Nazar Febriyana (12146629), Pembuatan Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Budaya Tari Nusantara Berbasis Android Menggunakan Construct 2.
Dimana semakin berkembangnya terknologi pada dunia aplikasi dan banyak juga jenis aplikasi-aplikasi yang berkembang. Namun dibalik kemajuan teknologi indormasi dan komunikasi banyak sekali dampak negatif bagi anak-anak yang semakin asik bermain dengan smartphone ketimbang belajar. Dalam hal ini penulis berinisiatif untuk membuat aplikasi game berbasis android yang memadukan unsur permainan dan unsur pembelajaran yang nantinya membuat anak yang menggunakan aplikasi ini merasa tidak bosan ataupun tidak merasa jenuh. Karena di dalam nya terdapat unsur bermain nya juga. Adapun tema game edukasi ini adalah pengenalan tari nusantara. Kemudian untuk data yang dikumpulkan oleh penulis menggunakan metode observasi dengan cara mengambil data-data dari buku seni tari. Tujuan dari aplikasi ini supaya anakanak lebih memanfaatkan waktunya untuk belajar sambil bermain mengenal tarian nusantara. Sehingga diharapkan dengan inovasi seperti ini maka dapat meningkatkan ketertarikan anak-anak terhadap tari nusantara. Pembuatan aplikasi ini menggunakan construct 2 yang berbasis HTML5. Aplikasi ini berisikan 2 menu untuk memulai permainan, yaitu mengenal dan bermain yang didalam nya terdapat isi yang menyenangkan. Aplikasi game edukasi ini diharapkan nantinya dapat menunjang minat belajar anak dan tentunya di bawah bimbingan orang tua, serta juga menjadi media pembelajaran interaktif yang menarik bagi anak-anak.
TA_File_14_BAB III Pembahasan.pdf
TA_File_11_Daftar Lampiran.pdf
TA_File_12_BAB I Pendahuluan.pdf
TA_File_1_Cover Judul TA.pdf
TA_File_5_Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_18_Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_15_BAB IV Penutup.pdf
TA_File_9_Daftar Gambar.pdf
TA_File_2_Surat Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_File_10_Daftar Tabel.pdf
TA_File_6_Kata Pengantar.pdf
TA_File_4_Pengesahan dan Persetujuan Tugas Akhir.pdf
TA_File_3_Surat Pernyataan Publikasi Tugas Akhir.pdf
TA_File_19_Lampiran.pdf
TA_File_8_Daftar Isi.pdf
TA_File_13_BAB II Landasan Teori.pdf
TA_File_7_Abstrak.pdf
TA_File_17_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Awwali Muhammad Ryza , Sulartopo. Media Pembelajaran Desain Grafis Di Sma
1 Kudus Berbasis Multimedia Interaktif. Vol 8, No 1 Tahun 2015.
Diambil Dari: journal.stekom.ac.id/index.php/PIXEL/article/view/156
Binanto Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori Dan Pengembanganya.
Yogyakarta: CV. Andi
Ependi Usman. Solusi Mudah Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar
Menggunakan Perangkat Lunak Model Madlc. Vol. 2 No. 2 Maret 2016.
Diambil Dari: jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/20115
Hasanah Umrotul dan Nulhakim Lukman. Pengembangan Media Pembelajaran
Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Konsep Fotosintesis. Vol. 1,
No. 1, November 2015. Diambil Dari: jurnal.untirta.ac.id/index.php
/JPPI/article/view/283
Hartanto Anggit Dwi, Windha Mega Pradnya Dhuhita, Alfian Tinangon.
Perancangan Game Multiplatform Menggunakan Scirra Construct 2 Dan
Html 5. RAPI XIII – Tahun 2014. Diambil Dari: publikasiilmiah.
ums.ac.id/bitstream/handle/11617/5459/15.Anggit%20Dwi%20Hartanto.p
df?sequence=1
Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung
Murtiwiyati dan Glenn Lauren. Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya
Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android. Volume 12
Nomor : 2, Desember 2013. Diambil Dari: murtiwiyati.staff.gunadarma
.ac.id/Publications/files/2058/jurnal+Android.pdf
Muhson Ali. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.
Vol. VIII. No. 2 – Tahun 2010, Hlm. 1 – 10. Diambil Dari:
journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949 (12 Mei 2017)
Putra Daniel. R. 2016. Panduan Praktis Dan Jitu Jago CorelDraw X7. Cirebon:
CV. ASFA Solution.
Prasetya Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi SmartPhone MultiPlatform.
Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Permana Silvester Dian Handy. Pembangunan Aplikasi Game Android
Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol. 7 No. 2 November 2015.
Diambil Dari: ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38/0
Rosa. A.S Dan M. Shalahuddin. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung:Informatika.
Rizky Soetam. 2013. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: PrestasiPustaka
Setiyawan Andri. 2016. Media Pembelajaran Suspensi Aktif Berbasis AndroidDan Ios. Diambil Dari: pasca.um.ac.id/wp content/uploads/2016/10/PROSIDING-SEMNAS-PKJ-2016.pdf
Sari Putri Intan, Purnama Bambang Eka. Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (Ipa) Dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar Negeri Sooka I Punung Kabupaten Pacitan. Vol 7, No 1 Tahun 2015. Diambil Dari: ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1334
Safaat Nazruddin .H. 2015. Pemerograman Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika.
Soenyoto Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Yudistira. Mobile Game Edukasi Aritmatika Dan Geometri. Vol. 7 No.2 Agustus
2014. Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/ telematika/article/view/251
Zahriyatun Anggi, Anisa Berlilana, Tri Astuti. E-Tung Edugame Berhitung Sebagai Media Berhitung Untuk Anak Tk. Vol. 7 No.2 Agustus 2014.Diambil Dari: ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/246
Zamroni M. Rosidi, Nizar Suryaman, Ahmad Jalaluddin. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5.Vol. 5 No.2 September 2013. Diambil Dari: journal.unisla.ac.id/pdf/11522013/REV%20ROSIDI.pdf