Pembuatan Aplikasi

research
  • 26 Mar
  • 2018

Pembuatan Aplikasi

Ami Resty Ayuda (12145605), Pembuatan Game “Marbels Kids” Berbasis Android Menggunakan Construct 2

Game Marbel Kids ini merupakan metode baru untuk memberikan media pembelajaran untuk anak usia dini melalui objek yang ada di dalam aplikasi game, dan merupakan metode belajar yang tidak seperti biasanya menggunakn lisan ataupun tertulis. Dimana semakin banyak pula jenis aplikasi game yang dikembangkan salah satunya adalah game mobile. Penulis berinisiatif untuk membuat sebuah game mobile yang mengambil tema Marbels kids game edukasi untuk anak usia dini, yang tujuannya dari game mobile ini untuk memberikan media pembelajaran untuk anak. Sehingga diharapkan dengan inovasi seperti ini maka dapat meningkatkan minat anak untuk belajar. Pembuatan game Marbels Kids ini mengunakan game engine Construct 2 yang berbasis HTML5. Game ini memiliki bebarapa kriteria permainan seperti permainan angka dan huruf, hewan dan buah-buahan, warna dan alat transportasi. Terdapat tiga tahap pengujian yaitu fungsional game, pengujian device, dan pengujian ketertarikan user. Sehingga di hasilkan game mobile Marbels Kids yang dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android, IOS dan Windows. Spesifikasi minimum Ram 512mb, dan versi 4.0+ untuk menjalankan permainan Marbels Kids di smartphone Android dan untuk menjalankan permainan Marbels Kids ini di Windows, OS Windows 32/64bit (XP, VISTA, 7, 8 dan Windows 10) dengan aplikasi Browser Google Chrome versi 9.0 dan Firefox versi 3.6.13. Game ini diperuntukan kepada anak-anak usia dini dan orang tua serta guru sebagai media untuk belajar dan pembelajaran.

Unduhan

 

REFERENSI

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya.  Yogyakarta: C.V Andi Offset

 

Harsono, Ma’ruf. 2014. Pengaruh Bermain Game terhadap Perkembangan Remaja. Diambil dari:

related:kambing.ui.ac.id/onnopurbo/ebook/ebookSU2013/SuryaUnivPengaruh-Bermain-Game-terhadap-Perkembangan-Remaja.pdf (16 April 2016)

 

Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) MakerSoftware Penampung Kreativitas, Inovasi, dan Imajinas Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta

 

Kuryanti, Sandra J. 2015. Perancangan Animasi Interaktif Tata Cara Pelaksanaan Wudhu dan Sholat Wajib. Vol.3 No.2 2 Desembae 2015. Diambil dari: ejournal.bsi.ac.id/assets/files/SANDRA_J_KURYANTI.pdf

 

Lukman, Napoleon. Dkk. 2016. Teknik Utama Jurnal Sains dan Teknologi. Vo.XI No.1, April 2016. Diambil dari:

daringtridarmauniversitastamajagakarsa.ac.id/wpcontent/uploads/2016/12/0_Volume_XI_nomor_1.pdf

 

Mustaqbal, M. Sidi. Dkk. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundry Value Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Vol.1 No.3 10 Agustus 2015. Diambil dari: jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/70/50

Nurhasanah, Youllia Indrawaty. Dkk. 2011. Implementasi Model Cmifed pada Multimedia Interaktif untuk pembelajaran anak usia tk dan playgroup. Vol. 2, No.2 Mei – Agustus 2011. Diambil dari: lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/10/No.-2-Vol.-2-Mei-Agustus-2011-1.pdf (26 April 2017)

 

Novaliendry. Dony. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (studi kasus siswa kelas ix smpn 1 rao). VOL. 6 NO. 2 September 2013. Diambil dari: jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf

 

Prasetya, Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta: PT. Elex Media Komputido

 

Permana, Silver Dian Handy. 2015 Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol.7 No.2 November 2015 Diambil: ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38/39

 

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustak

 

Rosa, A. H., dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung

 

Safaat, Nazruddin. 2012. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android. Informatika Bandung

 

Triwardhono, Haryo. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Berita dan Informasi Pariwisata Indonesia Terkini dengan Menggunakan Kerangka Kerja PhoneGap. Vol.2 No1 2014. Diambil dari: digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-37802-5110100031-paper.pdf

 

Zakaria, Pery. Dkk. 2015. Perkembangan Instructional Video Berbasis Multimedia untuk Materi Sistem Koordinat. Diambil dari: publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6000/85_94%20PERY%20Z%2C%20IRMAWATI.pdf?sequence=1&isAllowed=y