PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL

research
  • 14 Dec
  • 2018

PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL

ABSTRAK

 

Addyta Luthfiani (41150204), Nadia Mutiara Dewi (41150070), Tri Septianti Nurrochmah (41150208), Perancangan Newsletter “ACTIVE” PT Tri Karta Esa Karsa (TALKINC) Sebagai Media Komunikasi Publik Internal.

Newsletter sebagai wadah komunikasi manajemen dengan publik internal  sangat membantu dalam penyampaian informasi,  baik informasi tentang kegiatan karyawan maupun perusahaan. Newsletter ACTIVE akan terbit setiap enam bulan sekali dengan tujuan utamanya sebagai media komunikasi dan informasi antara manajemen atau perusahaan dengan publik internalnya dalam hal ini yaitu karyawan dan siswa.

PT. Trikata Esa Karsa (TALKINC) merupakan sebuah institusi pendidikan yang berfokus pada pengembangan keahlian berkomunikasi. Sebagai institusi pendidikan yang berfokus pada pengembangan keahlian berkomunikasi, PR dalam TALKINC berfungsi untuk membangun citra positif perusahaan dengan komunikasi. Namun, ketiadaan media komunikasi internal dalam bentuk cetak seperti newsletter kemudian menjadi tantangan besar dalam komunikasi organisasi di TALKINC. Bagaimana menyampaikan informasi keseluruh bagian organisasi dan bagaimana menerima informasi dari seluruh bagian organisasi selama ini hanya dilakukan dalam bentuk rapat internal dan majalah dinding perusahaan. Sedangkan media internal seperti newsletter perusahaan dibutuhkan sebagai sarana agar terjalinnya hubungan baik antara perusahaan/organisasi dengan publik internal-nya. Newsletter ini memiliki 11 rubrikasi yang terdiri dari berita dan artikel menarik yang bisa memberikan inspirasi dan membangkitkan motivasi bagi para pembaca. Dengan adanya newsletter ini  komunikasi dua arah yang terjalin antara manajemen dengan publik internalnya dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Kata Kunci : Perancangan, Newsletter, Media Komunikasi

Unduhan

  • File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf

    Bab-II-Landasan-Teori

    •   diunduh 1148x | Ukuran 1,922 KB
  • File_1 Lembar Judul.pdf

    PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_1 Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 202x | Ukuran 141 KB
  • File_15 Surat Keterangan PKL dan Riset.pdf

    PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_15 Surat Keterangan PKL dan Riset.pdf

    •   diunduh 277x | Ukuran 393 KB
  • File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    •   diunduh 169x | Ukuran 520 KB
  • File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 206x | Ukuran 467 KB
  • File_6 Kata Pengantar.pdf

    PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_6 Kata Pengantar.pdf

    •   diunduh 188x | Ukuran 202 KB
  • File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 192x | Ukuran 576 KB
  • File_7 Abstrak.pdf

    PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_7 Abstrak.pdf

    •   diunduh 141x | Ukuran 271 KB
  • File_13-Daftar-Pustaka.pdf

    Daftar-Pustaka

    •   diunduh 241x | Ukuran 1,758 KB

 

  • File_7-Abstrak.pdf

    Abstrak

    •   diunduh 200x | Ukuran 1,875,303
  • File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 151x | Ukuran 312,479
  • File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 169x | Ukuran 762,480
  • File_12-Bab-IV-Penutup(1).pdf

    Bab-IV-Penutup

    •   diunduh 176x | Ukuran 1,692,005
  • File_8-Daftar-Isi.pdf

    Daftar-Isi

    •   diunduh 153x | Ukuran 1,632,192
  • File_11-Bab-III-Pembahasan.pdf

    Bab-III-Pembahasan

    •   diunduh 516x | Ukuran 3,115,229
  • File_9-Bab-I-Pendahuluan(1).pdf

    Bab-I-Pendahuluan

    •   diunduh 877x | Ukuran 1,933,743
  • File_17 Hasil Karya Newsletter.pdf

    PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_17 Hasil Karya Newsletter.pdf

    •   diunduh 3672x | Ukuran 8,434,278

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatam Media.

Astrid, A. F. 2017. Eksistensi Media Internal Sebagai Alat Kehumasan: Studi Kasus Majalah Empati PSMP Toddopuli Makassar. Makassar: Jurnalisa. Vol. 03, No1:136–150.

Beard, Mike. 2004. Manajemen Departemen Public Relations. London: Erlangga.

Bungin, Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Kencana.

Cangara, Hafield. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Eriyanto. 2014. Analisis Jaringan Komunikasi Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Hermono,  Fajar, dan Fitro Nur Hakim. 2015. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Semarang: Speed Sentra Penelitian. Vol. 4, No. 1:42-49. 

Hidayah, R. A. 2015. Kajian Tugas dan Fungsi Hubungan Masyarakat Di Kantor Pemerintah Provinsi Sulawesih Utara. Sulawesih Utara: Acta Diurna. Vol.4, No. 3:1-10.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Maskur. 2015. Manajemen Humas Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Mukarom, Zainal, dan Muhibudin Wijaya Laksana. Manajemen Public Relations. Bandung: CV Pustaka Setia

Ruslan, Rosady. 2013. Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Ruslan, Rosady. 2016. Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruslan, Rosady. 2017. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.


 

Rustan, Surianto (2009). Layout Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Silalahi, Ulber. 2015. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama.

Silvana, T., Yunus Winoto, dan Indra Fichas. 2017. Keberadaan “House Journal” Sebagai Media Komunikasi Internal di Lingkungan Suatu Lembaga. Bandung:Promedia. Vol. 3, No.1:1–23.

Soemirat, Soleh, dan Elvinaro Ardianto. 2017. Dasar Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sopian. 2016. Public Relations Writing. Jakarta: PT. Gramedia.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Umar, Husein. 2003.Bussines An Introduction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.