PEMILIHAN PANWASCAM TERBAIK SE-KOTA BEKASI MENGGUNAKAN METODE AHP

research
  • 14 Mar
  • 2025

PEMILIHAN PANWASCAM TERBAIK SE-KOTA BEKASI MENGGUNAKAN METODE AHP

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media sosial oleh
Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (PANWASCAM) terbaik se-Kota Bekasi
menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Dalam konteks pemilu,
media sosial menjadi alat penting untuk meningkatkan partisipasi publik, transparansi,
dan komunikasi. Metode AHP digunakan untuk mengevaluasi berbagai faktor yang
memengaruhi efektivitas penggunaan media sosial, seperti jangkauan audiens,
interaksi dengan masyarakat, dan kecepatan penyampaian informasi. Data
dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada anggota PANWASCAM dan
pemilih di Kota Bekasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor jangkauan audiens
memiliki bobot tertinggi, diikuti oleh interaksi dan kecepatan informasi. Temuan ini
mengindikasikan bahwa meskipun media sosial memiliki potensi besar,
keberhasilannya sangat bergantung pada strategi komunikasi yang efektif dan
keterlibatan aktif dari PANWASCAM. Dengan demikian, penelitian ini
merekomendasikan peningkatan kapasitas PANWASCAM dalam memanfaatkan
media sosial, serta perlunya pengembangan strategi komunikasi yang lebih
terintegrasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi PANWASCAM
dalam memaksimalkan penggunaan media sosial untuk mendukung pelaksanaan
pemilu yang transparan dan partisipatif.

Unduhan

 

REFERENSI

A.
Ridlan. (2019). Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan dengan
Menggunakan Metode Analytical Hirarchy Process (AHP) dalam Menyeleksi
Kelayakan Penerima Beasiswa. METIK J , 2.
Alamat, K., Primandari, M., Berlian, R., & Kadafi, A. R. (2021a). Penerapan Sistem
Penunjang Keputusan Dalam Pemilihan Aplikasi Online Shop Dengan Metode
Analtycal
Hierarchy Process. In Diterima (Vol. 1, Issue 2).
http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/larik
Alamat, K., Primandari, M., Berlian, R., & Kadafi, A. R. (2021b). Penerapan Sistem
Penunjang Keputusan Dalam Pemilihan Aplikasi Online Shop Dengan Metode
Analtycal
Hierarchy Process. In Diterima (Vol. 1, Issue 2).
http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/larik
Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media
in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95.
https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1
Fazriah Oktaviani, W., Fatchiya, A., Manusia, F. E., Pertanian Bogor, I.,
Departemen, D., Komunikasi, S., & Masyarakat, P. (n.d.). EFEKTIVITAS
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA
UMBUL PONGGOK, KABUPATEN
KLATEN The Effectiveness of Social Media as a Media Promoting of Umbul
Ponggok Tourism, Klaten Regency (Vol. 17, Issue 1).
Handoko, D. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kapten Tim Futsal
Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Ilmiah
Informatika
Dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), 1(2), 77–86.
https://doi.org/10.58602/jima-ilkom.v1i2.11
Imam Pambudi, W., Izzatillah, M., Raya Tengah No, J., Gedong, K., Rebo, P., &
Timur, J. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN
KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE AHP PT NGK
BUSI INDONESIA. Jurnal
38
Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 02. Mukhamad Najib, I.
U. U. S. I. U. S. S. I. U. F. F. I. U. (2021). Application of SWOT-AHP to Develop
Organic Food Marketing Strategy. Academy of Strategic Management Journal
(Print ISSN: 1544-1458; Online ISSN: 1939-6104).
Noor Permadi, R., Retno Sari, M., Prawitasari Pusat Pelatihan dan Pengembangan
dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah, N., Muhammad Ardans
Sempaja Selatan Samarinda Utara, J. H., Hitam, A., Samarinda, K., & Timur,
K. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Platform Utama Pemasaran
Produk UMKM. In JUNI (Vol. 10, Issue 01).
Pratama and Haryanto. (2020). Pengambilan Keputusan Berwisata berdasarkan
Pengaruh Media Sosial. Pengambilan Keputusan Berwisata Berdasarkan
Pengaruh Media Sosial.
Riadi, S., & Hasugian, H. (n.d.). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN DALAM
PEMILIHAN GURU TERBAIK PADA SMA MUHAMMADIYAH 15 JAKARTA
MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
DAN SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW).
Sabri, F., & Novriyansyah, M. (2023). Implementation of Analytical Hierarchy
Process (AHP) Method in the Design of Kulong Kebintik Utilization. MEDIA
KOMUNIKASI
TEKNIK
SIPIL,
https://doi.org/10.14710/mkts.v29i1.53977
29(1),
103–112.
Setiawan, W., Siregar, A. C., Abdullah, A., Id, A. S. A., & Korespondensi, P. (n.d.
a). Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Pemilihan Media Sosial
Pemasaran Songket Sambas.
Setiawan, W., Siregar, A. C., Abdullah, A., Id, A. S. A., & Korespondensi, P. (n.d.
b). Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Pemilihan Media Sosial
Pemasaran Songket Sambas.
Vargas, L. G., & Katz, J. M. (1990). An overview of the Analytic Hierarchy Process
and its applications. In European Journal of Operational Research (Vol. 48)