Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna sekaligus mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kualitas official website JKT48. Untuk mendukung penelitian, peneliti menggunakan metode observasi, studi literatur, dan penyebaran kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi penelitian terdiri dari masyarakat yang telah menggunakan official website JKT48. Sampel diambil menggunakan metode probability sampling dengan perhitungan berdasarkan rumus Slovin. Sebanyak 90 responden berhasil dikumpulkan selama kurang lebih 3 minggu masa pengumpulan data. Website yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah official website JKT48. Penelitian ini menggunakan metode Webqual 4.0. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa nilai r hitung lebih besar dibandingkan dengan r tabel, sehingga dianggap valid. Uji reliabilitas juga menunjukkan hasil yang reliabel dengan nilai Cronbach Alpha melebihi 0,6. Berdasarkan uji t, dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel dalam penelitian ini memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna.
Minarwati, & Hidayah, I. (2023). Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisis Kualitas Website STMIK El Rahma Terhadap Kepuasan Pengguna. Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 20(2), 87–99. https://doi.org/10.61805/fahma.v20i2.36
Rika Widianita, D. (2023). Analisis Kualitas Website Menggunakan Model Webqual 4.0 (Studi Kasus: Website Spekma Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro) Ananda. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Roz, K. (2020). Analisis Pengaruh Website Quality terhadap Kepuasan Pengguna dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 41–49. https://doi.org/10.26905/jmdk.v8i1.3782
Adellia, A., & Abdillah, L. A. (2020). Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Bukalapak Terhadap Kepuasan Pengguna Mahasiswa Universitas Bina Darma Menggunakan Metode Webqual 4.0. Journal of Software Engineering Ampera, 1(3), 144–159. https://doi.org/10.51519/journalsea.v1i3.52
Amelia, L., & Pradesan, I. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Pengguna pada Universitas XYZ dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(1), 57–63. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.249
Ariandi, M., & Marsolina, D. (2023). Analisis Kepuasan Driver Terhadap Aplikasi Maxim Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 10(2), 412. https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i2.5819
Bella, N., Shahnaz, F., Manajemen, J., Ekonomi, F., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2016). Faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen di toko online. 389–399.
Dewi, S. S., Ermina, R., Kasih, V. A., Hefiana, F., Sunarmo, A., Widianingsih, R., & Soedirman, U. J. (2023). Analisis Penerapan Metode One Way Menggunakan Alat Statistik SPSS. Sevita Sari Dewi, Rizka Ermina, Veila Anggoro Kasih, Fera Hefiana, Agus Sunarni, Rini Widianingsih. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Jendral Soedirman. 2(2), 121–132.
Fernando, Y., Apriyani, C., Pasha, D., & Alamsyah, D. (2022). RESOLUSI : Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Website Pondok Pesantren Al-Hidayah Pringsewu. Media Online, 2(6), 251–257. https://djournals.com/resolusi
Ihsannu Prayuda Maniks, K., & Muryani, S. (2024). Analisis Kualitas Layanan Website PT. Anugrah Padua Menggunakan Metode Webqual 4.0. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 5(1), 27–33. https://doi.org/10.31294/reputasi.v5i1.3033
Ilham Latief, M., & Canta, D. S. (2022). JURNAL LOCUS : Penelitian & Pengabdian ANALISIS KUALITAS WEBSITE SMK NEGERI 2 PENAJAM PASER UTARA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4 . 0. 1(3), 120–130. https://doi.org/10.36418/locus.v1i03.18
Marwati, E., & Krisbiantoro, D. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Web Students Universitas Amikom Purwokerto Menggunakan Metode Eucs. Journal of Information System Management (JOISM), 4(2), 67–72. https://doi.org/10.24076/joism.2023v4i2.902
Maslia, & Patriansah, M. (2024). Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Pada Lirik Lagu Jkt48 “Langit Biru Cinta Searah.” Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 02(01), 66–76.
Maulana, A. (2024). Evaluasi Kualitas Website PLN Batam Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Desain Dan Analisis Teknologi, 3(2), 127–136. https://doi.org/10.58520/jddat.v3i2.61
Meilina, M. M., & Serli, R. K. (2023). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus SIPPP Kota Bekasi. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(2), 146–152. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse146
Minarwati, & Hidayah, I. (2023). Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisis Kualitas Website STMIK El Rahma Terhadap Kepuasan Pengguna. Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 20(2), 87–99. https://doi.org/10.61805/fahma.v20i2.36
Monita, S., & Yadi, I. Z. (2021). Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Penggunaan Elarning Universitas Bina Darma Sebagai Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid 19 Menggunakan Metode WEBQUAL 4.0. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 2(4), 248–262. https://doi.org/10.47747/jpsii.v2i4.565
Mutakin, D. (2023). Pemanfaatan Software SPSS untuk Analisis Instrument Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(1), 33–49. https://doi.org/10.12928/jimp.v3i1.7727
Paskalis, J., & Deny, N. (2024). PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE SMAN 6 BEKASI Media Teknologi dan Informatika. 1(April), 76–87.
Pratama, M. R., & Winduwati, S. (2021). Aktivitas Interaksi Parasosial Penggemar Kepada Idola(Studi Deskriptif Kualitatif pada Wota dan Woti PenggemarJKT48 di Jabodetabek).
Purnama, B., & Mulyono, H. (2023). RESOLUSI : Rekayasa Teknik Informatika dan Informasi Analisis Kualitas Website SMA Negeri 2 Kota Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0. 4(3), 258–266. https://djournals.com/resolusi
Purwandani, I., & Syamsiah, N. O. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(3), 300. https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.47129
Putra, A., & Megawati, L. (2024). Pengaruh Jkt48 Sebagai Brand Ambassador Erigo Apparel Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 2024(4), 103–115. https://doi.org/10.5281/zenodo.10501245
Putra, I. K. C. A., Saputra, K. O., & Ariastina, W. G. (2019). Evaluasi Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Website Imissu Dengan Penerapan Metode Webqual 4.0. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 18(2). https://doi.org/10.24843/mite.2019.v18i02.p15
Riswari, A. A. (2019). KOMUNITAS SURABAYA WOTAGEI: Sebuah Kajian Budaya Populer. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 21(1), 121. https://doi.org/10.25077/jantro.v21.n1.p121-131.2019
Sinuraya, J. (2019). Pengukuran Kualitas Website Dengan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus Website Politeknik Negeri Medan). Jurnal Teknovasi, 6(2), 51–59. www.polmed.ac.id
Tanriady, E. P., Munir, A., & Surasa, H. (2023). Implementasi Metode Webqual 4.0 Dalam Menganalisis Kepuasan Pengguna Website Search Buddy. KHARISMA Tech, 19(1), 75–85. https://doi.org/10.55645/kharismatech.v19i1.470