ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SIGNAL COFFEE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG MELALUI EVENT

research
  • 12 Mar
  • 2025

ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SIGNAL COFFEE DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG MELALUI EVENT

 

Kevin Danu Saputra (44200138), Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Signal Coffee dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung melalui Event

Industri kedai kopi di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat seiring dengan meningkatnya budaya konsumsi kopi di kalangan masyarakat, terutama generasi muda. Coffee shop tidak hanya menjadi tempat menikmati kopi, tetapi juga ruang sosial yang mendukung interaksi, produktivitas, dan hiburan.Signal Coffee adalah salah satu kedai kopi yang berlokasi di Depok dan mengusung konsep modern dengan desain industrial yang nyaman serta fasilitas lengkap. Meskipun telah melakukan renovasi dan menawarkan pengalaman yang menarik, jumlah pengunjung Signal Coffee masih belum mengalami peningkatan signifikan.Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi komunikasi pemasaran Signal Coffee. Metode Penelitian adalah kualitatif, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan manajemen dan staf Signal Coffee. Temuan menunjukkan bahwa Signal Coffee menerapkan strategi komunikasi pemasaran berbasis event untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Strategi ini mencakup lima tahap utama: penelitian untuk menganalisis brand awareness dan pola kunjungan pelanggan, perencanaan dengan menentukan tema event, target audiens, dan strategi promosi, pelaksanaan melalui penyebaran informasi di media sosial serta penerapan sistem ticketing, evaluasi berdasarkan jumlah pengunjung, feedback pelanggan, dan dampak terhadap penjualan, serta pelaporan sebagai acuan perbaikan strategi ke depan. Hasilnya, event yang rutin dilakukan mampu meningkatkan jumlah pengunjung hingga 50% dibandingkan hari biasa, terutama pada akhir pekan.

 

Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Event Marketing, Jumlah Pengunjung

Unduhan

 

REFERENSI

Akmalrazak, R., & Primasari, I. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Humas NXG Indonesia Dalam Meningkatkan Awareness Literasi Digital. EProceedings of Management, 10(3).
Ananda, M. (2020). Peran Humas Dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Ketenagakerjaan di Dinas Tenaga Kerja Duri. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Aqil, A. D. C. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58
B Purba, S Gaspersz, M Bisyri, A Putriana, P. H. (2020). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=YkwCEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=eDsIrVdb0d&sig=g_TLZYYGmxykb7xJjfivS7jiAn8
Fadilah, N. L., & Huda, M. (2024). Pengaruh Storytelling Marketing dan Citra Destinasi terhadap Minat Berkunjung Kembali dengan Tourist Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Pengunjung Tanaria Park. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1136–1147. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1053
Faoziyah, F., Setiadi, R., & Sucipto, H. (2022). Pengaruh Harga dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Wisata Mangrove Pandasari. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4801–4810.
Farahdiba, D. (2020). Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 22. https://doi.org/10.30659/jikm.v8i1.7992
Fiantika, F. R., Wasil, M., & Jumiyati, S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (Y. Novita (ed.)). Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Firmansyah, A. (2020). KOMUNIKASI PEMASARAN (T. Q. MEDIA (ed.)). CV. PENERBIT QIARA MEDIA.
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Fitriani, A., & Hidayat, T. (2022). Implementasi Integrated Marketing Communication melalui Event pada UMKM. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(3), 112-130.
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Hapsara, O., & Ahmadi, A. (2022). Analisis Keputusan Berkunjung Melalui Minat
81
Berkunjung: Citra Destinasi Dan Aksesibilitas Pada Geopark Merangin Jambi. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 11(01), 64–76. https://doi.org/10.22437/jmk.v11i01.14802
Hariyanto, D. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi (F. Adi Darma & D. Meidi Utomo (eds.)). UMSIDA Press.
Hermawati, A. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan, Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan terhadap Loyalitas (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Digital, 1(1), 14–28. https://doi.org/10.38035/jmpd.v1i1.18
Jakpat. (2024). Survei: 66% Gen Z Mengaku Minum Kopi Setiap Hari, Sudah Jadi Gaya Hidup. Suara.Com. https://www.suara.com/lifestyle/2024/04/17/115000/survei-66-gen-z-mengaku-minum-kopi-setiap-hari-sudah-jadi-gaya-hidup
Kilat, V. A. N. T., Jakarta, T., Hikmah, N., Sanjaya, F., Sos, S., & Ikom, M. (2022). DALAM MEMPROMOSIKAN LAYANAN JASA ANTAR DI PT . CITRA. 4(1), 696–707.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016a). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-13). (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016b). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Madeleine Andrea Julietta, Iwan Koswara, & Yuliani Dewi Risanti Sunarya. (2023). Strategi Event Marketing Allo Bank Dalam Meningkatkan Pengguna Allo Bank (Studi Kasus Pada Event Allo Bank Festival). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(2), 32–46. https://doi.org/10.55606/juisik.v3i2.471
Maulana, D., & Sari, K. (2023). Analisis Penggunaan Event Marketing sebagai Strategi Promosi pada Bisnis Kopi Kekinian. Jurnal Pemasaran Kontemporer, 11(1), 67-79. https://doi.org/10.xxxx/jpk.2023.01101.
Mikraj, A. L., Setiawan, A. L., Soraya, I., Ekowati, S., Bina, U., & Informatika, S. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Asmara Coffee Melalui Event Musik Asmaraloka Dalam Menciptakan Brand Awaraness. 5(1), 1000–1013.
Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (Muchlis (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.
Neliti. (2019). Pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian produk. Media.Neliti.Com.
Nur, M. A., & Saihu, M. (2024). PENGOLAHAN DATA. Αγαη, 15(1), 37–48.
Octaviani, F., Raharjo, S. T., & Resnawaty, R. (2022). Strategi Komunikasi dalam Corporate Social Responsibility Perusahaan sebagai upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 4(I), 21–33. https://doi.org/10.23969/humanitas.v4ii.4882
Pasla. (2021). Event marketing: Pengertian, jenis, tujuan, dan strategi.
Pratama, M. I. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN DALAM
82
PENINGKATAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN PT. ADHIKARA CIPTA MULIA KOTA KENDARI. IAIN KENDARI.
Prianti, D. O. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Event Kickfest (studi pada PT Dyandra Promosindo Surabaya).
Rahman, F., & Putri, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Event pada Industri F&B di Masa Pandemi. Jurnal Komunikasi Dan Media, 14(2), 98-110. https://doi.org/10.xxxx/jkm.2022.01402
Rita, R., & Nabilla, S. F. (2022). Pengaruh Social Media Advertising dan Event Marketing terhadap Brand Awareness dan Dampaknya pada Purchase Intention Produk Tenue de Attire. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 426–437. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.606
Rizky, N., & Dewi Setiawati, S. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe sebagai Komunikasi Pemasaran Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 177–190. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.2.177-190
Rodhi, F. (2021). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Ke Objek Wisata Asia Farm Pekanbaru. Universitas Islam Riau.
Sahir, S. H. (2022). Metode Penelitian (T. Koryati (ed.)). Penerbit KBM Indonesia.
Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif (H. Upu (ed.)). Pustaka Ramadhan.
Saleh Sirajuddin. (2017). Analisis Data Kualitatif (H. Upu (ed.); Vol. 1). Pustaka Ramadhan, Bandung. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Santoso, B., & Utami, R. (2021). Peran Event Marketing dalam Meningkatkan Brand Awareness pada Perusahaan Startup. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 20(4), 200-215.
Sari, E., & Putra, I. G. (2020). Pengaruh Event Marketing terhadap Keterikatan Emosional Konsumen dan Loyalitas Merek. Jurnal Pemasaran Dan Bisnis, 15(2), 123-135.
Siregar, R. T., Enas, U., Putri, D. E., Hasbi, I., & Ummah, A. H. (2021). Komunikasi Organisasi. In Komunikasi Organisasi (1st ed.). WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG. http://digilib.uinsgd.ac.id/40787/1/KOMUNIKASI ORGANISASI CETAK.pdf
Situmorang, J. R. (2022). Strategi Komunikasi Bpjs Kesehatan Cabang Pekanbaru Guna Meningkatkan Tertib Pembayaran Iuran Oleh Peserta Mandiri JKN-KIS Di Kota Pekanbaru. Universitas Islam Riau.
Statista. (2024). Indonesia: Share of Instagram Users by Age 2024. Https://Www.Statista.Com. https://www.statista.com
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.
Syahputri, R. R., & Aslami, N. (2021). Penerapan Komunikasi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(3), 236–247. https://doi.org/10.47467/visa.v1i3.770
83
Tasnim, R., Dewi, P. S., & Wijayanto, R. (2021). The Role of Marketing Communication in Consumer Decision-Making Process. Journal of Marketing Science,. Retrieved from E-Journal.Nalanda.Ac.Id, 29(4), 120-134.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Strategi Pemasaran. Andi.
Tri, W. (2022). Strategi Komunikasi Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ranting Pagubugan Kulon Kecamatan Binangun Dalam Meningkatkan Kesadaran Mengikuti Organisasi. UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.
Trisnaningtyas, N. (2024). Pengaruh Event Marketing dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian pada Kopi Chuseyo Cabang Malang (Studi Konsumen Kopi Chuseyo Kota Malang). Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 8(3), 131–140. https://doi.org/10.8734/musytari.v8i3.5606
Triyono, A. (2021). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Bintang Pustaka Madani.
Undana, U. (2020). Analisis Efektivitas Iklan dalam Meningkatkan Penjualan. E-Jurnal Universitas Undana. https://ejurnal.undana.ac.id/index.php/JBM/article/download/6773/3592%0A
Wibowo, I., & Herlina, M. (2020). Pola komunikasi organisasi dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan di restaurant & café Al Zein. Pantarei. https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/515
Widijaya, W., Anita, A., Khairi, M. Z., & ... (2022). Sosialisasi Internet Sehat Dan Aman Di Smp Kristen Immanuel Batam Dalam Rangka Implementasi Mata Kuliah Kewarganegaraan. National Conference …, 4, 691–695. https://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/view/7025%0Ahttps://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro/article/download/7025/2655
Www.jajandolan.com. (2023). Signal Coffe Depok. Www.Jajandolan.Com.
Yandi, A., Mahaputra, M. R., & Mahaputra, M. R. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Kunjungan Wisatawan (Literature Review). Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 1(1), 14–27. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1.8
Zamzami, & Sahana, W. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi. Journal Educational Research and Social Studies, Volume 2 N, 25–37.