Peran Associate Producer Dalam Menciptakan Keunikan Program Magazine Daily Lifestyle di Okezone TV

research
  • 12 Mar
  • 2025

Peran Associate Producer Dalam Menciptakan Keunikan Program Magazine Daily Lifestyle di Okezone TV

Okezone TV merupakan bagian dari MNC Channels yang menghadirkan berbagai program unggulan, salah satunya adalah Daily Lifestyle, sebuah program magazine yang membahas tren gaya hidup, kuliner, fashion, dan kesehatan. Program ini berhasil menarik perhatian penonton berkat keunikannya dalam konten dan penyajian. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari peran penting Associate Producer yang terlibat dalam proses produksi mulai dari tahap pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi. Associate Producer bertugas membantu produser menentukan tema, memilih narasumber tambahan, mengarahkan host, serta mengawasi proses pengeditan untuk menjaga kualitas dan konsistensi program. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Associate Producer sangat signifikan dalam menciptakan keunikan program, terutama melalui kreativitas dan koordinasi yang efektif dengan tim produksi. Pendekatan inovatif yang diterapkan selama proses produksi menjadi faktor kunci keberhasilan program Daily Lifestyle dalam mempertahankan daya tariknya di tengah persaingan industri televisi.

Unduhan

  • Full_Skripsi.pdf

    Full_text

    •   diunduh 24x | Ukuran 3,689 KB

 

  • Cover.pdf

    Cover

    •   diunduh 7x | Ukuran 115,935

REFERENSI

Ardian, R., Tangkas, M. S. M., Fadhilah, G. A., & Ayuningrum, N. G. (2024). EKSISTENSI PROGRAM KUIS TUL JAENAK DI JTV. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Komunikasi (SEMAKOM), 02(02).
Artanto, A. Y. A. S. A. (2021). KOMUNIKASI DIGITAL : ORAL VISUAL VIRTUAL (Edisi Pert). Anom Pustaka.
Artanto, Y. T., Syatir, & Suriyanto, A. D. (2023). Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Komunikasi (Edisi Pert). Deepublish.
Daniel Pratama. (2023). Peran Asisten Produser Dalam Produksi Berita di MNC News: Studi Kasus Pada Program MNC News Morning. Bina Sarana Informatika.
Ernawati, A. (2023). Menguasai Program Televisi: Panduan Awal Untuk Pemula (Edisi Pert). PT Nasya Expanding Management.
Fachruddin, A. (2016). Manajemen Pertelevisian Modern (Edisi Pert). CV Andi Offset.
Fachruddin, A. (2017). Dasar-Dasar Produksi Televisi: Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing (Edisi Keem). Kencana.
Fachruddin, A. (2019). JOURNALISM TODAY (Edisi pert). Kencana.
Hadi, I., Wahjudianata, M., & Indrayani, I. (2021). KOMUNIKASI MASSA (Edisi Pert). Qiara Media.
Hilliyanti, V. (2022). Analisis Proses Gatekeeping Pada Pemberitaan Akun Media Sosial Facebook Tuntejang. Institut Agama Islam Negeri (IAN) Curup.
Indra Wibawa. (2017). Produksi, Penyiaran & Pemasaran Acara Televisi. penakopihitam.
Irwanto, Kusumawati, Supriyadi, T. (2014). Broadcasting Televisi (Edisi Pert). Graha Cendekia.
Karren, & Patricia Robin. (2023). Komodifikasi Asisten Produser Dalam Produksi Konten Podcast Medio By KG Media. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i1.1741
Kpipusat. (n.d.). Hasil Indeks Kualitas Program Siaran TV Per Kategori Periode I Tahun 2024.https://www.instagram.com/p/C4E0SLSg9E/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==
Latief, Rusman, Utud, Y. (2017a). Menjadi Produser Televisi: Profesional Mendesain Program Televisi (Edisi Pert). Kencana.
Latief, Rusman, Utud, Y. (2017b). Siaran Televisi Non-Drama : Kreatif, Produksi, Public Relation dan Iklan (Edisi Kedu). Kencana.
Latief, R., & Utud, Y. (2017). Kreatif Siaran Televisi (Edisi Pert). PT Fajar Interpratama Mandiri.
Lestari, A. R., Basuki, U., & Sriyanto, Y. P. (2022). Analisis Peran Asisten Produser Di Temanggung Tv Menggunakan Role Theory. MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 38. https://doi.org/10.35842/massive.v2i1.64
McQuails, Denis & Deuze, M. (2020). McQUAIL’S MEDIA & MASS COMM THEORY (seventh). SAGE.
Morrisan, M. A. (2015). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana.
Morrisan, M. A. (2017). Dasar-Dasar Jurnalistik TV. Universitas Mercu Buana.
Morrisan, M. A. (2018). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelolah Radio dan Televisi (Edisi Keti). Kencana.
Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Solo: Cakra Books.
Nurudin. (2015). Pengantar komunikasi massa (Edisi ketu). Rajawali Pers.
Okezone TV. (2024). Program Daily Lifestyle.
Rivaldi, A. R. (2023). Strategi Produser Dalam Meningkatkan Kualitas Program Daily Lifestyle di Stasiun Televisi Berbayar MNC Channels. Bina Sarana Informatika.
Romadhoni, S., & Hairunnisa, S. E. W. (2018). Peran Berau Televisi Sebagai Media Humas Pemerintah Kabupaten Berau. Ilmu Komunikasi.
Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. PT Grasindo.
Rusman Latief. (2020). Panduan Produksi Acara Televisi Nondrama (Edisi Pert). Kencana.
Sanjaya, W. (2015). PENELITIAN PENDIDIKAN: Jenis, Metode dan Prosedur (Edisi Keti). Kencana.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Edisi Kedu). Alfabet.
Susanti, I. (2021). Seputar Naskah Televisi, Pengetahuan Dasar untuk Pemula (Edisi Pert). CV Budi Utama.
Syafrina, A. E. (2022). KOMUNIKASI MASSA (Edisi Pert). Mega Press Nusantara.
Wibowo, F. (2014). TEKNIK PRODUKSI PROGRAM TELEVISI (Edisi Keem). Pinus.
Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.