Tri Astuti Handayani (64201127), Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Salon Kecantikan Sun Lumiere Jakarta Selatan.
Salon Kecantikan Sun Lumiere Jakarta Selatan merupakan tempat yang menyediakan jasa perawatan kecantikan, seperti perawatan wajah dan perawatan bulu mata. Salon juga bisa diartikan sebagai bisnis yang menawarkan jasa perawatan kecantikan, dengan jangkauan yang luas dan peran yang signifikan dalam perekonomian nasional. Karyawan merupakan aset penting yang harus diloyalitasin dan didukung oleh kualitas kerja yang kondusif untuk mencapai kinerja optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan secara parsial maupun simultan terhadap kinerja karyawan Salon Kecantikan Sun Lumiere Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif statistik dengan menggunakan observasi, dan kuesioner dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan metode sampel jenuh yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan diolah dengan SPSS 18. Kualitas pelayanan dan Loyalitas Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan pelanggan secara simultan. Nilai R square sebesar 0,182 atau 18,2%, sementara sisanya 81,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan
bukti submit - tri astuti handayani-64201127
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2
Br Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134
Febriano, Clinton, Lisbeth, R. N. T. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 3068–3077. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224
Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727–737. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.375
Rahma Nadya, S. amanda D. (2024). Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Citra Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada PT. Inti Terang Sukses Tebing Tinggi. Αγαη, 15(1), 37–48.
Rawis, R. W., Ruru, J., & Kolondam, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Kanonang Lima Kecamatan Kawangkoan Barat Kabupaten Minahasa. Administrasi publik, VIII(114), 45–56.
Simamora, R. H., Purba, J. M., Bukit, E. K., & Nurbaiti, N. (2019). Penguatan Peran Perawat Dalam Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Melalui Pelatihan Layanan Prima. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 25. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.2940
Siswandi Fery, M. M. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Insight Management Journal, 1(1), 21–25. https://doi.org/10.47065/imj.v1i1.13
Sugiharto, Sugiono, R. A. W. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Di Kafe One Eighteenth, Siwalankerto – Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(1), 11. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/10194
Suwanti, R. (2024). YUME : Journal of Management Pengaruh Nilai Pemasaran dan Harga Jual Rumah di Perumahan Bukaka Residance Terhadap Keputusan Pembeli. 7(3), 1701–1708.
Suwito, A. R., Karyawan, K., Bojonegoro, R., Mardi, N., & Soenarmi, W. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Image, dan Variasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Koperasi Kareb Bojonegoro. MAP (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik), 1(1), 110–123.
Ummah, M. S. (2019). PENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PADANG BULAN MEDAN). Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Violin, V., Mahfudnurnajamuddin, Hasan, S., & Sufri, M. (2021). The Effect of Low-Cost Carrier Concept and Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty at Lion Airlines in Indonesia. Journal of Management Science ( JMS ), 2(3), 26–36.