SISTEM INFORMASI COMMUNICATION BOOK BERBASIS WEB (STUDI KASUS: SD SALMAN AL-FARISI BANDUNG)

research
  • 13 May
  • 2019

SISTEM INFORMASI COMMUNICATION BOOK BERBASIS WEB (STUDI KASUS: SD SALMAN AL-FARISI BANDUNG)

Communication Book kini sudah   menjadi istilah yang akrab di kalangan murid SD. Sebagian sekolah sudah menerapkannya sebagai sarana komunikasi antara guru dengan orangtua. Communication Book   berbeda dengan rapor atau laporan reguler. Rapor dan laporan reguler biasanya  diberikan  pada jangka waktu  tertentu, sedangkan communication book bisa digunakan kapan saja saat diperlukan. Misalnya untuk  menyampaikan pengumuman yang berkaitan dengan kegiatan  proses belajar-mengajar. Communication book ini bertujuan agar orangtua mengetahui kejadian di sekolah atau hal-hal yang  memang harus diketahui orangtua. Misalnya, alat-alat apa yang  harus  dibawa anak pada hari tertentu, dan sebagainya. Namun sistem komunikasi ini masih bersifat konvensional, dimana guru menulis informasi mengenai kegiatan belajar siswa di communication book yang harus dibawa setiap hari oleh siswa, sehingga jika siswa lupa untuk membawa communication book, maka guru tidak dapat    menulis informasi yang akan disampaikan. Sistem informasi ini bertujuan untuk membuat sistem informasi communication book secara online di SD Salman Al Farisi  Bandung. Sistem yang dibuat berbasis PHP dan menggunakan  MySQL  sebagai  databasenya.  Sistem  informasi  communication  book  terdapat menu-menu yang dapat mendukung   komunikasi  antara   guru   dan   orangtua seperti menu informasi, kegiatan, tugas, ujian, surat panggilan dan lain-lain. Diharapkan dengan penerapan sistem ini di SD Salman Al Farisi Bandung dapat membantu komunikasi  secara online dan real time. Sistem informasi ini dimulai   dengan   merancang   hubungan antara database dan proses bisnis yang terjadi di dalam web. Kemudian dilanjutkan dengan desain tampilan dan  pembuatan program. 

Unduhan

 

REFERENSI

Akbar, Ali. 2005. Menguasai Internet Plus Pembuatan Web (Petunjuk Berinternet + Tutorial Pembuatan Halaman Web Untuk Pemula). Bandung  :  Penerbit  M2S Bandung.

Ardhana,    YM Kusuma. 2012. PHP : menyelesaikan website 30 juta!. Jakarta : Jasakom.

Cantikawati, Elia,  Rosalyn  Noviani. 2003. Analisis dan Perancangan Sistem Buku Penghubung Berbasis Web (Studi  Kasus  :  SLTPK  IGN Slamet Riyadi). Jakarta : Universitas Bina Nusantara.

Frans, Teuku Bantara, Giva Andriana Mutiara dan Bambang Pudjoatmodjo. 2012. Website Rumah Sakit Dengan Konsultasi Online (Studi Kasus : RSUD. Dr. R. M. Djoelham Binjai). Bandung : Politeknik Telkom Bandung. Jogiyanto,   Hartono.   2005.   Analisis   dan Desain Sistem : Pendekatan Struktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi. 

 

Kadir, Abdul . 2010. Membuat Aplikasi Laporan menggunakan PHP. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Kadir, Abdul.2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Mawadda, Inne Gartina dan Isa Puncuna. 2011. Sistem Konseling Berbasis Web (Studi Kasus : SMKN 1 Bandung). Bandung : Politeknik Telkom Bandung.

Mustaji. 2011. Pemanfaatan Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan (disajikan dalam seminar AKAL Interaktif di TB. Gramedia EXSPO). Surabaya.

Nugroho, Adi. 2004. Konsep Pengembangan Sistem Basis Data. Bandung : Penerbit Informatika.

Saputra, Agus. 2012. WebTrik : PHP, HTML5 dan CSS3. Jakarta : Jasakom. Soeharto, Karti. 2011. Komunikasi Pembelajaran. Surabaya : Penerbit SIC.

Sutarsyah, Kudang B. Seminar dan Eko Sri Mulyani. 2008. Pengembangan Sistem Jasa Konsultasi Botani Online.

Syam, Nina W. 2011. Psikologi sebagai akar ilmu komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Whitten, Jeffery L. Lonnie D. Bentley dan Kevin C. Dittman. Tim Penterjemah Andi. 2004. Metode Desain    dan    Analisis    Sistem (System Analysis and Design Methods). Yogyakarta : Penerbit Andi  and  McGrawHill Education.

Yusup, Pawit M. 2010. Komunikasi Intruksional Teori dan Praktek. Jakarta : PT. Bumi Aksara.