PENGARUH GAYA KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK

research
  • 11 Mar
  • 2025

PENGARUH GAYA KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK

Penelitian ini menganalisis pengaruh gaya komunikasi orang tua—otoriter, permisif, dan asertif—terhadap

perkembangan komunikasi anak usia 6-12 tahun. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dengan populasi 100

responden di wilayah urban. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstandar berbasis skala Likert dan dianalisis

menggunakan uji statistik untuk mengukur validitas serta reliabilitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan

hubungan signifikan antara gaya komunikasi orang tua dan perkembangan komunikasi anak, dengan nilai R sebesar

0,804 dan R² sebesar 0,647, yang berarti 64,7% variasi perkembangan komunikasi anak dapat dijelaskan oleh gaya

komunikasi orang tua. Gaya asertif memiliki pengaruh positif tertinggi (Beta 0,716; p < 0,001), sementara gaya agresif

memberikan pengaruh negatif (Beta -0,222; p = 0,006), dan gaya permisif memiliki pengaruh positif namun lebih

kecil (Beta 0,168; p = 0,016). Temuan ini memberikan wawasan praktis untuk mendukung gaya komunikasi asertif

dalam keluarga guna mengoptimalkan perkembangan komunikasi anak.

Kata Kunci: Gaya komunikasi, perkembangan komunikasi anak, gaya komunikasi orang tua.

ABSTRAK

This study analyzes the impact of parenting communication styles—authoritative, permissive, and assertive—on the

communication development of children aged 6-12. A descriptive quantitative approach was used with a population

of 100 respondents from urban areas. Data were collected using a standardized Likert scale questionnaire and

analyzed with statistical tests to measure the validity and reliability of the instrument. The results showed a significant

relationship between parenting communication styles and children's communication development, with an R value of

0.804 and R² of 0.647, meaning that 64.7% of the variation in children's communication development can be explained

by parenting communication styles. The assertive style had the highest positive influence (Beta 0.716; p < 0.001),

while the aggressive style had a negative impact (Beta -0.222; p = 0.006), and the permissive style showed a smaller

positive effect (Beta 0.168; p = 0.016). These findings provide practical insights to support assertive communication

styles in families to optimize children's communication development.

Keywords: Communication style, children's communication development, parenting communication styles.

Unduhan

 

REFERENSI

REFERENSI

Sari, C. R., & Rahmasari, D. (2022). Strategi

Komunikasi Orangtua Pada Anak

Autis. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1),

171-179.

Alfasiri, M. I. (2024). GAYA KOMUNIKASI

ORANG TUA KEPADA ANAK DALAM

MENANAMKAN SALAT LIMA WAKTU

DI DUSUN PADANG MERBAU TIMUR

DESA KOTO PERAMBAHAN

RIAU. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan

Dakwah, 7(4), 91-100.

Yulianti, Y., Bulqis, P., & Rizki, P. T. (2023).

Dampak Pola Komunikasi Orang Tua

Otoriter Terhadap Efikasi Diri

Anak. Innovative: Journal Of Social Science

Research, 3(2), 3343-3349.

Reni, D. H., Usman, C. I., & Solina, W. (2021).

Pengaruh Komunikasi Non-Verbal Orang

Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak

di TK Darul Hikmah Kota

Padang. SELING: Jurnal Program Studi

PGRA, 7(2), 226-235.

Yuliani, R., & Pujiono, A. (2022). Peran gaya

komunikasi orang tua dalam membentuk

kompetensi sosial anak. Skenoo: Jurnal

Teologi dan Pendidikan Agama

Kristen, 2(2), 113-124.Setiadi, F. M., Maryati, S., & Mubharokkh, A. S.

(2024). Analisis dampak penggunaan

gadget terhadap perkembangan psikologis

dan keagamaan anak usia dini (TK dan SD)

dalam perspektif pendidikan agama

Islam. Muaddib: Islamic Education

Journal, 7(1), 1-11.

Milyane, T. M., Umiyati, H., Putri, D., Juliastuti,

Akib, S., Daud, R. F., Dawami, Rosemary,

R., Athalarik, F. M., Adiarsi, G. R.,

Puspitasari, M., Andi, Ramadhani, M. M., &

Rochmansyah, E. (2022). Pengantar ilmu

komunikasi. Widina Bhakti Persada

Bandung.

https://repository.penerbitwidina.com/medi

a/publications/557082-pengantar-ilmu-

komunikasi-713fd86b.pdf

Herlina, S., Boer, R. F., Fasadena, N. S., Kede,

A., Kahfi, M. A., Ganiem, L. M., Putri, S.

S., Hasibuan, N., Subchan, N., &

Deryansyah, A. D. (2023). Pengantar ilmu

komunikasi. CV Basya Media Utama.

https://repos.dianhusada.ac.id/475/1/ILMU

%20KOMUNIKASI%20REVISE.pdf

Mas, S. R., & Haris, I. (2020). Komunikasi dalam

organisasi (teori dan aplikasi). UNG Press

Gorontalo.

https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/

5615/Sitti-Roskina-Mas-Buku-

Komunikasi-Dalam-Organisasi-Teori-dan-

Aplikasi.pdf

Pane, M. M., Dida, S., & Sjoraida, D. F. (2023).

Pengaruh Gaya Komunikasi Pemimpin

terhadap Stress Pegawai. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 7(3), 28577-28585.

Denia, J. (2022). Gaya Komunikasi

Kepemimpinan Kepala Bidang Sdm Dan

Logistik Terhadap Kinerja Karyawan Dana

Pensiun Telkom Bandung (Doctoral

dissertation, Universitas Komputer

Indonesia).

Wahyuni, S., Sukatin, S., Fadilah, I. N., & Astri,

W. (2022). Gaya Kepemimpinan Otoriter

(Otokratis) Dalam Manajemen

Pendidikan. Educational Leadership:

Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 123-

130.

Sanjaya, V., & Febrian, W. D. (2024). Pengaruh

disiplin kerja, lingkungan kerja non fisik

dan gaya kepemimpinan otoriter terhadap

kinerja karyawan (Studi Kasus Pada

Koperasi Karyawan Cardig International

Group). Jurnal Manajemen Dan Bisnis

Madani, 6(1).

Ayu, Q., & Sinduwiatmo, K. (2024). Pola

Komunikasi Orang Tua dan EQ Remaja di

Desa Wedoro Klurak. CONVERSE Journal

Communication Science, 1(2), 111-124.

Desryanto, P. N., & Endah, S. (2024). Pola

Komunikasi Dan Pengetahuan Gizi Ibu Dan

Anak Dalam Praktiknya Di Desa Kedung

Pengawas. Jurnal Ilmiah Wahana

Pendidikan, 10(3), 651-657.

Hadyanti, B. P., & Widodo, Y. H. (2022). Pola

asuh permisif dan perilaku konsumtif pada

mahasiswa bimbingan dan

konseling. Bulletin of Counseling and

Psychotherapy, 4(2), 329-335.

Resti, N., Sardin, S., & Utami, N. F. (2023).

Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap

Pelaku Tawuran Pelajar SMA di

Sukabumi. Kajian Sosiologi, 12(1), 1-6.

Yana, S., & Syamsuri, A. R. (2022). Gaya

kepemimpinan demokratis dan komunikasi

organisasi terhadap kepuasan kerja

karyawan pt. airindo sentra medika cabang

medan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 2(1), 67-

78.

Yuliani, R., & Pujiono, A. (2022). Peran gaya

komunikasi orang tua dalam membentuk

kompetensi sosial anak. Skenoo: Jurnal

Teologi dan Pendidikan Agama

Kristen, 2(2), 113-124.

Murtiadi, M., Wulandari, Y. F., Bastian, Y.,

Caesariano, L., & Hikmawan, S. (2021).

Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui

Gaya Komunikasi Manajer Restoran

Nanny’s Pavillon Mall Cipinang

Indah. Jurnal Media Penyiaran, 1(2), 102-

107.

Sjarlis, S., & Djalante, A. (2023). PENGARUH

GAYA KEPEMIMPINAN

DEMOKRATIS, KOMUNIKASIORGANISASI DAN LINGKUNGAN

KERJA TERHADAP KINERJA

PEGAWAI. Gendhera Buana Jurnal

(GBJ), 1(2), 168-179.

Maudyta, D., Aslamiah, A., & Wahdini, E.

(2023). Pengaruh tingkat pendidikan dan

perhatian orang tua pada pola komunikasi

terhadap kemampuan berbicara anak. Jurnal

Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia

Dini, 7(2), 1302-1311.

Sujiwo, R. P. (2022). Gaya Komunikasi Orang

Tua dalam Pengasuhan Generasi Alpha di

BKB Mawar Larangan Kota

Cirebon. Pancanaka, 3(1), 517877.

Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang

Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak

Yang Berakhlakul Karimah. Connected:

Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.

Aulia, M. P., & Ritonga, S. (2024). Pola

Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan

Anak Dalam Memahami Bahaya Gadget

(Studi Kasus Desa Bandar Khalipah

Kecamatan Percut Sei Tuan). Hulondalo

Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu

Komunikasi, 3(2), 71-83.

Nathanael, G. K. (2024). Pengaruh Pola

Komunikasi Orang Tua Dan Anak Terhadap

Pembentukan Perilaku

Anak. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah

Kajian Politik Lokal dan

Pembangunan, 10(3).

Zulfikar, R., Sari, F. P., Fatmayati, A., Wandini,

K., Haryati, T., Jumini, S., Nurjanah, N.,

Annisa, S., Kusumawardhani, O. B.,

Mutiah, R., Linggi, A. I., & Fadilah, H.

(2024). Metode penelitian kuantitatif (teori,

metode dan praktik). Widina Media Utama.

https://repository.penerbitwidina.com/medi

a/publications/567988-metode-penelitian-

kuantitatif-teori-meto-21bd971e.pdf

Irawati, D., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2021).

Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis,

dan Konstruktivisme dalam Perspektif

“Epistemologi Islam”. JIIP-Jurnal Ilmiah

Ilmu Pendidikan, 4(8), 870-880.

Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian

kualitatif. CV Syakir Media Press.

https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/

8793/Buku-Metode-Penelitian-

Kualitatif.pdf

Roflin, E., & Liberty, I. A. (2021). Populasi,

Sampel, Variabel dalam penelitian

kedokteran. Penerbit NEM.

https://books.google.co.id/books?id=ISYrE

AAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v

=onepage&q&f=false

Sanurdi, S. (2021). Kualitas pelayanan Islami dan

kepuasan konsumen: Teori dan praktik.

Sanabil.

https://repository.uinmataram.ac.id/3018/1/

KUALITAS%20PELAYANAN%20ISLA

MI%20DAN%20KEPUASAN%20KONS

UMEN-1.pdf

Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi,

R., Khairunnisa, K., Lestari, S. M. P.,

Devrianya, A., Wijayanti, D. R.,

Hidayat, A., Dalfian, D., Nurcahyati, S.,

Sjahriani, T., Armi, A., Widya, N., &

Rogayah, R. (2023). Buku ajar metode

penelitian. Pangkalpinang: CV Science

Techno Direct.

https://repository.binawan.ac.id/3303/1/

Buku%20Ajar%20Metode%20Penelitia

n%20Full_compressed%20Highlighted.