Industri manufaktur
dalam praktiknya tidak hanya fokus pada penjualan tapi juga fokus terhadap kualitas
produk yang dihasilkan. Kualitas adalah kondisi sebuah produk berdasarkan pada
penilaian kesesuaian dengan standar ukur yang telah ditetapkan. Suatu produk
semakin sesuai standar yang ditetapkan
maka produk tersebut dinilai semakin berkualitas. Untuk mendapatkan kualitas
produk yang baik maka perusahaan perlu melakukan pengendalian terhadap kualitas
produk yang diproduksi. PT Artha Utama Plasindo melakukan pengendalian kualitas
dengan menggunakan metode Seven Tools &
Analisis 4M untuk membantu mengendalikan
kualitas produk pada perusahaannya. Penegendalian kualitas ini merupakan usaha
untuk mempertahankan kualitas produk yang diproduksi agar sesuai dengan
spesifikasi produk yang diinginkan
pelanggan. Secara keseluruhan dari pengolahan data yang dilakukan, tingkat
kualitas produk pada PT Artha Utama Plasindo masih dibawah standar yang
ditetapkan dengan rata – rata kerusakan sekitar 19.79% hampir 20%. Dan
berdasarkan diagram pareto jenis cacat yang paling dominan mempengaruhi tingkat
NG pada produk adalah Over Cut 37.08%, Burry 34.98%, Shinning 5.54%. Cara untuk
menyelesalikan kondisi ini dengan mengimplementasikan konsepsi diagaram tulang
ikan dalam bentuk tabel yang menganalisis maslah cacat tersebut berdasarkan 4M
(Material, Machine,Methode, Man).
KATA PENGANTAR
LAMPIRAN
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN
BAB II
SURAT KETERANGAN RISET
BAB I
BAB III
DAFTAR PUSTAKA
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
LEMBAR KONSULTASI
Aisyah, N. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan
Terhadap Minat Beli Produk Indomie (Studi Kasus Pada Masyarakat di Bekasi).
Vol. 03
number 02, Desember 2015 Diambil dari :
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1666/128.
(12 Mei 2018).
Gaspersz, V. (2014). Total Quality Management (Cetaka
Ketiga). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Irwan, & Haryono, D. (2015). Pengendalian Kualitas Statistik. Makasar: Alfabeta.
Nastiti, H. (2013). Analisis Pengendalian Kualitas Produk
Dengan Metode Statistical Quality Control
( Studi Kasus : pada PT “ X ” Depok ). Diambil dari : http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/688/721.
(5 Mei 2018)
Neyestani, B. (2017). Seven
Basic Tools of Quality Control: An Appropriate Tools for Solving Quality
Problems in the Organizations. Diambil dari :
https://mpra.ub.uni-muenchen.de/77681/1/MPRA_paper_77681.pdf.
(4 Mei 2018)
Nyoman Arya Putra, I. G. N. (2016). Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 PT WASKITA KARYA Pada
Proyek Pembangunan Gedung
Blok E RSUD Kabupaten Bandung. Diambil dari :
http://erepo.unud.ac.id/9076/. (5 Mei 2018).
Prawira, Y. (2014). Analisis Pengendalian Kualitas Produk
Pada PT. PUNDI MIRANTI Dengan Pendekatan
Six Sigma. Diambil dari :
https://anzdoc.com/analisis-pengendalian-kualitas-produk-pada-pt-pundi-miranti-.html.
(5 Mei 2018)
Rachman, R. (2017). Pengendalian Kualitas Produk Di Industri
Garment Dengan Menggunakan Statistical
Procces Control ( SPC ), Vol. 04 number 02, September 2017. Diambil
dari :
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/1970/pdf.
(12 Mei 2018)
Rachmawati R, D., & Ulkhaq, M. M. (2015). Aplikasi Metode
Seven Tools dan Analisis 5W+1H Untuk Mengurangi Produk Cacat Pada PT. BERLINA, TBK. Diambil dari : https://media.neliti.com/media/publications/183789-ID-none.pdf.
(11 Mei 2018)
Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi, Vol. 02 number
01, April 2018.
Diambil dari :
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2911/pdf.
(11 Mei 2018)
Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah Hubungan Citra
Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen, Vol. IV number
01, April 2016. Diambil dari :
http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/351/pdf.
(11 Mei 2018)
Widyastuti, T. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk
Terhadap Kepuasan Pelanggan Tempe, Vol. 01 number 02, September 2017.
Diambil dari : http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2130/pdf.
(5 Mei 2018)
Yamit, Z. (2017). Manajemen
Kualitas Produk dan Jasa (Cetakan Kelima). Sleman, Yogyakarta: EKONISIA.