SISTEM ANALISIS DATA MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE ANALYTICAL PROCESSING (OLAP) DATA WAREHOUSE

research
  • 04 Oct
  • 2018

SISTEM ANALISIS DATA MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE ANALYTICAL PROCESSING (OLAP) DATA WAREHOUSE

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi maka tingkat pendidikan masyarakat mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya minat lulusan SMA yang mau melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi. Perkembangan suatu perguruan tinggi dapat dilihat dengan bertambahnya jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun. Pada saat ini pimpinan puncak perguruan tinggi kesulitan menerima informasi terkait jumlah mahasiswa yang sesuai dengan keinginan dikarenakan masih ketergantungan terhadap bagian yang melakukan pengolahan data mahasiswa, akibatnya harus menunggu untuk mendapatkan informasi terkait data mahasiswa. Selain itu, Kumpulan data mahasiswa yang sedemikian berlimpah sebenarnya mengandung informasi atau pengetahuan yang dapat digali atau dianalisis, sehingga dari kumpulan data tersebut dapat diperoleh pola atau pengetahuan yang dapat digunakan oleh perguruan tinggi untuk lebih memahami kondisi jumlah mahasiswa. Berdasarkan pengetahuan yang diperoleh dari analisis data mahasiswa, pimpinan perguruan tinggi dapat membuat rencana strategis yang lebih baik untuk direalisasikan dalam program kerjanya ke depan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem yang dapat digunakan oleh pimpinan perguruan tinggi untuk melakukan analisis terhadap data mahasiswa dengan merancang Aplikasi OLAP Data Warehouse. Metode atau pendekatan yang digunakan dalam perancangan sistem ini adalah pendekatan Top Down. Hasil penelitian ini adalah terciptanya aplikasi OLAP Data Warehouse dapat memberikan kemudahan kepada pimpinan perguruan tinggi dalam melakukan penggalian infomasi dan analisa terhadap data mahasiswa sehingga dapat mempercepat proses pengambilan keputusan, serta dapat memberikan kemandirian dalam memilih bentuk laporan yang diinginkan.

Unduhan

  • 8_JP Maret 2016_Adi Supriyatna.pdf

    SISTEM ANALISIS DATA MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI ONLINE ANALYTICAL PROCESSING (OLAP) DATA WAREHOUSE

    •   diunduh 537x | Ukuran 1,279 KB

 

REFERENSI

Connolly, Thomas. Begg, Carolyn. 2010. Database Systems : A Practical Approach To Design Implementation And Management. America: Pearson.

Golfarelli, Matteo. Rizzi, Stefano. 2009. Data Warehouse Design: Modern Principles and Methodologies. New York: McGraw-Hill, Inc.

Han, Jiawei. Kamber, Micheline. 2006. Data Mining: Concept and Techniques. Canada : Morgan Kaufmann Publishers.

Langit, Lynn. 2007. Foundations of SQL Server 2005 Business Intelligence. New York : Apress.

Pusadan, Mohammad Yazdi. 2013. Rancang Bangun Data Warehouse. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rainardi, Vincent. 2008. Building Data Warehouse With Examples in SQL Server. New York : Apress.

Silvers, Fon. 2008. Building and Maintaining a Data Warehouse. New York : CRC Press.