Analisis Trend Marriage Is Scary Pada Aplikasi Tiktok Dalam Penurunan Angka Pernikahan Di Jakarta

research
  • 12 Mar
  • 2025

Analisis Trend Marriage Is Scary Pada Aplikasi Tiktok Dalam Penurunan Angka Pernikahan Di Jakarta

Studi ini menyelidiki tren “Married is Scary” di platform TikTok dan korelasinya dengan penurunan angka pernikahan di Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana tren ini mempengaruhi persepsi pernikahan di kalangan anak muda, terutama dalam konteks dampak media sosial pada keputusan pribadi. Studi ini menyoroti bahwa algoritma TikTok yang kuat memainkan peran penting dalam mempromosikan konten yang membentuk pandangan pengguna tentang pernikahan, yang mengarah pada peningkatan kecemasan dan ketakutan seputar institusi pernikahan. Selama dekade terakhir, Indonesia telah menyaksikan penurunan yang signifikan dalam tingkat pernikahan, dengan penurunan yang dilaporkan sebesar 28,63% dari tahun-tahun sebelumnya, menunjukkan pergeseran sikap masyarakat terhadap pernikahan dan kehidupan keluarga. Temuan menunjukkan bahwa tren tersebut dapat berkontribusi pada fenomena yang berkembang menunda pernikahan karena individu memprioritaskan karir dan pengembangan pribadi daripada komitmen tradisional. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wacana akademis dalam studi komunikasi dan memberikan wawasan bagi pengguna TikTok untuk menavigasi pengaruh media sosial secara bertanggung jawab.

Unduhan

  • Cover Skripsi.pdf

    Cover Skripsi

    •   diunduh 11x | Ukuran 80 KB

 

REFERENSI

Abidin, H., Mukhlis, I., & Zagladi, A. N. (2023). Multi-method Approach for Qualitative Research: Literature Review with NVivo 12 PRo Mapping. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v11i3.80748

Adhani, A. F., & Aripudin, A. (2024). Perspektif Generasi Z di Platform X Terhadap Penurunan Angka Pernikahan di Indonesia. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 5(1), 185–198.

Ahmadi, M. (2020). Dampak Perkembangan New Media Pada Pola Komunikasi Masyarakat. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 26–37. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/alamtaraok/article/view/499

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis, 5(2), 146–150.

Amalia, S. P., & Taufik, R. R. (2024). Peranan Media Sosial Tiktok Dalam Menyebarkan Berita Terkini Inspira Tv. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 11(1), 107–118. https://doi.org/10.37676/professional.v11i1.6085

Harefa, C. O., & Samatan, N. (2022). Studi Komunikasi Media Baru Pada Pengguna Aplikasi Konferensi Video Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Covid-19. Jurnal Communicology, 10(1), 45–55. www.wartadepok.com

Hukum, F., Studi, P., Hukum, I., & Sri, U. S. (2024). Problematika Waithood Sebagai Upaya Kontrol Sosial Terhadap Persoalan Perkawinan Dalam Menekan Angka Kemiskinan. 05(02), 315–328.

Indrawan, J., Efriza, & Ilmar, A. (2020). Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik. Medium, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4820

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Mubarok, F. S. (2022). Pemanfaatan New Media Untuk Efektivitas Komunikasi Di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(1), 28. https://doi.org/10.30659/jikm.v10i1.20302

Ningtias, I. S. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Penurunan Angka Pernikahan Di Indonesia. Jurnal Registratie, 4(2), 87–98. https://doi.org/10.33701/jurnalregistratie.v4i2.2819

Rakatiwi, Y., Halwati, U., & Nawawi, N. (2023). FYP Dakwah Digital Creator Milenial Melalui Tiktok di Era 5.0. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(3), 1583. https://doi.org/10.35931/aq.v17i3.2116

Rasdin, R., Mulyati, Y., & Kurniawan, K. (2021). Fenomena Tik Tok sebagai Media Komunikasi Edukasi. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 3, 227–235. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1681

Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.

Saumantri, T., & Zikrillah, A. (2020). Teori Simulacra Jean Baudrillard Dalam Dunia Komunikasi Media Massa. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 247. https://doi.org/10.24235/orasi.v11i2.7177

Singgani, A., Adam, & Taufan, M. (2024). Hakikat Tujuan Pernikahan dalam Pandangan Hukum Islam. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0, 3, 194–197.

Siregar, Y. E. Y., Nuraeni, C., Rahmawati, L., Wahyuningsih, S., Rosita, T., & Deni Nurfiana, S. (2023). Kesiapan Wanita Dalam Pernikahan: Analisis Kualitatif Melalui Studi Pustaka Mengenai Pernikahan Di Indonesia. Cendikia 2023, 1(5), 144–155.

Sumakul, Y., & Ruata, S. (2020). Kesejahteraan Psikologis Dalam Masa Pandemi Covid-19. Journal of Psychology “Humanlight,” 1(1), 1–7. https://doi.org/10.51667/jph.v1i1.302

Titania, A., Alam, E. S., Bunga, I., Setiawan, M. R., Okta, N., & Ranita, V. (2019). Pengaruh Usia Menikah Terhadap Kesejahteraan Keluarga. Sosietas, 9(2).

Utami, A. H. (2021). Media baru dan Anak Muda : Perubahan Bentuk Media dalam Interaksi Keluarga New Media and Youth: Changing Forms of Media in Family Interactions. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 11(1), 8. https://doi.org/10.20473/jpua.v11i1.2021.8-18

Varenia, I. A. N., & Phalguna, I. B. Y. (2022). Implikasi Media Baru Sebagai Media Komunikasi Dan Teknologi Informasi. Sadharananikarana: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu, 4(1), 623–632. https://doi.org/10.53977/sadharananikarana.v4i1.614

 

Waluyo, B. (2020). Sahnya Perkawinan Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 193–199. https://doi.org/10.23887/jmpppkn.v2i1.135

Yulianti, A., Lubis, A., Oktaviani, A., Akbar, D., Novianti, I., & Hartono, T. (2023). Pengelolaan Informasi Di Media Sosial Instagram Sebagai Media Publikasi Humas Suska Tv. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi, 5(3), 228–233.