UMKM merupakan salah satu jenis usaha kecil yang sangat berperan dalam peningkatan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat. Perekonomian digital mengubah pola bisnis, dari yang semula dilakukan secara manual berubah menjadi secara otomatis. Pelaku bisnis bisa mengandalkan sistem untuk menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak digitalisasi terhadap proses bisnis pada UMKM. Bagaimana digitalisasi mengubah proses bisnis tradisional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah para pelaku UMKM di pasar Mencos, dan sampel penelitian ini berjumlah 60 orang. Adapun Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu sampling incidental dimana pengambilan anggota sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, menyebar kusioner dan wawancara. Berdasarkan hasil pengolahan data mencegah adanya uang palsu yang digunakan dalam proses transaksi dengan skor 286 dan nilai 95,3, Maraknya penyebaran uang palsu, penggunaan QRIS dapat mencegah terjadi penipuan kepada pelaku UMKM, hal ini menjadi salah satu solusi supaya terhindar dari kejahatan tersebut. QRIS diperkenalkan karena tujuannya untuk memberikan keyakinan keamanan dan kemudahan kepada masyarakat sebagai individu maupun pengusaha, termasuk usaha kecil dan lainnya, untuk dapat bertransaksi dengan aman, termasuk mengelola keuangannya dengan baik serta diharapkan mampu mengatasi persoalan pengelolaan keuangan yang dihadapi masyarakat khususnya UMKM. Sedangkan nilai terendah terdapat pada indikator Pengenaan biaya penggunaan QRIS yang mengurangi pemasukan dana usaha UMKM dengan skor 180 dan nilai 60, Bank Indonesia telah membebaskan biaya transaksi atau merchant discount rate (MDR) dengan teknologi QRIS bagi pelaku UMKM. Sehingga para pelaku UMKM tidak terkena potongan biaya transaksi menggunakan metode pembayaran QRIS. Jika tarif yang dikenakan untuk penggunaan QRIS terlalu tinggi, UMKM mungkin menghadapi beban biaya yang signifikan Dari penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa dampak digitalisasi terhadap proses bisnis UMKM di pasar Mencos, para pelaku UMKM mendapat manfaat dari tranformasi digitalisasi. Dan juga masih mengalami hambatan dalam pemanfaatan teknologi digital. Integrasi pembayaran QRIS memiliki potensi besar sebagai alat untuk meningkatkan strategi digital marketing UMKM. Setiap transaksi yang dilakukan melalui QRIS pada dasarnya dapat menghasilkan data yang memiliki value, seperti jumlah transaksi, nilai transaksi, dan preferensi produk yang sedang ramai dibeli. Data ini dapat digunakan untuk menganalisis perilaku konsumen dan membuat strategi digital marketing yang lebih efektif.
Dr. Eisha Maghfiruha Rachbini, S.E., M.Sc. 2023. “Inklusi Digitalisasi Dan Keuangan UMKM.”
Hisnul, Pompong Budi Setiadi, and Sri Rahayu. 2022. “UMKM DIMASA PANDEMI COVID 19 BERDAMPAK PADA TEKNOLOGY DAN DIGITALISASI PUSAT OLEH OLEH RAHMA DI DESA KENDALREJO.”
Institute for Development of Economics and Finance. 2024. PERAN PLATFORM DIGITAL TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM DI INDONESIA.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. 2021. UMKM Menjadi Pilar Penting Dalam Perekonomian Indonesia. www.ekon.go.id.
Muallif. 2024. “Digitalisasi UMKM: Tantangan, Manfaat, Langkah Sukses, Dan Studi Kasus Di Era Digital.”
Munthe Asmaira, Yarham M, and Siregar Ridwan. 2023. “Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Perekonomian Indonesia.” 2(3).
Ni Kadek Sudastri. 2022. “Apa Itu Digitalisasi - Definisi, Tujuan, Dan 7 Contoh Penggunaannya Setelah Era Pandemi COVID-19.”
Prof. Dr. Sugiyono. 2011. “Metode Penelitian Pendidikan.”
Rosdya. 2021. “Memahami Pengertian Ekonomi Digital, Manfaat, Dan Peluang Bisnisnya.”
Srijani, Ninik. 2020. PERAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.
Thomas H. Davenport. 1993. Process Innovation.