYAKARTA.

Ardianto, E. (2014). Public Relations (S. N. Nurbaya, ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2017). Effective Public Relation.

JAKARTA: Kencana Pr.

Kriyantono, R. (2018). Kearifan Lokal dan Strategi Komunikasi Public Relations di BUMN dan Perusahaan Swasta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(2), 171–188. https://doi.org/10.24002/jik.v15i2.1480

MOLEONG, J. L. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT remaja. Morissan. (2017). Manajemen public relation. Jakarta: kencana pe.

Park, H. Y. (2019). Konseptualisasi kepentingan publik dan pengembangan skala dalam hubungan masyarakat. Journal of Public Relations, 23(2), 34–78. https://doi.org/10.15814/jpr.2019.23.2.34

Pramelani, P., & Lestari, A. (2019). Program Employee Gathering “Satukan Hati Selaraskan Tujuan” Dalam Menjalin Hubungan Baik Karyawan. Jurnal Komunikasi, 10(1), 42–47. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5096

Silvina, M., & Angguntiara, C. (2018). Strategi Humas PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) Dalam Membuat Tabloid Sebagai Media Informasi. Jurnal Komunikasi,9(1),1–7.        Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif, kualitatif, dan R&d. Bandung: Alvabeta,c.

Suryabrata, s. (2018). Metodologi penelitian. Depok: Rajagra PT.

Susilo, D. (2018). Komunikasi Keluarga Buruh Migran Indonesia: Hambatan dan Penyelesaian.    JIKE :    Jurnal    Ilmu    Komunikasi     Efek,     1(2), 166–188. https://doi.org/10.32534/jike.v1i2.157