Perancangan Sistem Monitoring Akademik Siswa Berbasis Web pada Yayasan Pendidikan Miftahussalamah

research
  • 06 Dec
  • 2019

Perancangan Sistem Monitoring Akademik Siswa Berbasis Web pada Yayasan Pendidikan Miftahussalamah

ABSTRAK

Juhaeri Ruhmanudin (12160468), Perancangan Sistem Monitoring Akademik Siswa Berbasis Web Pada Yayasan Pendidikan Miftahussalamah

Yayasan Pendidikan Miftahussalamah merupakan lembaga pendidikan swasta. Komitmen untuk mencetak siswa yang berkarakter, memiliki kompetensi, beriman dan unggul dalam prestasi mendorong lembaga pendidikan ini untuk lebih efektif dan efisien dalam membangun hubungan komunikasi dengan orang tua siswa agar keberhasilan pendidikan siswa dapat tercapai. Tetapi komunikasi antara pihak sekolah dengan orang tua siswa masih terbatas dan kurang efisien. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang telah berkembang pesat maka Yayasan Pendidikan Miftahussalamah berinisiatif membuat sistem informasi yang dinamis dan mampu merepresentasikan nilai akademik siswa agar pihak orang tua dapat dengan mudah memonitoring prestasi akademik putra putrinya. Sistem yang akan dikembangkan ini merupakan aplikasi berbasis WEB yang menggunakan model waterfall, dimulai dengan analisa kebutuhan, perancangan sistem dan implementasi. Perangkat yang dibutuhkan dalam merancang aplikasi ini adalah: PHP sebagai bahasa scripting, Apache sebagai web server dan MySQL sebagai pengolah database. Berdasarkan analisa yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa sistem yang dihasilkan mampu memfasilitasi orang tua siswa dalam melihat nilai siswa seperti nilai tugas, nilai ulangan harian, nilai UTS, dan nilai UAS. Selain itu orang tua siswa dapat menyalurkan kritik dan saran melalui aplikasi ini dengan mudah dan dapat dilakukan kapan saja, tidak harus dalam acara rapat orang tua siswa atau pertemuan yang lain. Secara garis besar, sistem ini dapat melakukan input data, edit data, hapus data, menampilkan data serta menyimpan data yang suatu saat dibutuhkan kembali.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Abdulloh, R. (2016). Easy and Simple Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Kumputindo

Aryanto. (2016). Soal Latihan dan Jawaban Pengolahan Data Base MySQL Tingkat Dasar/Pemula. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Hadi, A. (2016). Administrasi Jaringan Komputer (Pertama). Jakarta: Kencana. Hidayatullah, Priyanto & Kawistara, J. K. (2017). Pemrograman Web. Bandung:

Informatika.

Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer.

Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Marisa, F. (2017). Web Programming. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA

Mubarok, A., & Apriyanta, R. M. (2017). PENERAPAN APLIKASI WEB DI HOTEL ARINDA GUEST HOUSE BANDUNG. Jurnal Informatika, 4(2), 272-276.

Mubarok, R. S., & Simpony, B. K. (2016). RANCANGAN APLIKASI FUTSAL BOOKING SYSTEM BERBASIS WEB. Jurnal Technoper, 2, 7.

Rahma, A. N. (2015). Aplikasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis WEB dan SMS Gateway. Manajemen Informatika, 1(1), 6.

Rizal, M. A., & Misriati. T. (2018). Perancangan Sistem Penjualan Pakaian Berbasis Web Pada Toko Uj Outlet. Jurnal Sisfokom, 7(1), 9-15.

Rerung, R. R. (2018). Pemrograman Web Dasar. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.

Sari, A. M. (2017). Aplikasi Situs Web Penjualan Hijab Online. Paradigma, 19(2), 113–117.

Solichin, A. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Universitas Budi Luhur.

Sukamto, Rosa Ariani & Iqbal, M. S. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika.

Umbara, F. R., & Sultianta, F. (2015). Teknik Hebat Merancang Aplikasi Instan Berkualitas. Jakarta: PT Elex Media Kumputindo.

Yanto, R. (2016). Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.