ABSTRAKSI
Syara
Maulida (41150107), Program Corporate
Social Responsibility Rajawali TV dalam Meningkatkan Citra Positif
Perusahaan (Studi Kasus Mudik Gratis 2017).
Seorang humas dalam sebuah
perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Pekerjaan humas dapat membentuk
opini publik, baik dalam bentuk positif dan negatif yang akhirnya dapat
membentuk citra sebuah perusahaan. Hal itu terjadi karena humas adalah jembatan
antara perusahaan sebagai internal dengan publik sebagai eksternal, atau
sebaliknya. Salah satu pekerjaan humas adalah membuat program rutin yang biasa
dikenal dengan CSR (Corporate Social
Responsibility). Hal itu juga dilakukan oleh Humas Rajawali TV. Divisi
Humas Rajawali TV disebut dengan Corporate
Communication. Salah satu program CSR yang dibuat adalah Mudik Gratis.
Dipilihnya program ini bertujuan untuk membantu memudahkan masyarakat untuk
bertemu dengan keluarganya. Penelitian ini memfokuskan pada program yang
berjalan pada tahun 2017. Program ini telah berlangsung selama empat tahun.
Peneliti menggunakan metode analisa data
kualitatif dan metode penelitian deskriptif. Dalam penelitian, peneliti melihat
keberhasilan program tersebut karena selalu mendapat tanggapan baik dari
masyarakat dan program ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan
terhadap masyarakat.
Kata
Kunci : Program Humas, CSR, Citra, Special
Event
BAB-II-Landasan-Teori
Daftar-Pustaka
Bab-III-Pembahasan
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_15 Surat Keterangan Riset.pdf
BAB-I-Pendahuluan
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_4 Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_3 Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Bab-IV-Penutup
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_5 Lembar Konsultasi Tugas Akhir.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_14 Daftar Riwayat Hidup.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_6 Kata Pengantar.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_1 Lembar Judul.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_2 Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir.pdf
PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY RAJAWALI TELEVISI (RTV) DALAM MENINGKATKAN CITRA POSITIF PERUSAHAAN (STUDI KASUS MUDIK GRATIS 2017)_File_17 Hasil Karya (PowerPoint).pdf
DAFTAR
PUSTAKA
Agusta, Y. N. 2015. Hubungan Antara Orientasi Masa Depan Dan Daya Juang
Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik di Universitas Mulawarman. EJournal Psikologi., Vol. 3, No. 1: 369–381. Retrieved from
http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/02/JURNAL
YOSSY baru (02-11-15-07-11-38).pdf
Ardhoyo, T. E. 2013. Peran dan Strategi Humas (Public
Relations) dalam Mempromosikan Produk Perusahaan. Jurnal Ilmiah WIDYA, Vol.
1, No. 1: 15–21.
Arifiyanto, D. F., & Kurrohman, T. 2014. Akuntabilitas
Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Kabupaten Jember. Jurnal Riset Akuntansi
Dan Keuangan, Vol. 2, No. 3:
473–485.
Batubara, J. 2017. Paradigma Penelitian Kualitatif dan
Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling, Vol. 3, No. 2: 95–107.
https://doi.org/https://doi.org/ 10.26638/jfk.387.2099
Cahyono, L. E., Budiwibowo, S., & Murwani, J. 2015.
Analisis Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan Pada Smp Negeri 2 Dolopo
Kabupaten Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, Vol. 4, No. 2: 99–105.
Damayanti, D. 2017. Corporate Branding Coworking Place In
Bandung, Vol. 16, No. 2:
122–139.
Datuela, A. 2013. Strategi Public Relations PT. Telkomsel
Branch Manado dalam mempertahankan citra perusahaan. Acta Diurna, II(I).
Djaelani, A. R. 2013. Teknik Pengumpulan Data dalam
Penelitian Kualitatif, Vol. XX, No.
1: 82–92.
Febriansyah, Y. 2015. Peran Humas Dalam Menjaga Nama Baik
Rumah Sakit Ibu Dan Anak Rika Amelia Palembang, 10–17.
Finarti, A., & Putra, P. 2015. Implementasi Maqashid Al-
Syari ’ Ah Terhadap Pelaksanaan Csr Bank Islam : Studi Kasus Pada Pt. Bank Bri
Syariah, Vol. 4, No. 1: 37–66.
Gumilang, G. S. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam
Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, Vol. 2, No. 2: 144–159.
Hakim, D. A. 2016. Urgensi Penerapan Corporate Social
Responsibility Sebagai Upaya Menjamin Hak- Hak Tenaga Kerja, Vol. 10, No: 4: 605–628.
Harahap, N. 2014. Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra’,
Vol. 08, No. 01: 68–74.
Himmah, R. H. 2014. Lingkungan Bahasa Dalam Peningkatan
Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Bagi Siswa Madrasah Bertaraf Internasional
Amanatul Ummah Pacet Mojokerto Jawa Timur Tahun 2012. Jurnal Pendidikan,
Komunikasi, Dan Pemikiran Hukum Islam, Vol. VI, No. 1: 209–224.
Kasenda, Y. M. 2013. Peranan Humas dalam Membangun Citra
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura. Jurnal Acta Diurna, Vol. 2, No. 3: 1–13.
Kusumasari, R. N. 2014. Pengaruh Offering Dan Citra
Perusahaan Terhadap Minat Kerja Sama Klien Mqtv Bandung. Jurnal J-IKA, Vol.
1, No. 1.
Lamarang, A. 2013. Peranan Humas Dalam Mempromosikan
Pariwisata Di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Acta Diurna, Vol.
3, No. 2.
Lantik, V. 2016. Kinerja Profesional dan Self-Efficacy Guru
Fisika SMA Lulusan S-1 Pendidikan Fisika di Kupang. Jurnal Pendidikan
Matematika Dan Sains, Vol. 4, No.
1: 20–31.
Lela, N., & Rustiana, A. 2018. Peran Humas Sebagai
Communicator, Relationship, Backup Management, Dan Good Image Maker Terhadap
Citra Perusahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 7,No. 1: 329–340.
Londa, J. W. 2014. Peran Petugas Humas Sebagai Komunikator
Pembangunan (Studi di Bagian Humas Kantor Pemerintah Kabupaten Minahasa
Selatan). Journal “Acta Diurna,” Vol. III, No. 2.
Maulizal, A. 2017. Pelaksaanaan Kegiatan CSR “ Kawan Ramadhan
” Oleh Corporate Communication Departement PT JIEP. Jurnal Komunikasi, Vol.
VIII, No. 3: 215–224.
Melawati, Nurlaela, S., & Wahyuningsih, E. M. 2016.
Pengaruh Good Corporate Governance, Csr, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja
Perusahaan, Vol: 4, No. 2:
210–226.
Mukarom, Z., & Laksana, M. W. 2015. Manajemen Public
Relations.
Ningsih, I. T., & Pramusinto, H. 2017. Peran Humas Dalam
Meningkatkan Citra Sekolah Di Smk Ype Sumpiuh Kab. Banyumas. Jurnal
Pendidikan Ekonomi, Vol. 6, No. 2:
408–420.
Nugraha, A. R., Komariah, K., & Subekti, P. 2014. Fungsi
humas pemerintah kabupaten sumedang dalam mengkampanyekan sumedang sebagai
puseur budaya sunda (spbs), Vol. I,
No. 1: 34–60.
Olga, S. 2014. Strategi Media Relations Ciputra World
Surabaya Dalam Special Event Halloweenation 2013. Jurnal E-Komunikasi, Vol.
2, No. 1: 1–8.
Polii, S. R. 2013. Peranan Humas Dalam Mempromosikan Tomohon
Sebagai Kota Bunga (Studi Deskriptif Pada Bagian Humas Pemkot Tomohon). Journal
“Acta Diurna,” Vol. I, No. I.
Prianto, T. A., & Suhartini, T. 2015. Optimalisasi Peran
Public Relations Di Museum Geologi Bandung (Pendekatan Manajemen Komunikasi). Jurnal
Ilmu Komunikasi (J-IKA), Vol. II,
No. 1: 53–62.
Primantoro, A. Y., & Muhsin. 2015. Sistem Pengelolaan
Arsip Di Kantor Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah. Economic
Education Analysis Journal, Vol. 4, No. 2: 362–375.
Rettobjaan, I. 2013. Peranan Humas Dalam Merespon Konflik
Internal Pada Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Acta Diurna, Vol.
2, No. 4.
Ruslan, R. 2014. Manajemen Public Relations & Media
Komunikasi.
Setyoko. 2015. Peran Dan Strategi Humas ( Public Relation )
Di Istitusi Perguruan Tinggi Vokasi, Vol. 11, No. 1: 41–45.
Suardhita, N. 2013. Strategi Humas Pt Netral Kontinental
Media Dalam Membangun Citra Perusahaan, 1–5.
Tandy, G. S. 2013. Evaluasi Special Event Surabaya Fashion
Parade 2012 Yang Diselenggarakan Oleh Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal
E-Komunikasi, Vol. I, No.
3: 137–146.
Yuliardi, Y., & Setiawati, S. D. 2014. Makna Public
Relations Di Oz Radio Bandung. Jurnal J-IKA, Vol. I, No. 2: 63–70.
Yusmawati. 2017. Strategi Humas Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs www.sumbawabaratkab.go.id. Jurnal Komunikasi, Vol. VIII, No. 1: 1–12.