Pembuatan Animasi Interaktif Tata Cara Sholat dan Doa-Doa Menggunakan Construct 2

research
  • 26 Mar
  • 2018

Pembuatan Animasi Interaktif Tata Cara Sholat dan Doa-Doa Menggunakan Construct 2

Muhammad Rezki (12145450), Pembuatan Animasi Interaktif Tata Cara Sholat Dan Doa-Doa Menggunakan Contruct 2

Dalam dunia pendidikan, Agama adalah ilmu dasar dari kehidupan ini. Namun banyak siswa yang kesulitan dalam mempelajari agama khususnya materi sholat karena selain hafalan bacaan sholat, siswa juga dituntut untuk menghafal gerakan sholat ditambah lagi proses pembelajaran di sekolah yang kurang menarik sehingga siswa cepat bosan dan malas untuk mempelajarinya. Dengan perkembangan teknologi saat ini tentu saja dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, salah satu pemanfaatannya yaitu dengan membuat aplikasi edukasi yang dapat memberikan suasana baru dalam belajar. Dalam pembuatan aplikasi edukasi pembelajaran tata cara sholat dan doa-doa digunakan metode pengembangan sistem yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Metode ini memiliki enam tahapan yaitu: konsep, desain, pengumpulan material, pembuatan, testing dan distribusi. Setelah dilakukan pengujian diperoleh hasil bahwa aplikasi pembelajaran edukasi ini dapat memudahkan pengguna dalam proses belajar sholat dan doa-doa. Aplikasi ini merupakan solusi yang tepat dalam upaya meningkatkan efesiensi penyedia aplikasi yang mengandung unsur edukasi, sehingga bisa menjadi media pembelajaran yang menarik bagi pengguna.

Unduhan

 

REFERENSI

Adiwijaya, Mohamad, Kodrat Imam S dan Yuli Christyono. 2015. Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan

Construct 2. Jurnal Transient, Vol.4, No. 1, Maret 2015, ISSN: 2302-9927, 129

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta. C.V ANDI OFFSET

Darmawan, Deni. 2012. Inovasi Pendidikan (Pendekatan Praktik eknologi

Multimedia dan Pembelajaran Online). Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset

Fatikhin dan Muhammad saifudin. 2015. Shalat top terjaga oleh pengetahuan. Bandung: PT. karya kita

Munir. 2013. Multimedia (Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan). Bandung.

Alfabeta Mustaqbal, M. Sidi, Roeri Fajri Firdaus dan Hendra Rahmadi. (2105). Pengujian

Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol I, No 3, 10 Agustus 2015 ISSN: 2407 – 3911. Hal 31-36

Oktavia, Nur, Aya Sofia & Lis Tyas. 2015. Pembuatan Game Edukasi Berbasis Construct 2 Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Siswa Sekolah  Pertama.

Proseding Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya Prodi Pendidikan Fisika

Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan Universitas Sebelas Maret. Hal FP 56- FP 67. Pengertian Audacity. Diambil dari: https://www.audacityteam.org/. (28 April 2107) Pengertian Construct 2. Diambil dari: https://www.scirra.com/construct2. (28 April 2017)

Richwandi & Putri Prima. 2015. Pengguna HTML5 Dalam Perkembangan Web 2.0 Yang di Rancang Dengan Responsive Web Design. Jurnal Teknik Informatika.Hal 1-10.

Rosa, A.S., dan M Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika

Sibero, Ivan C. 2009. Membuat Model dan Animasi Transformers dengan 3D Max.Yogyakarta. Mediakom

Subagio, Ariyadi. 2014. Learning Construct 2 (Design and create your own engaging, extensible, and addictive game using Construct 2). Birmingham. PacktPublishing Ltd

Wijayanto, Ridho. 2014. Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 2 Pada MI Nurul Falah Ciater.Evolusi. Vol. II No. 1 Hal 55

Zamroni, M. Risidi, Nizar Suryaman & Ahmad Jalaluddin. 2013. Rancang Bangun Aplikasi Permainan Untuk Pembelajaran Anak Menggunakan HTML 5. Jurnal Teknika. Vol. 5. No. 2. ISSN. 2085-0859. Hal 489-494.