ABSTRAK
Hilal hibatullah (44200135), Strategi Konten Kreatif Media Instagram @Gootodotcom Dalam Meningkatkan Audience Engagement Konten Otomotif” Dengan Metode Pendekatan Kualitatif Deskriptif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi konten kreatif yang diterapkan oleh media sosial @gootodotcom dalam meningkatkan keterlibatan audiens (audience engagement) pada konten otomotif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan teori Uses and Gratifications. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pengelola akun serta audiens @gootodotcom. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi konten kreatif yang digunakan, seperti pemanfaatan visual yang menarik, interaksi aktif dengan audiens, dan penyajian informasi yang relevan, efektif dalam meningkatkan keterlibatan audiens. Selain itu, kebutuhan audiens terhadap informasi, hiburan, identitas pribadi, interaksi sosial, dan pelarian juga terpenuhi melalui konten yang disajikan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengelola media sosial otomotif untuk mengembangkan strategi konten yang lebih menarik dan efektif dalam membangun komunitas digital yang loyal.
Kata kunci: strategi konten kreatif, audience engagement, media sosial, otomotif, Uses and Gratifications
skripsi_hilalhibatullah_44200135
Abdi, K. (2022). Pola Komunikasi Orang Tua Dalam Membentuk Kepribadian Anak
Di Kepenghuluan Panipahan Darat Kecamatan Pasir Limau Kapas.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1),
974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Agama, I., Negeri, I., & Rumah, D. (2021). PEMBELAJARAN DARING KELAS I SDN
01 KAJEKSAN KUDUS. 1(1), 15–23. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data
Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
An Nur, F. (2022). Representasi Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal Pada Film Yang
Tak Tergantikan (2021). Komuniti : Jurnal Komunikasi Dan Teknologi Informasi,
14(1), 27–43. https://doi.org/10.23917/komuniti.v14i1.16113
Djayadin, C., & Munastiwi, E. (2020). Pola komunikasi keluarga terhadap kesehatan mental anak di tengah pandemi Covid-19. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan
Islam Anak Usia Dini, 4(2), 160–180.
Ezquerro, L., Coimbra, R., Bauluz, B., Núñez-Lahuerta, C., Román-Berdiel, T., &
Moreno-Azanza, M. (2024). Large dinosaur egg accumulations and their significance for understanding nesting behaviour. Geoscience Frontiers, 15(5). https://doi.org/10.1016/j.gsf.2024.101872
Fatmala, S. (2022). PROCEEDINGS Membangun Karakter dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di SD PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI. Conference of Elementary Studies, 599–611. https://journal.um- surabaya.ac.id/Pro/article/download/14951/5461
Khotimah, K., & Ula, D. M. (2023). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 01(11), 40–50.
Kids, S., Pendidikan, J., Anak, I., Dini, U., & Kids, S. (2022). PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP. 4.
Krisnando Nathanael, G. (2024). Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Terhadap Pembentukan Perilaku Anak. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal Dan Pembangunan, 10(3), 1–6.
Luthfiyah, F. L., & Yuliana, N. (2023). Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Anak. 1(December), 13–19.
Mary, S., Tresia, N., & Luqman, Y. (n.d.). PROSES KOMUNIKASI PADA EXTENDED FAMILY DALAM MEMBANGUN KONSEP DIRI ANAK.
Pabundu, D. D., & Ramadhana, M. R. (2023a). Pola Komunikasi Keluarga dengan Pembentukan Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4624–4646.
Pabundu, D. D., & Ramadhana, M. R. (2023b). Pola Komunikasi Keluarga dengan Pembentukan Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4624–4646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5223
Piaud, P. M., & Ilmu, F. (n.d.). ANAK USIA DINI Miftahul Jannah , Khamim Zarkasih Putro. 53–63.
Salwiah, S., & Asmuddin, A. (2022). Membentuk Karakter Anak Usia Dini melalui Peran Orang Tua. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2929– 2935. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1945
Shahzad, M. F., Xu, S., Lim, W. M., Yang, X., & Khan, Q. R. (2024). Artificial intelligence and social media on academic performance and mental well-being: Student perceptions of positive impact in the age of smart learning. Heliyon, 10(8). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e29523
Track, K., & Before, P. (2018). 尹萍1 赵亚丽2 1.公 安 部 第 一 研 究 所 2.清华大学 . 11(2), 63–66.
Trimuliana, I., Dhieni, N., & Hapidin, H. (2019). Perilaku Religius Anak Usia 5-6 Tahun pada PAUD Model Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 570. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.251
Utara, S. (2016). Pengaruh Komunikasi Positif dalam Keluarga dan Komunikasi Interpersonal Guru terhadap Perilaku Asertif Siswa. 1(2), 77–94.
Waruwu, M., Pendidikan, M. A., Kristen, U., & Wacana, S. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan : Metode Penelitian Kualitatif , Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi ( Mixed Method ). 7, 2896–2910.
Wibowo, T. (2014). Pola Komunikasi antara pengasuh dan santri dalam menjalankan kedisiplinan shalat dhuha di Yayasan Pendidikan Islam Pondok Pesantren Modern Alfa Sanah Cisauk – Tangerang. 85.
Zhang, W., Xu, M., Feng, Y., Mao, Z., & Yan, Z. (2024). The Effect of Procrastination on Physical Exercise among College Students—The Chain Effect of Exercise Commitment and Action Control. International Journal of Mental Health Promotion, 26(8), 611–622. https://doi.org/10.32604/ijmhp.2024.052730