STRATEGI KOMUNIKASI KONTEN KREATIF DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT PADA INSTAGRAM @DEHAKIMS_OFFICIAL

research
  • 12 Mar
  • 2025

STRATEGI KOMUNIKASI KONTEN KREATIF DALAM MENINGKATKAN ENGAGEMENT PADA INSTAGRAM @DEHAKIMS_OFFICIAL

Kehadiran internet mampu menyediakan akses tanpa batas bagi publik terhadap organisasi maupun sebaliknya. Salah satu akun yang berfungsi sebagai media informasi dan hiburan online adalah @dehakims_official, yang menyajikan konten hiburan yang penuh inspirasi dan infortif seputar keseharian, hewan dan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan instagram @dehakims_official sebagai media hiburan dan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interpretif dengan analisis Uses And Gratification. Hasil penelitian memberikan kontribusi signifikan pada kajian komunikasi digital, menjadi referensi akademik untuk hubungan media sosial dan audiens dalam dunia hiburan dan informasi, serta mengembangkan strategi engagement yang efektif di media sosial instagram

Unduhan

 

  • COVER SKRIPSI.pdf

    COVER SKRIPSI ALFIN FUTUH FARHANI

    •   diunduh 8x | Ukuran 37,489

REFERENSI

Anastasya, D. E., & Rohman, A. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Perceived Usefulness, Dan User Competency Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (Studi Empiris Terhadap Bank BTN di Semarang). Diponegoro Journal of Accounting, 10(4).

Arianto, B., & Handayani, B. (2022). Studi Fenomenologi Youtube Sebagai Saluran Pembelajaran Kewargaan Desa Sukoharjo Kabupaten Sleman. Jurnal DIALOGIKA: Manajemen dan Administrasi, 3(2), 92-106. https://doi.org/10.31949/dialogika.v3i2.8717

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Retrieved January 4, (2025), from https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Barizki, R. N., & Apriani, Y. (2024). Strategi Konten Kreatif Doteens Dalam Meningkatkan Audience Engagement Melalui Instagram. KOMUNIKATA57, 5(1), 29-36.

Bayu, F. B. A. (2022). Komunikasi Digital dalam Jual Beli Online melalui Sosial Media Instagram. KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan Dakwah, 12(01), 49-59. https://doi.org/10.35905/komunida.v12i01.2131.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. SAGE Publications, Inc

Datareportal. (2024). Digital 2024: Indonesia. Retrieved January 4, (2025), from https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia

Depari, E. (1979). Peranan Komunikasi Massa Dalam Pembangunan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. http://kin.perpusnas.go.id/Display
Data.aspx?pId=29236&pRegionCode=BKKBN&pClientId=616

Fairus, F. (2020). Analisis Pengendalian Internal Atas Sistem Dan Prosedur Penggajian Dalam Usaha Mendukung Efisiensi Biaya Tenaga Kerja Pada PT Pancaran Samudera Transport, Jakarta. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Fani, M. A. A. H. M., Daulay, A. N., & Harianto, B. (2024). Strategi Konten Kreatif Dalam Membentuk Citra Merek Di Media Sosial:(Studi Kasus Pada Usaha Konten Kreatif Yelo Studio). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(3), 307-318.

Hendrianto, I. P. (2022). Strategi Produksi Konten Visual @Creativismtudio di Instagram. DIGICOM : Jurnal Komunikasi dan Media, 2(4).

Heryana, A. (2018). Informan dan Pemilihan Informan Dalam Penelitian Kualitatif. Jakarta: Universitas Esa Unggul

Imran, M., Paidi, P., Aryani, K., & Lubis, A. A. (2021). Penggunaan Komunikasi Digital Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Kesehatan. The Source Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2). https://doi.org/10.36441/thesource.v3i2.678

Insani, C. N., Hidayat, D. R., & Zulfan, I. (2019). Pemanfaatan Insta Story Dalam Aktivitas Jurnalistik Oleh Majalah Gadis. Jurnal Kajian Jurnalisme, 3(1), 39. https://doi.org/10.24198/jkj.v3i1.22453

Karyaningsih, P. D. (2018). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Lubis, M. S. I. (2020). Komunikasi Antarpribadi Guru Dan Siswa Dalam Mencegah Kenakalan Remaja. Jurnal Network Media, 3(1). 95-101.

Manggi, D. M., & Mandaru, S. (2024). Strategi Komunikasi Paradox Coffee And Roastery Dalam Membangun Brand Image Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Netnografi Komunikasi, 2(2), 105-122.

Mayfield, A. 92008) What is Social Media?. London: iCrossing.

NapoleonCat. (2024). Instagram users in Indonesia. Retrieved January 4, (2025), from https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2024/01/

Nasrullah, R. (2014) Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenada Media Group.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial ;Prespektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nasucha, Y., Rohmadi, M., dan Wahyudi, A. B. (2014). Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Media Perkasa.

Ngabito, P. A., & Sugiadi, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopiria Pada Instagram Dalam Meningkatkan Brand EngagementJurnal Sosial-Politika, 3(2), 59-70.

Prasetyo, N. R., Zulkifli, M., & Rohmah, N. N. (2023). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Dakwah (Studi Kasus di Yayasan Baitul Maal PLN Melalui Akun Instagram @ybmpln). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 7(1). 31-37. https://doi.org/10.31764/jail.v7i1.19361

Pratiwi, D. R. D. (2020). Strategi Content Division Dalam Pengemasan Konten Media Sosial Pada Akun Instagram Kompascom. PANTAREI, 4(1).

Priatna, M. R. (2023). Strategi Kreatif Konten Kreator dalam Memproduksi Video di Akun YouTube ANGR. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyim Riau.

Rizky, M. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Little Tokyo dalam Meningkatkan Customer Engagement di Media Sosial Instagram dan Tiktok. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Indonesia.

Rizky, T. F., dan Putri, W. Y. (2023). Strategi Komunikasi Content Creator @ijoeel Menampilkan Kota Jakarta Melalui Akun Media Sosial Instagram. Inter Script: Journal of Creative Communication, 5(1).

Rogers E M. 1976. Komunikasi dan Pembangunan Perspektif Kritis. Terjemahan. Jakarta: LP3ES.

Setyawan, M. I. (2021). Strategi Produksi Konten Instagram Pada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Skripsi. Universitas Mercu Buana.

Straubhaar, J. D, and LaRose, R. (2002). Edisi, 3, Berilustrasi. Wadsworth/Thomson Learning.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiseman, R. L. (1995). Intercultural Communication Theory. California: StateUniversity, Fullerton

Wulandari, D., Arcana , N., & Kuncoro, K. S. (2022). Pengembangan Instagram Reels Pembelajaran Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus untuk SMP. UNION: Jurrnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.30738/union.v10i1.12138