Peran Marketing Public Relations Dalam Mempromosikan Produk di Marketplace Shopee Pada Akun MJE Online Shop

research
  • 11 Mar
  • 2025

Peran Marketing Public Relations Dalam Mempromosikan Produk di Marketplace Shopee Pada Akun MJE Online Shop

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman yang sangat pesat, para penjual harus mengikuti perkembangan digital internet dalam proses penjualan berbasis online, Salah satunya adalah marketplace shopee yang digunakan dalam menjual produk secara online. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran marketing public relations dalam membangun komunikasi yang efektif guna mempromosikan produk di marketplace shopee pada akun mje online shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara kepada 3 informan. Hasil penelitian untuk menguji keabsahan data yang telah di peroleh dengan menggunakan teori 4P dan AIDA bahwa peran marketing public relations dalam promosi diskon harga coret menunjukan adanya korelasi positif yang kuat antara marketing public relations dan promosi. Promosi menjadi daya tarik karena harga yang lebih ekonomis serta kenyamanan bagi konsumen dalam membeli kebutuhan secara terjangkau. Penemuan ini mengindikasikan bahwa peran marketing public relations dapat menjadi alat yang dapat diterapkan bagi penjual di marketplace shopee untuk meningkatkan daya saing dan penjualan produk mereka.

Unduhan

 

REFERENSI

Afnan, D., & Fathurrohman, F. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Jurnal Soshum Insentif, 8–17. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.199

Asiah, N. N. (2021). Gaya Komunikasi Selebgram Anggarita Dalam Product Endorsement Di Instagram. Salemba Empat, 4809. http://repository.uin-suska.ac.id/53582/

Coco Solution Article about AIDA Model. (n.d.).

Dewi, R. P., & Hidayah, S. N. (2019). Metode Study Kasus. Skripsi, 19.

donni juni priansa. (2017). komunikasi pemasaran terpadu. cv pustaka setia.

Fajar Awaludin, M., Dwi, B. M., & Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, U. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Online Di Bukalapak Menggunakan Model Aida. PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(2016), 1211–1225.

Firman, M. K. (2024). Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Upnormal Coffee Roasters Rawamangun Jakarta. 5, 1–6.

Ilmu, J., Dan, K., Politik, S., & Suherkiwando, M. (2024). Analis Media Promosi Di Instagram Pada Pohaci Mocktail Bar. 02(02), 167–179.

kusumaningsih sabtarini. (2021). Buku Panduan Marketplace. cv global aksara pres.

Lejab, T. B., Komunikasi, F., Bahasa, D., Bina, U., Informatika, S., & Indah, H. (2024). Global komunika. 7(1), 20–26.

Manado, P. N., & Politeknik, J. R. (2023). PENJUALAN PADA USAHA ACHA OLSHOP. 5(0431), 77–91.

Mulyasari, R. (2020). Peranan Marketing Public Relations Happy Cocreative Dalam Kegiatan Pemasaran Digital Di Instagram. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253. http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3508

nurlan fausiah. (2019). metodologi penelitian kuantitatif. cv pilar nusantara.

Relation, M. P., & Relation, P. (2024). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATION PT . KERETA API INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PENGGUNA KAIPAY Nur Fatkhur Rahman Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , Indonesia Didik Hariyanto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , Indonesia Abstrak dari sistem kebersihan t. 18(4), 2533–2547.

Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.

Rosnawiyah, R., & Abadiyah, R. (2024). Perilaku Pembelian Milenial Ulasan Ulasan Shopee dan Pemasaran ViralRosnawiyah, R., & Abadiyah, R. (2024). Perilaku Pembelian Milenial Ulasan Ulasan Shopee dan Pemasaran Viral. Jurnal Administrasi Bisnis (JABis), 22(1), 47. https://doi.org/10.31315/jurnal. Jurnal Administrasi Bisnis (JABis), 22(1), 47. https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i1.12736

Sari, T. W., & Agustrijanto. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Alutsista pada PT Bhinneka Dwi Persada. KALBISIANA : Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 8(2), 2228–2240.

Simon, M. K., & Alouini, M. (2021). Types of Communication. Digital Communication over Fading Channels, 2, 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3

 

Afnan, D., & Fathurrohman, F. (2020). Kegiatan Marketing Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan. Jurnal Soshum Insentif, 8–17. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.199

 

Asiah, N. N. (2021). Gaya Komunikasi Selebgram Anggarita Dalam Product Endorsement Di Instagram. Salemba Empat, 4809. http://repository.uin-suska.ac.id/53582/

 

Coco Solution Article about AIDA Model. (n.d.).

 

Dewi, R. P., & Hidayah, S. N. (2019). Metode Study Kasus. Skripsi, 19.

 

donni juni priansa. (2017). komunikasi pemasaran terpadu. cv pustaka setia.

 

Fajar Awaludin, M., Dwi, B. M., & Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, U. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Online Di Bukalapak Menggunakan Model Aida. PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(2016), 1211–1225.

 

Firman, M. K. (2024). Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Upnormal Coffee Roasters Rawamangun Jakarta. 5, 1–6.

Ilmu, J., Dan, K., Politik, S., & Suherkiwando, M. (2024). Analis Media Promosi Di Instagram Pada Pohaci Mocktail Bar. 02(02), 167–179.

 

kusumaningsih sabtarini. (2021). Buku Panduan Marketplace. cv global aksara pres.

 

Lejab, T. B., Komunikasi, F., Bahasa, D., Bina, U., Informatika, S., & Indah, H. (2024). Global komunika. 7(1), 20–26.

 

Manado, P. N., & Politeknik, J. R. (2023). PENJUALAN PADA USAHA ACHA OLSHOP. 5(0431), 77–91.

 

Mulyasari, R. (2020). Peranan Marketing Public Relations Happy Cocreative Dalam Kegiatan Pemasaran Digital Di Instagram. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253. http://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/3508

 

nurlan fausiah. (2019). metodologi penelitian kuantitatif. cv pilar nusantara.

 

Relation, M. P., & Relation, P. (2024). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATION PT . KERETA API INDONESIA DALAM MENINGKATKAN PENGGUNA KAIPAY Nur Fatkhur Rahman Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , Indonesia Didik Hariyanto Universitas Muhammadiyah Sidoarjo , Indonesia Abstrak dari sistem kebersihan t. 18(4), 2533–2547.

 

Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.

 

Rosnawiyah, R., & Abadiyah, R. (2024). Perilaku Pembelian Milenial Ulasan Ulasan Shopee dan Pemasaran ViralRosnawiyah, R., & Abadiyah, R. (2024). Perilaku Pembelian Milenial Ulasan Ulasan Shopee dan Pemasaran Viral. Jurnal Administrasi Bisnis (JABis), 22(1), 47. https://doi.org/10.31315/jurnal. Jurnal Administrasi Bisnis (JABis), 22(1), 47. https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i1.12736

 

Sari, T. W., & Agustrijanto. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Alutsista pada PT Bhinneka Dwi Persada. KALBISIANA : Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis, 8(2), 2228–2240.

 

Simon, M. K., & Alouini, M. (2021). Types of Communication. Digital Communication over Fading Channels, 2, 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3

Suryanto. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. cv pustaka setia.

Topan, D. A., & Widiasanty, G. (2022). Strategi Marketing Public Relations Urban Republic Dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1755

Triesia, D., M. Taufik Roseno, Yudha Pratomo, & Nanda Syukerti. (2022). Aplikasi Pendaftaran Pasien Pada Klinik Bidan Dewi Ciselia Palembang. Klik - Jurnal Ilmu Komputer, 3(1), 67–75. https://doi.org/10.56869/klik.v3i1.355

Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI