PERANCANGAN IKLAN CETAK UMMI BAKERY ROTI UNTUNG

research
  • 29 Jun
  • 2020

PERANCANGAN IKLAN CETAK UMMI BAKERY ROTI UNTUNG

ABSTRAKSI

 

Muhammad Fadel Ksatriavialy (43160143), Perancangan Iklan Cetak Ummi Bakery “Roti Untung”

 

Indonesia, roti merupakan makanan pokok sebagai pengganti nasi. Sejak diperkenalkannya roti oleh kolonial Belanda, perkembangan dan minat masyarakat Indonesia terhadap roti semakin pesat. Keseharian masyarakat Indonesia yang mengonsumsi roti secara rutin mendorong perkembangan pabrik dan toko roti di Indonesia yang semakin menjamur di berbagai wilayah. Ada yang berbentuk bread shop, dan ada yang berbentuk bread supplier. Ummi Bakery by Helen Chu dengan brand-nya Ummi Bakery adalah sebuah bakery supplier yang didirikan sejak tahun 2001 oleh ibu Helen Chu yang merupakan pemilik dari usaha ini, dan telah memiliki lebih dari 100 agen reseller. Dalam melakukan riset, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan dengan metode observasi, metode dokumentasi, menyebar kuesioner, dan wawancara langsung ke konsumen dan owner dari Ummi Bakery. Data dari hasil penelitian kualitatif yang sudah terkumpul kemudian dianalisa secara deskriptif dengan menggambarkannya kedalam bentuk laporan tugas akhir. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukan bahwa sebagian konsumen Ummi Bakery merupakan konsumen personal yang mana tidak sesuai dengan visi misi dari Ummi Bakery sebagai bread supplier. Maka dari itu, penulis ingin membangun awareness Ummi Bakery dengan konsep “roti untung” yang disampaikan dengan pendekatan rasional. Iklan ini diharapkan mampu membangun awareness Ummi Bakery sebagai bread supplier di mata umum.

 

Kata Kunci: Untung, Ummi Bakery. Roti, Supplier, Reseller, Iklan Cetak


Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Amalia, A. (2016). PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN PENDEKATAN TUBBY. 1.

Ardiyanti, A., Usman, M., & Bandu, I. (2018). DENGAN MEDIA FLASHCARD. 6, 176–186.

Chamidah, S., & Dalimunthe, & F. R. (2016). Strategi periklanan kreatif : konsep dan aplikasi pada periklanan televisi di Indonesia Oleh : Siti Chamidah, SE, M.Si & Fahmi Roy Dalimunthe SE, MM ( Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat). 1–20.

Christian, J. A., Bangsa, P. G., & Malkisedek, M. H. (n.d.). PERANCANGAN MEDIA KOMUNIKASI VISUAL DESTINATION. 1–11.

Fadilah, J. (2019). Strategi Periklanan Online Shop Garasi Barokah di Media Sosial Instagram. Jurnal Komunikasi, 10(1), 19–25. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5006

Gusnadi, D., & Achmad, S. H. (2018). Analisis daya terima konsumen pada produk roti berbasis subtitusi kulit pisang ambon 2. (September), 5–6.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 660–667.

Hanik Mujiati, S. (2014). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat Pada Apotek Arjowinangun Hanik Mujiati Universitas Surakarta. 3(2), 23–27.

Hertita, D. (2018). Setiap Bisnis Harus Punya Buku Ini!


Hidayat, A. K., & Martini, E. (2019). DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK LAZADA THE EFFECT OF BRAND AWARENESS , BRAND ASSOCIATION , PERCEIVED QUALITY , AND BRAND LOYALTY TO LAZADA ’ S BRAND EQUITY. 6(1), 373–380.

Hutauruk, G. A., & Atnan, N. (2018). MANAJEMEN REDAKSIONAL SURAT KABAR DI ERA DIGITAL ( STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA SURAT KABAR INILAH KORAN ) REDACTION MANAGEMENT AT INILAH KORAN NEWSPAPER IN THE DIGITAL AGE ( DESCRIPTIVE QUALITATIVE STUDY AT INILAH KORAN NEWSPAPER ) Program Studi S1 I. 1–6.

Linarwati, M., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2016). Journal of Management Vol.2 No.2 , Maret 2016. 2(2).

Martana, I. K., & Andriana, D. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program studi. 19(1), 39–46.

Qonaah, S. (2019). Strategy Kampanye Gerakan #BijakBerplastik PT Danone Aqua Dalam Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018. Jurnal Komunikasi, 10(1), 48–55. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5182

Rizkahaj, H. P., & Wahyuni, I. I. (2017). ANALISIS PROMOTION MIX PUSPA IPTEK SUNDIAL KOTA BARU PARAHYANGAN. Jurnal Ilmiah Hubungan Masyarakat, 2(1), 45–56.

Santoso, E. D., & Larasati, N. (2019). Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia BENARKAH IKLAN ONLINE EFEKTIF UNTUK DIGUNAKAN DALAM PROMOSI PERUSAHAAN. 13(1), 28–36. https://doi.org/10.32812/jibeka.v13i1.99