ANALISIS PEMBERDAYAAN KARYAWAN TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PT METROPOLITAN LAND TBK, UNIT METROPOLITAN MALL BEKASI

research
  • 13 Mar
  • 2025

ANALISIS PEMBERDAYAAN KARYAWAN TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN PT METROPOLITAN LAND TBK, UNIT METROPOLITAN MALL BEKASI

Bagas Eko Prasetyo (64201154), Analisis Pemberdayaan Karyawan Terhadap Loyalitas Karyawan PT Metropolitan Land Tbk, Unit Metropolitan Mall Bekasi.

Pemberdayaan dan loyalitas karyawan adalah dua faktor kunci yang mempengaruhi kinerja dan produktivitas perusahaan. PT Metropolitan Land Tbk., unit Metropolitan Mall Bekasi, menghadapi tantangan dalam meningkatkan pemberdayaan karyawan dan komunikasi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jenis pemberdayaan yang digunakan oleh manajemen dan bagaimana karyawan melihatnya. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dengan pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur dengan karyawan yang telah mengabdi selama 15 tahun atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan berkelanjutan, komunikasi yang efektif, lingkungan kerja yang mendukung, dan kejelasan peran serta tanggung jawab berdampak positif terhadap keterlibatan, kepuasan, dan loyalitas karyawan. Karyawan yang merasa diberdayakan menunjukkan komitmen afektif, berkelanjutan, dan normatif yang lebih tinggi. Dengan implementasi strategi pemberdayaan yang efektif, perusahaan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas secara keseluruhan.

Kata Kunci: Pemberdayaan karyawan, Loyalitas Karyawan, Pelatihan, Komunikasi, Lingkungan Kerja, PT Metropolitan Land Tbk, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penelitian Kualitatif.

Unduhan

 

  • jurnal bagas fix.docx

    Artikel Jurnal

    •   diunduh 8x | Ukuran 3,097,034
  • Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 7x | Ukuran 110,222

REFERENSI

Alshemmari, J. M. H. J. (2023). An Empirical Study on Employee Empowerment Role in Increasing Efficiency of Employee Performance. Journal of Logistics, Informatics and Service Science, 10(1), 52–71. https://doi.org/10.33168/LISS.2023.0104

Ateeq, A., Alzoraiki, M., Milhem, M., & Al-Absy, M. (2023). Impact of employee loyalty on job performance: Mediating role of job satisfaction on the example of Zain company, Bahrain. Problems and Perspectives in Management, 21(2), 470–481. https://doi.org/10.21511/ppm.21(2).2023.44

Celik, A., Iraz, R., Cakıci, A. B., & Celik, N. (2014). THE EFFECTS OF EMPLOYEE EMPOWERMENT APPLICATIONS ON ORGANIZATIONAL CREATIVITY AND INNOVATIVENESS IN ENTERPRISESES: THE CASE OF OIZ. In European Scientific Journal (Vol. 10, Issue 10).

Edward Roy, H. S., & Corresponding Author, C. (2018a). Employee Empowerment-Challenges and Strategies. 20, 54–57. https://doi.org/10.9790/487X-2006015457

Edward Roy, H. S., & Corresponding Author, C. (2018b). Employee Empowerment-Challenges and Strategies. 20, 54–57. https://doi.org/10.9790/487X-2006015457

Hidayati, T., Lestari, D., Maria, S., & Zainurossalamia, S. (2019). Effect of employee loyalty and commitment on organizational performance with considering role of work stress. Polish Journal of Management Studies, 20(2), 256–266. https://doi.org/10.17512/pjms.2019.20.2.21

Kartika Lestari, D., Siregar, H., Kunci, K., Karyawan, P., & Kerja Karyawan, K. (2021). Pemberdayaan Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Rotella Persada Mandiri Lubuk Pakam. In Media Online) (Vol. 1, Issue 3).

Kumar, R., & Sondhi, J. (n.d.). Online ISSN 2278-8808. In Scholarly Research Journal for Interdisciplinary Studies (Vol. 9, Issue 68). www.srjis.com

Lee, A., Willis, S., & Tian, A. W. (2018). Empowering leadership: A meta-analytic examination of incremental contribution, mediation, and moderation. Journal of Organizational Behavior, 39(3), 306–325. https://doi.org/10.1002/JOB.2220/FULL

Meschke, S., & Meschke, S. (2021). The concept of employee loyalty. … : Intercultural Comparison of European and East …. https://doi.org/10.1007/978-3-030-68425-9_3

Murray, W. C., & Holmes, M. R. (2021). Impacts of employee empowerment and organizational commitment on workforce sustainability. Sustainability (Switzerland), 13(6). https://doi.org/10.3390/su13063163

Saranya, P. C. (2022). A Study on Employee Empowerment Key Word: Cognitive elements of empowerment, Dynamic Leadership, Cross-Functional Teams A Study on Employee Empowerment. 24, 10–16. https://doi.org/10.9790/487X-2405031016

When Empowering Employees Works, and When It Doesn’t. (n.d.). Retrieved January 10, 2025, from https://hbr.org/2018/03/when-empowering-employees-works-and-when-it-doesnt

Wulandrai, A., Nur Azizi, A., Maghfiratul Ulyah, R., Fitriniati, Y., Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Muhammadiyah Lamongan, U. (2023). PENINGKATAN PERFORMA BISNIS MELALUI MANAJEMEN PEMBERDAYAAN KARYAWAN PADA USP KUD MINATANI BRONDONG. Derivatif : Jurnal Manajemen, 17(2).