PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)

research
  • 21 Dec
  • 2018

PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)

ABSTRAKSI

 

 

Syara Maulida (41150107), Program Corporate Social Responsibility Rajawali TV dalam Meningkatkan Citra Positif Perusahaan (Studi Kasus Mudik Gratis 2017).

 

Seorang humas dalam sebuah perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Pekerjaan humas dapat membentuk opini publik, baik dalam bentuk positif dan negatif yang akhirnya dapat membentuk citra sebuah perusahaan. Hal itu terjadi karena humas adalah jembatan antara perusahaan sebagai internal dengan publik sebagai eksternal, atau sebaliknya. Salah satu pekerjaan humas adalah membuat program rutin yang biasa dikenal dengan CSR (Corporate Social Responsibility). Hal itu juga dilakukan oleh Humas Rajawali TV. Divisi Humas Rajawali TV disebut dengan Corporate Communication. Salah satu program CSR yang dibuat adalah Mudik Gratis. Dipilihnya program ini bertujuan untuk membantu memudahkan masyarakat untuk bertemu dengan keluarganya. Penelitian ini memfokuskan pada program yang berjalan pada tahun 2017. Program ini telah berlangsung selama empat tahun. Peneliti menggunakan metode  analisa data kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Dalam penelitian, peneliti melihat keberhasilan program tersebut karena selalu mendapat tanggapan baik dari masyarakat dan program ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat.

 

Kata Kunci : Program Humas, CSR, Citra, Special Event

Unduhan

 

  • File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf

    •   diunduh 150x | Ukuran 147,675
  • File-12_-Bab-IV-Penutup.pdf

    Bab-IV-Penutup

    •   diunduh 174x | Ukuran 143,198
  • File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 163x | Ukuran 248,375
  • File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf

    •   diunduh 156x | Ukuran 110,602
  • File_6 Kata Pengantar.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_6 Kata Pengantar.pdf

    •   diunduh 158x | Ukuran 109,182
  • File_1 Lembar Judul.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_1 Lembar Judul.pdf

    •   diunduh 216x | Ukuran 64,739
  • File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf

    •   diunduh 140x | Ukuran 130,660
  • File_17 Hasil Karya (PowerPoint).pdf

    PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_17 Hasil Karya (PowerPoint).pdf

    •   diunduh 320x | Ukuran 1,535,142

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Agusta, Y. N. 2015. Hubungan Antara Orientasi Masa Depan Dan Daya Juang Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman. EJournal Psikologi., Vol. 3, No. 1: 369–381. Retrieved from http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/02/JURNAL YOSSY baru (02-11-15-07-11-38).pdf

 

Ardhoyo, T. E. 2013. Peran dan Strategi Humas (Public Relations) dalam Mempromosikan Produk Perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, Vol. 1, No. 1: 15–21.

 

Arifiyanto, D. F., & Kurrohman, T. 2014. Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Kabupaten Jember. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, Vol. 2, No. 3: 473–485.

 

Batubara, J. 2017. Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling, Vol. 3, No. 2: 95–107. https://doi.org/https://doi.org/ 10.26638/jfk.387.2099

 

Cahyono, L. E., Budiwibowo, S., & Murwani, J. 2015. Analisis Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan Pada Smp Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, Vol. 4, No. 2: 99–105.

 

Damayanti, D. 2017. Corporate Branding Coworking Place In Bandung, Vol. 16, No. 2: 122–139.

 

Datuela, A. 2013. Strategi Public Relations PT. Telkomsel Branch Manado dalam mempertahankan citra perusahaan. Acta Diurna, II(I).

 

Djaelani, A. R. 2013. Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif, Vol. XX, No. 1: 82–92.

 

Febriansyah, Y. 2015. Peran Humas Dalam Menjaga Nama Baik Rumah Sakit Ibu Dan Anak Rika Amelia Palembang, 10–17.

 

Finarti, A., & Putra, P. 2015. Implementasi Maqashid Al- Syari ’ Ah Terhadap Pelaksanaan Csr Bank Islam : Studi Kasus Pada Pt. Bank Bri Syariah, Vol. 4, No. 1: 37–66.

 

Gumilang, G. S. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, Vol. 2, No. 2: 144–159.

 

Hakim, D. A. 2016. Urgensi Penerapan Corporate Social Responsibility Sebagai Upaya Menjamin Hak- Hak Tenaga Kerja, Vol. 10, No: 4: 605–628.

 

Harahap, N. 2014. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’, Vol. 08, No. 01: 68–74.

 

Himmah, R. H. 2014. Lingkungan Bahasa Dalam Peningkatan Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Bagi Siswa Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto Jawa Timur Tahun 2012. Jurnal Pendidikan, Komunikasi, Dan Pemikiran Hukum Islam, Vol. VI, No. 1: 209–224.

 

Kasenda, Y. M. 2013. Peranan Humas dalam Membangun Citra Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura. Jurnal Acta Diurna, Vol. 2, No. 3: 1–13.

 

Kusumasari, R. N. 2014. Pengaruh Offering Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Kerja Sama Klien Mqtv Bandung. Jurnal J-IKA, Vol. 1, No. 1.

 

Lamarang, A. 2013. Peranan Humas Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Acta Diurna, Vol. 3, No. 2.

 

Lantik, V. 2016. Kinerja Profesional dan Self-Efficacy Guru Fisika SMA Lulusan S-1 Pendidikan Fisika di Kupang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, Vol. 4, No. 1: 20–31.

 

Lela, N., & Rustiana, A. 2018. Peran Humas Sebagai Communicator, Relationship, Backup Management, Dan Good Image Maker Terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 7,No. 1: 329–340.

 

Londa, J. W. 2014. Peran Petugas Humas Sebagai Komunikator Pembangunan (Studi di Bagian Humas Kantor Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan). Journal “Acta Diurna,” Vol. III, No. 2.

Maulizal, A. 2017. Pelaksaanaan Kegiatan CSR “ Kawan Ramadhan ” Oleh Corporate Communication Departement PT JIEP. Jurnal Komunikasi, Vol. VIII, No. 3: 215–224.

 

Melawati, Nurlaela, S., & Wahyuningsih, E. M. 2016. Pengaruh Good Corporate Governance, Csr, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Perusahaan, Vol: 4, No. 2: 210–226.

 

Mukarom, Z., & Laksana, M. W. 2015. Manajemen Public Relations.

 

Ningsih, I. T., & Pramusinto, H. 2017. Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di Smk Ype Sumpiuh Kab. Banyumas. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 6, No. 2: 408–420.

 

Nugraha, A. R., Komariah, K., & Subekti, P. 2014. Fungsi humas pemerintah kabupaten sumedang dalam mengkampanyekan sumedang sebagai puseur budaya sunda (spbs), Vol. I, No. 1: 34–60.

 

Olga, S. 2014. Strategi Media Relations Ciputra World Surabaya Dalam Special Event Halloweenation 2013. Jurnal E-Komunikasi, Vol. 2, No. 1: 1–8.

 

Polii, S. R. 2013. Peranan Humas Dalam Mempromosikan Tomohon Sebagai Kota Bunga (Studi Deskriptif Pada Bagian Humas Pemkot Tomohon). Journal “Acta Diurna,” Vol. I, No. I.

 

Prianto, T. A., & Suhartini, T. 2015. Optimalisasi Peran Public Relations Di Museum Geologi Bandung (Pendekatan Manajemen Komunikasi). Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), Vol. II, No. 1: 53–62.

 

Primantoro, A. Y., & Muhsin. 2015. Sistem Pengelolaan Arsip Di Kantor Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Economic Education Analysis Journal, Vol. 4, No. 2: 362–375.

 

Rettobjaan, I. 2013. Peranan Humas Dalam Merespon Konflik Internal Pada Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Acta Diurna, Vol. 2, No. 4.

 

Ruslan, R. 2014. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi.

 

Setyoko. 2015. Peran Dan Strategi Humas ( Public Relation ) Di Istitusi Perguruan Tinggi Vokasi, Vol. 11, No. 1: 41–45.

 

Suardhita, N. 2013. Strategi Humas Pt Netral Kontinental Media Dalam Membangun Citra Perusahaan, 1–5.

 

Tandy, G. S. 2013. Evaluasi Special Event Surabaya Fashion Parade 2012 Yang Diselenggarakan Oleh Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, Vol. I, No. 3: 137–146.

 

Yuliardi, Y., & Setiawati, S. D. 2014. Makna Public Relations Di Oz Radio Bandung. Jurnal J-IKA, Vol. I, No. 2: 63–70.

 

Yusmawati. 2017. Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs www.sumbawabaratkab.go.id. Jurnal Komunikasi, Vol. VIII, No. 1: 1–12.