Perancangan Program Pendidikan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Berbasis Objek Pada Lembaga PAUD Plamboyan 3 Karawang

research
  • 12 Oct
  • 2018

Perancangan Program Pendidikan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Berbasis Objek Pada Lembaga PAUD Plamboyan 3 Karawang

ABSTRAK

Masyrifah (12143145), Perancangan Program Pendidikan Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Pada Lembaga PAUD Plamboyan 3 Karawang

 

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fase terpenting dalam menstimulasikan tumbuh kembang anak. Stimulasi tumbuh kembang yang baik akan menghasilkan anak yang luar biasa, berbakat dan cerdas. Penanganan yang tepat pada fase terpenting selain dengan pendidikan yang diberikan oleh seorang ibu, dibutuhkan pula lembaga pendidikan yang merencanakan program stimulasi secara sistematis dan terpadu.

 

Lembaga PAUD Flamboyan 3 Karawang merupakan lembaga yang menyediakan pendidikan anak usia dini berupa Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan system berbasis sentra. Lembaga tersebut telah mengimplementasikan program pendidikan stimulasi tumbuh kembang anak secara sistematis dan terpadu. Akan tetapi dalam memonitor tumbuh kembang anak didiknya masih manual yang bisa beresiko hilangnya data-data penting dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam setiap prosesnya. Program system terkomputerisasi merupakan solusi terbaik dalam memonitor stimulasi tumbuh kembang anak dalam penilaian harian, penilaian persentra, bahkan penilaian perkembangan fisik anak. Sistem yang terkomputerisasi lebih menjamin keamanan data, mencegah redudansi data dan lebih efektif dan efisien.

 

Aplikasi program  pendidikan stimulasi tumbuh kembang anak ini dapat digunakan oleh pihak sekolah untuk memonitor tumbuh kembang anak didiknya dan melaporkannya kepada orang  tua. Selain itu juga bisa memperkenalkan teknologi sejak dini kepada anak dengan bimbingan  guru. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan NetBeans 8.1 dan Xampp.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Fathansyah. 2012. Basis Data. Bandung: Informatika Bandung.

 

 

Gata, Windu dan Grace Gata. 2013. Sukses Membangun Aplikasi Penjualan dengan Java. Jakarta: Gramedia.

 

 

Hasugian, H dan Sidiq, A.N. 2012. Rancang Bangun Sistem Informasi Industri Kreatif Bidang Penyewaan Sarana Olahraga. Diambil dari Http://karyatulisilmiah.com/lrs-logical-record-structure/ (15 April 2017).

 

 

Kadir, Abdul. 2012. Algoritma dan Pemrograman Menggunakan Java. Yogyakarta: Andi.

 

 

Komputer, Wahana. 2012. Membangun Aplikasi Bisnis dengan Netbeans 7. Yogyakarta: Andi.

 

 

Kurniawan, Ruliyanto. 2010. Php dan MySql untuk orang awam edisi ke 2. Palembang: Maxikom.

 

 

Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa perangkat lunak. Yogyakarta: Andi.

 

 

Simarmata, Janner dan Imam Payudi. 2010. Basis Data. Yogyakarta: Andi.

 

 

Sukamto, Rosa.A dan M. Shalahuddin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

 

 

Supardi, Yuniar. 2010. Semua Bisa Menjadi Programmer Java Basic Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.