Muhammad Fadel Ksatriavialy (43160143), Perancangan Iklan Cetak Ummi Bakery “Roti Untung”
Indonesia,
roti merupakan makanan pokok sebagai pengganti nasi. Sejak diperkenalkannya
roti oleh kolonial Belanda, perkembangan dan minat masyarakat Indonesia
terhadap roti semakin pesat. Keseharian masyarakat Indonesia yang mengonsumsi
roti secara rutin mendorong perkembangan pabrik dan toko roti di Indonesia yang
semakin menjamur di berbagai wilayah. Ada yang berbentuk bread shop, dan ada yang berbentuk bread supplier. Ummi Bakery
by Helen Chu dengan brand-nya Ummi Bakery adalah sebuah bakery
supplier yang didirikan sejak tahun 2001 oleh ibu Helen Chu yang merupakan
pemilik dari usaha ini, dan telah memiliki lebih dari 100 agen reseller. Dalam melakukan riset, penulis
menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode
observasi, metode dokumentasi, menyebar kuesioner, dan wawancara langsung ke
konsumen dan owner dari Ummi Bakery. Data dari hasil penelitian
kualitatif yang sudah terkumpul kemudian dianalisa secara deskriptif dengan
menggambarkannya kedalam bentuk laporan tugas akhir. Hasil penelitian yang
dilakukan penulis menunjukan bahwa sebagian konsumen Ummi Bakery merupakan
konsumen personal yang mana tidak sesuai dengan visi misi dari Ummi Bakery sebagai bread supplier. Maka dari itu, penulis ingin membangun awareness Ummi Bakery dengan konsep “roti untung” yang disampaikan dengan
pendekatan rasional. Iklan ini diharapkan mampu membangun awareness Ummi Bakery
sebagai bread supplier di mata umum.
Kata Kunci: Untung,
Ummi Bakery. Roti, Supplier, Reseller, Iklan Cetak
File_1 Lembar Judul
File_13 Daftar Pustaka
File_8 Daftar Isi
File_9 Bab I Pendahuluan
File_10 Bab II Landasan Teori
File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir
File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir
File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir
File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah
File_6 Kata Pengantar
File_11 Bab III Pembahasan
File_12 Bab IV Penutup
Amalia, A. (2016). PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN
PENDEKATAN TUBBY. 1.
Ardiyanti, A., Usman, M., & Bandu, I. (2018). DENGAN
MEDIA FLASHCARD. 6, 176–186.
Chamidah, S., & Dalimunthe, & F. R. (2016). Strategi
periklanan kreatif : konsep dan aplikasi pada periklanan televisi di Indonesia
Oleh : Siti Chamidah, SE, M.Si & Fahmi Roy Dalimunthe SE, MM ( Dosen
Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat). 1–20.
Christian, J. A., Bangsa, P. G., & Malkisedek, M. H.
(n.d.). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL DESTINATION. 1–11.
Fadilah, J. (2019). Strategi Periklanan Online Shop Garasi
Barokah di Media Sosial Instagram. Jurnal Komunikasi, 10(1),
19–25. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5006
Gusnadi, D., & Achmad, S. H. (2018). Analisis daya
terima konsumen pada produk roti berbasis subtitusi kulit pisang ambon 2.
(September), 5–6.
Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk
Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan
Madura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 660–667.
Hanik Mujiati, S. (2014). Analisis Dan Perancangan Sistem
Informasi Stok Obat Pada Apotek Arjowinangun Hanik Mujiati Universitas
Surakarta. 3(2), 23–27.
Hertita, D. (2018). Setiap Bisnis Harus Punya Buku Ini!
Hidayat, A. K., & Martini, E. (2019). DAN LOYALITAS
MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK LAZADA THE EFFECT OF BRAND AWARENESS , BRAND
ASSOCIATION , PERCEIVED QUALITY , AND BRAND LOYALTY TO LAZADA ’ S BRAND EQUITY.
6(1), 373–380.
Hutauruk, G. A., & Atnan, N. (2018). MANAJEMEN
REDAKSIONAL SURAT KABAR DI ERA DIGITAL ( STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA SURAT
KABAR INILAH KORAN ) REDACTION MANAGEMENT AT INILAH KORAN NEWSPAPER IN THE
DIGITAL AGE ( DESCRIPTIVE QUALITATIVE STUDY AT INILAH KORAN NEWSPAPER ) Program
Studi S1 I. 1–6.
Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Journal
of Management Vol.2 No.2 , Maret 2016. 2(2).
Martana, I. K., & Andriana, D. (2019). Strategi Bauran
Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program studi. 19(1),
39–46.
Qonaah, S. (2019). Strategy Kampanye Gerakan #BijakBerplastik
PT Danone Aqua Dalam Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018. Jurnal
Komunikasi, 10(1), 48–55. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5182
Rizkahaj, H. P., & Wahyuni, I. I. (2017). ANALISIS
PROMOTION MIX PUSPA IPTEK SUNDIAL KOTA BARU PARAHYANGAN. Jurnal Ilmiah
Hubungan Masyarakat, 2(1), 45–56.
Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Jurnal Ilmiah
Bisnis dan Ekonomi Asia BENARKAH IKLAN ONLINE EFEKTIF UNTUK DIGUNAKAN DALAM
PROMOSI PERUSAHAAN. 13(1), 28–36.
https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99