ABSTRAK
Elang Dwi Yansan (43130031), Perancangan Corporate Identity Betamart untuk Menciptakan Awareness
sebagai Minimarket yang Murah, Mudah,
Berkah
Tujuan
perancangan ini adalah
: untuk
membantu dalam pembuatan logo serta
corporate identity Betamart sebagai perusahaan ritel minimarket yang murah, mudah, berkah. Betamart adalah ritel minimarket yang mengusung konsep syariah. Sebagai ritel yang bergerak di bidang minimarket, Betamart harus mampu menampilkan visi, misi serta citra perusahaan sesuai bidang
usaha dan segmen pasarnya. Logo perusahaan harus mampu tampil beda dan terlihat
menonjol dibandingkan dengan logo perusahaan sejenis sebagai kompetitornya.
Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data meliputi
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kesemuanya digunakan untuk mengetahui permasalahan corporate identity di
perusahaan. Corporate identity
dapat digunakan sebagai media promosi yang efektif dengan menampilkan filosofi
perusahaan sendiri. Didalamnnya dapat menjadi media informasi akan pembentukan
logo baru Betamart, sehingga semakin kuat pondasi dari pada perusahaan itu
sendiri, dan mengenalkan kepada masyarakat bahwa perusahaan ini adalah
perusahaan ritel minimarket yang murah,
mudah, berkah.
Kata Kunci: Corporate identity, Betamart, Murah,
Mudah, Berkah.
Bab-III-Pembahasan
Bab-I-Pendahuluan-Betamart
Bab-II-Landasan-Teori-Betamart
Daftar-Pustaka
Bab-IV--Penutup
judul
DAFTAR PUSTAKA
Anggraini, S. Lia. Dan kirana
nathalia. 2014. Desain Komonikasi Visual:
Dasar-dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendika.
Bungin,
Burhan. 2011. MetodologiPenelitianKuantitatif. Jakarta :Kencana.
Bungin, Burhan. 2013. MetodePenelitianSosial&Ekonomi:
Format-format KuantitatifdanKualitatifuntukStudiSosial, KebijakanPublik,
Komunikasi, Manajemen, danPemasaran.
Jakarta: Kencana.
Christian, Widya. 2010. Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel
Modern di Indonesia edisi 2. Salemba Empat. Jakarta.
Hendi,
Hendratman. 2008. Graphics Desain.
Bandung: Informatika
Moleong, L.J., 2009. MetodologiPenelitianKualitatif. Cetakan ke-26. Bandung: PT.
RemajaRosdakarya.
Rustan, Surianto. 2011. Huruf Font Tipografi. Jakarta :PT.
GramediaPustakaUtama.
Rustan,
Surianto. 2013. Mendesain Logo.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Putri Medina. 2013. Analisis Pengaruh Isi Berita, Kelompok Acuan, dan
Brand Awareness. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Semarang
: Universitas Diponegoro
Satori, Djam’an. Aan Komariah dan
Riduwan. 2010. Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Elex
Media Komputindo.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta
: Bumi Aksara.
Sularko, Herdi, Prawata,
V.,&Widranata, M. 2008. How Do The Think?. Jakarta: Mosher
Publishing.
Theaker,alison. 2004. The Public Relations Handbook, Second Editions, Second edition
published.
Noviaji. (2013).
Corporate Identity Menjadikan Branding Lebih Kuat. Retrieved from
https://www.becakmabur.com/corporate-identity-menjadikan-branding-lebih-kuat/
rzy. (2017). Catatan
Pertumbuhan Ritel. Retrieved from
https://economy.okezone.com/read/2017/07/18/320/1738918/catat-pertumbuhan-ritel-akan-ngebut-ke-depan