ABSTRAK
Addyta Luthfiani (41150204), Nadia Mutiara Dewi (41150070), Tri Septianti Nurrochmah (41150208), Perancangan Newsletter “ACTIVE” PT Tri Karta Esa Karsa (TALKINC) Sebagai Media Komunikasi Publik Internal.
Newsletter sebagai wadah komunikasi manajemen dengan
publik internal sangat membantu dalam penyampaian
informasi, baik informasi tentang kegiatan
karyawan maupun perusahaan. Newsletter
ACTIVE akan terbit setiap enam bulan sekali dengan tujuan utamanya sebagai
media komunikasi dan informasi antara manajemen atau perusahaan dengan publik internalnya
dalam hal ini yaitu karyawan dan siswa.
PT. Trikata Esa Karsa (TALKINC) merupakan sebuah institusi
pendidikan yang berfokus pada pengembangan keahlian berkomunikasi. Sebagai institusi
pendidikan yang berfokus pada pengembangan keahlian berkomunikasi, PR dalam
TALKINC berfungsi untuk membangun citra positif perusahaan dengan komunikasi. Namun,
ketiadaan media komunikasi internal dalam bentuk cetak seperti newsletter kemudian menjadi tantangan besar
dalam komunikasi organisasi di TALKINC. Bagaimana menyampaikan informasi keseluruh
bagian organisasi dan bagaimana menerima informasi dari seluruh bagian organisasi
selama ini hanya dilakukan dalam bentuk rapat internal dan majalah dinding
perusahaan. Sedangkan media internal seperti newsletter perusahaan dibutuhkan sebagai sarana agar terjalinnya hubungan
baik antara perusahaan/organisasi dengan publik internal-nya. Newsletter ini memiliki 11 rubrikasi
yang terdiri dari berita dan artikel menarik yang bisa memberikan inspirasi dan
membangkitkan motivasi bagi para pembaca. Dengan adanya newsletter ini komunikasi dua
arah yang terjalin antara manajemen dengan publik internalnya dapat berjalan secara
efektif dan efisien.
Kata Kunci : Perancangan, Newsletter, Media Komunikasi
PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
Bab-I-Pendahuluan
PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_1 Lembar Judul.pdf
PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_17 Hasil Karya Newsletter.pdf
Bab-II-Landasan-Teori
Bab-IV-Penutup
PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_15 Surat Keterangan PKL dan Riset.pdf
PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_6 Kata Pengantar.pdf
PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
PERANCANGAN NEWSLETTER “ACTIVE” PT TRIKATA ESA KARSA (TALKINC) SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK INTERNAL_File_7 Abstrak.pdf
Daftar-Isi
Daftar-Pustaka
Bab-III-Pembahasan
DAFTAR PUSTAKA
Ardianto,
Elvinaro. 2014. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan
Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatam Media.
Astrid, A. F. 2017. Eksistensi Media Internal Sebagai Alat
Kehumasan: Studi Kasus Majalah Empati PSMP Toddopuli Makassar. Makassar: Jurnalisa. Vol. 03, No1:136–150.
Beard, Mike. 2004. Manajemen Departemen
Public Relations. London: Erlangga.
Bungin,
Burhan. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Jakarta: Kencana.
Cangara,
Hafield. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.
Eriyanto.
2014. Analisis Jaringan Komunikasi Strategi Baru dalam Penelitian Ilmu
Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Hermono, Fajar, dan
Fitro Nur Hakim. 2015. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia.
Semarang: Speed Sentra Penelitian.
Vol. 4, No. 1:42-49.
Hidayah, R. A. 2015. Kajian Tugas dan Fungsi Hubungan
Masyarakat Di Kantor Pemerintah Provinsi Sulawesih Utara. Sulawesih Utara: Acta Diurna. Vol.4, No. 3:1-10.
Kriyantono,
Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia
Group.
Maskur. 2015. Manajemen Humas Pendidikan
Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Mukarom,
Zainal, dan Muhibudin Wijaya Laksana. Manajemen Public Relations. Bandung: CV
Pustaka Setia
Ruslan,
Rosady. 2013. Metode Penelitian Public Relations Dan Komunikasi. Jakarta: PT
Raja Grapindo Persada.
Ruslan,
Rosady. 2016. Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi. Jakarta:
Rajawali Pers.
Ruslan,
Rosady. 2017. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta:
Rajawali Pers.
Rustan,
Surianto (2009). Layout Dasar &
Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Silalahi,
Ulber. 2015. Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama.
Silvana, T., Yunus Winoto, dan Indra Fichas. 2017.
Keberadaan “House Journal” Sebagai Media Komunikasi Internal di Lingkungan
Suatu Lembaga. Bandung:Promedia.
Vol. 3, No.1:1–23.
Soemirat,
Soleh, dan Elvinaro Ardianto. 2017. Dasar Dasar Public Relations. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Sopian. 2016. Public Relations Writing. Jakarta: PT. Gramedia.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian
Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono.2016.
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Umar, Husein. 2003.Bussines An Introduction. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.