Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna yang terkandung dalam lirik lagu “Garam dan Madu” karya Naykilla dan Jemsii menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Lagu ini menarik perhatian karena liriknya yang penuh mtafora dan menggambarkan dinamika hubungan yang romantis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika untuk mengungkap tiga lapisan makna: denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara denotasi, lirik lagu menggambarkan perjalanan emosional dalam hubungan, termasuk dilema, kerinduan, dan keintiman. Simbol "garam" dan "madu" melambangkan kesulitan (garam) dan kebahagiaan (madu) dalam cinta. Secara konotasi, lirik ini mencerminkan konflik emosional, keinginan untuk cinta yang ideal, dan perjuangan dalam dinamika hubungan. Sementara itu, pada tingkat mitos, lagu ini mengangkat tema universal tentang dualitas cinta yang melibatkan pengorbanan, kebahagiaan, dan penderitaan yang saling melengkapi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lagu "Garam dan Madu" merepresentasikan cinta sebagai perjalanan emosional yang kompleks dan penuh makna. Simbol-simbol yang digunakan menciptakan resonansi budaya yang relevan dengan pengalaman cinta manusia. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk kajian musik sebagai media komunikasi dan sarana interpretasi budaya.
44200826_COVER SKRIPSI RIZKI MAULANA
44200826_TURNITIN SKRIPSI RIZKI MAULANA
44200826_RIZKI MAULANA
Al-Fatih, S. (2023). Perkembangan Metode Penelitian Hukum di Indonesia (Cetakan Pe). Universitas Muhammadiyah Malang.
Damar, P. A., & Phetorant, D. D. (2022). Buku Panduan Guru Seni Musik untuk SMK/MA Kelas XII (R. Nurvijayanto (ed.); Cetakan Pe). Pusat Pembukuan Kemendikbud.
Ekasari, R. (2023). METODOLOGI PENELITIAN (E. Yulianti (ed.); Cetakan Pe). AE Publishing.
Elvera, & Astarina, Y. (2021). METODOLOGI PENELITIAN (E. S. Mulyanta (ed.); Cetakan Pe). Penerbit ANDI.
Ersyad, F. A., & Arifin, D. S. (2023). Semiotika: Teori dan Aplikasi pada Desain Logo (R. Ardyanto (ed.); Cetakan Pe). CV Bintang Semesta Media.
Gunawan, A. A. (2025). Sukses Penerbitan Musik Mandiri. Sanggar Seni Budaya.
Hamsiah, A., Wikaningtyas, R., Bunga, J., Dia, E. E., Maisaroh, S., Mu’minin, Kurniati, Y., Sukowati, I., & Serapina. (2023). PENGANTAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (W. Gustiani (ed.); Cetakan Pe). PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Harnia, N. T. (2021). Analisis Semiotika Makna Cinta Pada Lirik Lagu “Tak Sekedar Cinta” Karya Dnanda. Jurnal Metamorfosa, 9(2), 224–238. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v9i2.1405
Hermawan, I. (2019). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN MIX METHODE (C. S. Rahayu (ed.); Cetakan Pe). Hidayatul Quran Kuningan.
Hidayat, R. (2019). Analisis Semiotika Makna Motivasi Pada Lirik Lagu “Laskar Pelangi” Karya Nidji. EJournal Ilmu KOmunikasi, 2(1), 243–258. http://www.fisip-unmul.ac.id
Maulidiyah, T. A., & Setyawan, B. W. (2022). Analisis Semiotik Pada Makna Lagu Kok Iso Yo? Karya Andry Priyanto Di Populerkan Oleh Guyon Waton. Jurnal Skripta, 8(2), 9–18. https://doi.org/10.31316/skripta.v8i2.2875
Rahman, Viora, D., Wardani, W. K., Meisuri, Rosmita, E., Gustianing, D., Firdaus, M., Resiana, A., & Pertiwi, R. W. L. (2024). Pengantar Kajian Semantik (S. N (ed.); Cetakan Pe). Tri Edukasi Ilmiah.
Rahmasari, A. A. W. (2023). Representasi Kesehatan Mental Dalam Lirik Lagu Secukupnya Karya Hindia (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 11764–11777. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Rorong, M. J. (2024). Semiotika (H. Fahmi (ed.)). Deepublish Digital.
Salim, A. (2024). PANDUAN Menulis Lirik LAGU (Di era AI Setiap Orang Adalah Pemusik). VISIKATA.
Sholihah, Q. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian (Cetakan Pe). UB Press.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.)). ALFABETA.
Wanda Indah Agustina, Diryo Suparto, & Ike Desy Florina. (2024). Analisis Semiotika Makna Kerinduan pada Lirik Lagu “Gala Bunga Matahari” Karya Sal Priadi. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(2), 1256–1269. https://doi.org/10.47467/edu.v4i2.4229
Wibiyanto, A., Syaifullah, J., & Sudarmaji. (2024). SEMIOTIKA DALAM KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA (T. W. Group (ed.); Cetakan Pe). Wade Group.
Witono, A., Hayat, H., Yakti, Y. A. K., Sjuchro, D. W., Viannisa, N., Rismawaty, Sunuantari, M., Firdaus, M., Djuhardi, L., Supriyadi, I., Siahaan, C., & Dartiningsih, B. E. (2023). Fragmentasi Komunikasi (Lintas Disiplin Ilmu) (R. Rais (ed.); Cetakan Pe). Unisma Press.
Yuniar, D. P., Fitriyono, A., & Anita, R. (2023). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SENI MUSIK DAN TARI UNTUK ANAK USIA DINI (B. Cendekia (ed.); Cetakan Pe). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.
Zaid, H., Sudiana, Y., Wibawa, R. S., & Dkk. (2021). TEORI KOMUNIKASI DALAM PRAKTIK (Andrianto (ed.)). Zahra Media Publisher CV. ZT Corpora.