ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL PADA INSTAGRAM @LAFIYE UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN

research
  • 12 Mar
  • 2025

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI VISUAL PADA INSTAGRAM @LAFIYE UNTUK MENARIK MINAT KONSUMEN

Lulu Farha Chaerani (44200054), Analisis Strategi Komunikasi Visual pada Instagram
@Lafiye untuk Menarik Minat Konsumen.
Penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi visual pada Instagram @Lafiye untuk menarik minat konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi visual yang diterapkan Lafiye dalam membangun daya tarik dan meningkatkan interaksi dengan audiens melalui platform
media sosial. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi visual sebagai dasar analisis dalam memahami elemen-elemen visual yang digunakan dalam strategi pemasaran digital Lafiye. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan
tim media sosial Lafiye dan dokumentasi terhadap konten Instagram @Lafiye. Untuk memastikan kredibilitas data, teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Lafiye menerapkan strategi komunikasi visual yang berfokus pada elemen kesederhanaan dan estetika minimalis, seperti pemilihan warna, tipografi, fotografi, dan tata letak yang selaras dengan identitas brand. Strategi ini tidak hanya
diterapkan dalam konten feed Instagram tetapi juga dalam keseluruhan estetika visual brand. Selain itu, Lafiye juga mengadaptasi strategi berdasarkan evaluasi data
performa konten dan tren audiens. Dampak dari strategi ini adalah meningkatnya interaksi serta pertumbuhan jumlah pengikut dan peningkatakan penjualan. Kendala yang dihadapi dalam strategi komunikasi visual ini adalah persaingan yang ketat dalamnindustri modest fashion serta tantangan dalam mempertahankan daya tarik audiens ditengah perubahan tren media sosial.
Kata Kunci: Instagram, Komunikasi Visual, Minat Konsumen, Lafiye.

Unduhan

 

  • full_skripsi.pdf

    full_text

    •   diunduh 3x | Ukuran 3,423,322

REFERENSI

Agianto, R., Setiawati, A., Firmansyah, R., & Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
STEMBI, P. (2020). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP GAYA
HIDUP DAN ETIKA REMAJA (Vol. 7, Issue 2).
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif
(Vol. 1).
Andi Dwi Riyanto. (2024). jurnal Berdasarkan data Hootsuite dan We Are Social.
Anik Suryaningsih. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR
PESERTA DIDIK.
APRJII. (2024). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus
dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9.
Augustinah1, F., Faluktas, W., Administrasi, I., & Bisnis, A. (2019). PEMANFAATAN MEDIA
SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI MAKANAN RINGAN KRIPIK SINGKONG DI
KABUPATEN SAMPANG.
Batee. (2019). Jurnal Batee Strategi Komunikasi Visual.
Damayani Pohan, D., & Fitria, U. S. (2021). JENIS JENIS KOMUNIKASI. In Cybernetics:
Journal Educational Research and Social Studies (Vol. 2, Issue 3). http://pusdikra
publishing.com/index.php/jrss
Dhava Ramadhan, I., Purnamasari, O., & Ahmad Dahlan -Cirendeu Ciputat -Jakarta Selatan,
J.
K. (2023). PENGARUH KONTEN INSTAGRAM CHATIME TERHADAP
KEPUTUSAN PEMBELIAN. In Jurnal Bincang Komunikasi (Vol. 1, Issue 1).
Fadillah Amin, N., Muhammad, & Al, A. (2021). Peran Desain Komunikasi Visual Sebagai
Sarana Promosi Lilin Aromaterapi di Kecamatan Banjarmasin Barat Kota Banjarmasin
(The role of visual communication design as a means of promoting aromatherapy
candles in the West Banjarmasin District, Banjarmasin City).
Fajar Nurdiansyah Henhen siti Rugoyah. (2021). STRATEGI BRANDING BANDUNG GIRI
GAHANA GOLF SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19.
Hananto, B. A. (2019). IDENTITAS VISUAL DIGITAL BRAND DALAM SOSIAL MEDIA
Sebuah Evaluasi Konsistensi Image dan Type Karya Mahasiswa dalam Mendesain Feed
Instagram. In Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA) (Vol. 2).
Hartino,
A.
T.,
& Adha, M. M. (2020). OPTIMALISASI PENDIDIKAN
KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE
PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA SOSIAL.
Jihan et al. (2021). Jurnal Strategi Komunikasi pemasaran digital online shop Di instagram.
77
Kuhu, M., Kawengian, D. D. V, & Pasoreh, Y. (2022). PERUBAHAN FUNGSI KOMUNIKASI
DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA
TOUNELET KECAMATAN KAKAS KABUPATEN MINAHASA.
Latifa, A. A. (2024). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Fashion Muslim Lokal Lafiye
melalui Tiktok dan X. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(3), 12.
https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2713
Nida & Aning. (2022). Jurnal Strategi Komunikaasi Pemasaran di shope menarik konsumen.
Nuraeni. (2023). Jurnal Strategi Komunikasi digital Instagram.
Pranata, Y., Ahli, H., Puslitbang, P., Daya, S., & Kesehatan, P. (2021). Pentingnya Strategi
Komunikasi Dalam Berkomunikasi. In Journal: Sudut Pandang (Vol. 2).
Pundra. (2021). Jurnal Pundra 2021.
Puspitasari, F. (2024). ANALISIS DESAIN KONTEN VISUAL TERHADAP PERFORMA
INSTAGRAM UNIVERSITAS UTPADAKA SWASTIKA @utpas.ac.id.
Putri, V. K. (2024). Jurnal Putri Vanya Kurnia 2024.
Rhoma. (2021). Jurnal Rhoma.
Rizky, M., Nugroho, A., & Aesthetika, M. (2024). Penggunaan Instagram Sebagai Sosial
Media Marketing Cafe Red Coffee and Plants.
Royhan, M. G., & Ngabekti, D. K. (2021). Problematika Desain Komunikasi Visual dan
Plagiarisme dalam Dunia Desain Grafis. CITRAWIRA : Journal of Advertising and
Visual Communication, 2(1), 86–95. https://doi.org/10.33153/citrawira.v2i1.3671
Shafiq. (2024). Jurnal SHAFIQ.
Sugiarto. (2018). book Fitur fitur Instagram. 50.
Sukirno. (2020). Jurnal Sukrino 2020.
Syubhan Akib Arsenius Wisnu Aji patria Perkasa. (2022). Peran Komunikasi dalam Dunia
Pendidikan (Vol. 4).
Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Diterbitkan oleh UNITRI PRESS Pemanfaat Sosial
Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi.
Yusuf et al. (2022). jurnal Yusuf Metode analisis data.