ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PART OTOMOTIF PADA PT ARTHA UTAMA PLASINDO CIKARANG BARAT KABUPATEN BEKASI

research
  • 06 Mar
  • 2019

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PART OTOMOTIF PADA PT ARTHA UTAMA PLASINDO CIKARANG BARAT KABUPATEN BEKASI

Industri manufaktur dalam praktiknya tidak hanya fokus pada penjualan tapi juga fokus terhadap kualitas produk yang dihasilkan. Kualitas adalah kondisi sebuah produk berdasarkan pada penilaian kesesuaian dengan standar ukur yang telah ditetapkan. Suatu produk semakin sesuai  standar yang ditetapkan maka produk tersebut dinilai semakin berkualitas. Untuk mendapatkan kualitas produk yang baik maka perusahaan perlu melakukan pengendalian terhadap kualitas produk yang diproduksi. PT Artha Utama Plasindo melakukan pengendalian kualitas dengan menggunakan metode Seven Tools  & Analisis 4M untuk membantu mengendalikan kualitas produk pada perusahaannya. Penegendalian kualitas ini merupakan usaha untuk mempertahankan kualitas produk yang diproduksi agar sesuai dengan spesifikasi produk yang diinginkan  pelanggan. Secara keseluruhan dari pengolahan data yang dilakukan, tingkat kualitas produk pada PT Artha Utama Plasindo masih dibawah standar yang ditetapkan dengan rata – rata kerusakan sekitar 19.79% hampir 20%. Dan berdasarkan diagram pareto jenis cacat yang paling dominan mempengaruhi tingkat NG pada produk adalah Over Cut 37.08%, Burry 34.98%, Shinning 5.54%. Cara untuk menyelesalikan kondisi ini dengan mengimplementasikan konsepsi diagaram tulang ikan dalam bentuk tabel yang menganalisis maslah cacat tersebut berdasarkan 4M (Material, Machine,Methode, Man).

Unduhan

 

REFERENSI

Aisyah, N. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Produk Indomie (Studi Kasus Pada Masyarakat di Bekasi). Vol. 03

number 02, Desember 2015 Diambil dari :

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1666/128. (12 Mei 2018).

Gaspersz, V. (2014). Total Quality Management (Cetaka Ketiga). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Irwan, & Haryono, D. (2015). Pengendalian Kualitas Statistik. Makasar: Alfabeta.

Nastiti, H. (2013). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Statistical Quality Control ( Studi Kasus : pada PT “ X ” Depok ). Diambil dari : http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/688/721. (5 Mei 2018)

Neyestani, B. (2017). Seven Basic Tools of Quality Control: An Appropriate Tools for Solving Quality Problems in the Organizations. Diambil dari :

https://mpra.ub.uni-muenchen.de/77681/1/MPRA_paper_77681.pdf. (4 Mei 2018)

Nyoman Arya Putra, I. G. N. (2016). Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 PT WASKITA KARYA Pada Proyek Pembangunan Gedung

Blok  E RSUD Kabupaten Bandung. Diambil dari :

http://erepo.unud.ac.id/9076/. (5 Mei 2018).

Prawira, Y. (2014). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Pada  PT. PUNDI MIRANTI Dengan Pendekatan Six Sigma. Diambil dari :

https://anzdoc.com/analisis-pengendalian-kualitas-produk-pada-pt-pundi-miranti-.html. (5 Mei 2018)

Rachman, R. (2017). Pengendalian Kualitas Produk Di Industri Garment Dengan Menggunakan Statistical Procces Control ( SPC ), Vol. 04 number 02, September 2017. Diambil dari :

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/1970/pdf. (12 Mei 2018)

Rachmawati R, D., & Ulkhaq, M. M. (2015). Aplikasi Metode Seven Tools dan Analisis 5W+1H Untuk Mengurangi Produk Cacat Pada  PT. BERLINA, TBK. Diambil dari : https://media.neliti.com/media/publications/183789-ID-none.pdf. (11 Mei 2018)

Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Cibadak Sukabumi, Vol. 02 number 01, April 2018.

Diambil dari :

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2911/pdf. (11 Mei 2018)

Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen, Vol. IV number 01, April 2016. Diambil dari :

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/351/pdf. (11 Mei 2018)

 

Widyastuti, T. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Tempe, Vol. 01 number 02, September 2017. Diambil dari : http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2130/pdf. (5 Mei 2018)

Yamit, Z. (2017). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa (Cetakan Kelima). Sleman, Yogyakarta: EKONISIA.