Ami Resty Ayuda (12145605), Pembuatan Game “Marbels Kids” Berbasis Android Menggunakan Construct 2
Game Marbel Kids ini merupakan
metode baru untuk memberikan media pembelajaran untuk anak usia dini melalui
objek yang ada di dalam aplikasi game, dan
merupakan metode belajar yang tidak seperti biasanya menggunakn lisan ataupun
tertulis. Dimana semakin banyak pula jenis aplikasi game yang dikembangkan salah satunya adalah game mobile. Penulis berinisiatif untuk membuat sebuah game mobile yang mengambil tema Marbels
kids game edukasi untuk anak usia
dini, yang tujuannya dari game mobile
ini untuk memberikan media pembelajaran untuk anak. Sehingga diharapkan dengan
inovasi seperti ini maka dapat meningkatkan minat anak untuk belajar. Pembuatan
game Marbels Kids ini mengunakan game engine Construct 2 yang berbasis HTML5. Game ini memiliki bebarapa kriteria permainan
seperti permainan angka dan huruf, hewan dan buah-buahan, warna dan alat
transportasi. Terdapat tiga tahap pengujian yaitu fungsional game, pengujian device, dan pengujian ketertarikan user. Sehingga di hasilkan game
mobile Marbels Kids yang dapat dijalankan pada smartphone berbasis Android,
IOS dan Windows. Spesifikasi minimum Ram
512mb, dan versi 4.0+ untuk
menjalankan permainan Marbels Kids di smartphone
Android dan untuk menjalankan permainan Marbels Kids ini di Windows, OS Windows 32/64bit (XP, VISTA, 7, 8 dan Windows
10) dengan aplikasi Browser Google Chrome versi 9.0 dan Firefox versi 3.6.13. Game
ini diperuntukan kepada anak-anak usia dini dan orang tua serta guru sebagai
media untuk belajar dan pembelajaran.
TA_File_6 Kata Pengantar.pdf
TA_File_12 Bab IV Penutup.pdf
TA_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
TA_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
TA_File_10 Bab II Landasan Teori.pdf
TA_File_11 Bab III Pembahasan.pdf
TA_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
TA_File_1 Lembar Judul.pdf
TA_File_15 Lampiran - lampiran.pdf
TA_File_13 Daftar Pustaka.pdf
TA_OneNote Table Of Contents.onetoc2
TA_File_9 Bab I Pendahuluan.pdf
TA_File_8 Daftar Isi.pdf
TA_File_7 Abstrak.pdf
TA_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
TA_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
Binanto, Iwan.
2010. Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Harsono, Ma’ruf.
2014. Pengaruh Bermain Game terhadap Perkembangan Remaja.
Diambil dari:
related:kambing.ui.ac.id/onnopurbo/ebook/ebookSU2013/SuryaUnivPengaruh-Bermain-Game-terhadap-Perkembangan-Remaja.pdf (16 April
2016)
Jasson. 2009. Role
Playing Game (RPG) Maker – Software Penampung Kreativitas,
Inovasi, dan Imajinas Bagi Game Designer. Yogyakarta: C.V Andi Offset Munir. 2013. Multimedia - Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: C.V Alfabeta
Kuryanti, Sandra
J. 2015. Perancangan Animasi Interaktif Tata Cara Pelaksanaan Wudhu dan Sholat
Wajib. Vol.3 No.2 2 Desembae 2015. Diambil dari:
ejournal.bsi.ac.id/assets/files/SANDRA_J_KURYANTI.pdf
Lukman, Napoleon.
Dkk. 2016. Teknik Utama Jurnal Sains dan Teknologi. Vo.XI No.1, April 2016.
Diambil dari:
daringtridarmauniversitastamajagakarsa.ac.id/wpcontent/uploads/2016/12/0_Volume_XI_nomor_1.pdf
Mustaqbal, M.
Sidi. Dkk. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundry Value
Analysis (Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Vol.1 No.3 10
Agustus 2015. Diambil dari: jitter.widyatama.ac.id/index.php/jitter/article/view/70/50
Nurhasanah,
Youllia Indrawaty. Dkk. 2011. Implementasi Model Cmifed pada Multimedia
Interaktif untuk pembelajaran anak usia tk dan playgroup. Vol. 2, No.2 Mei –
Agustus 2011. Diambil dari: lib.itenas.ac.id/kti/wp-content/uploads/2013/10/No.-2-Vol.-2-Mei-Agustus-2011-1.pdf
(26 April 2017)
Novaliendry.
Dony. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (studi kasus
siswa kelas ix smpn 1 rao). VOL. 6 NO. 2 September 2013. Diambil dari:
jurnal-tip.net/jurnal-resource/file/10-Vol6No2Sep2013-Dony%20Novaliendry.pdf
Prasetya, Didik Dwi. 2013. Membuat Aplikasi Smartphone Multiplatform. Jakarta:
PT. Elex Media Komputido
Permana, Silver
Dian Handy. 2015 Pembangunan Aplikasi Game
Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Vol.7 No.2 November 2015
Diambil: ejournal.st3telkom.ac.id/index.php/infotel/article/view/38/39
Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa
Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi
Pustak
Rosa, A. H., dan Shalahuddin M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak
Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung
Safaat, Nazruddin. 2012. Android - Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet Pc Berbasis
Android. Informatika Bandung
Triwardhono,
Haryo. 2014. Rancang Bangun Aplikasi Berita dan Informasi Pariwisata Indonesia
Terkini dengan Menggunakan Kerangka Kerja PhoneGap. Vol.2 No1 2014. Diambil
dari: digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-37802-5110100031-paper.pdf
Zakaria,
Pery. Dkk. 2015. Perkembangan Instructional Video Berbasis Multimedia untuk
Materi Sistem Koordinat. Diambil dari:
publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6000/85_94%20PERY%20Z%2C%20IRMAWATI.pdf?sequence=1&isAllowed=y