Penelitian ini menganalisis pengaruh gaya komunikasi orang tua—otoriter, permisif, dan asertif—terhadap
perkembangan komunikasi anak usia 6-12 tahun. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dengan populasi 100
responden di wilayah urban. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstandar berbasis skala Likert dan dianalisis
menggunakan uji statistik untuk mengukur validitas serta reliabilitas instrumen. Hasil penelitian menunjukkan
hubungan signifikan antara gaya komunikasi orang tua dan perkembangan komunikasi anak, dengan nilai R sebesar
0,804 dan R² sebesar 0,647, yang berarti 64,7% variasi perkembangan komunikasi anak dapat dijelaskan oleh gaya
komunikasi orang tua. Gaya asertif memiliki pengaruh positif tertinggi (Beta 0,716; p < 0,001), sementara gaya agresif
memberikan pengaruh negatif (Beta -0,222; p = 0,006), dan gaya permisif memiliki pengaruh positif namun lebih
kecil (Beta 0,168; p = 0,016). Temuan ini memberikan wawasan praktis untuk mendukung gaya komunikasi asertif
dalam keluarga guna mengoptimalkan perkembangan komunikasi anak.
Kata Kunci: Gaya komunikasi, perkembangan komunikasi anak, gaya komunikasi orang tua.
ABSTRAK
This study analyzes the impact of parenting communication styles—authoritative, permissive, and assertive—on the
communication development of children aged 6-12. A descriptive quantitative approach was used with a population
of 100 respondents from urban areas. Data were collected using a standardized Likert scale questionnaire and
analyzed with statistical tests to measure the validity and reliability of the instrument. The results showed a significant
relationship between parenting communication styles and children's communication development, with an R value of
0.804 and R² of 0.647, meaning that 64.7% of the variation in children's communication development can be explained
by parenting communication styles. The assertive style had the highest positive influence (Beta 0.716; p < 0.001),
while the aggressive style had a negative impact (Beta -0.222; p = 0.006), and the permissive style showed a smaller
positive effect (Beta 0.168; p = 0.016). These findings provide practical insights to support assertive communication
styles in families to optimize children's communication development.
Keywords: Communication style, children's communication development, parenting communication styles.
Skripsi
REFERENSI
Sari, C. R., & Rahmasari, D. (2022). Strategi
Komunikasi Orangtua Pada Anak
Autis. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1),
171-179.
Alfasiri, M. I. (2024). GAYA KOMUNIKASI
ORANG TUA KEPADA ANAK DALAM
MENANAMKAN SALAT LIMA WAKTU
DI DUSUN PADANG MERBAU TIMUR
DESA KOTO PERAMBAHAN
RIAU. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan
Dakwah, 7(4), 91-100.
Yulianti, Y., Bulqis, P., & Rizki, P. T. (2023).
Dampak Pola Komunikasi Orang Tua
Otoriter Terhadap Efikasi Diri
Anak. Innovative: Journal Of Social Science
Research, 3(2), 3343-3349.
Reni, D. H., Usman, C. I., & Solina, W. (2021).
Pengaruh Komunikasi Non-Verbal Orang
Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak
di TK Darul Hikmah Kota
Padang. SELING: Jurnal Program Studi
PGRA, 7(2), 226-235.
Yuliani, R., & Pujiono, A. (2022). Peran gaya
komunikasi orang tua dalam membentuk
kompetensi sosial anak. Skenoo: Jurnal
Teologi dan Pendidikan Agama
Kristen, 2(2), 113-124.Setiadi, F. M., Maryati, S., & Mubharokkh, A. S.
(2024). Analisis dampak penggunaan
gadget terhadap perkembangan psikologis
dan keagamaan anak usia dini (TK dan SD)
dalam perspektif pendidikan agama
Islam. Muaddib: Islamic Education
Journal, 7(1), 1-11.
Milyane, T. M., Umiyati, H., Putri, D., Juliastuti,
Akib, S., Daud, R. F., Dawami, Rosemary,
R., Athalarik, F. M., Adiarsi, G. R.,
Puspitasari, M., Andi, Ramadhani, M. M., &
Rochmansyah, E. (2022). Pengantar ilmu
komunikasi. Widina Bhakti Persada
Bandung.
https://repository.penerbitwidina.com/medi
a/publications/557082-pengantar-ilmu-
komunikasi-713fd86b.pdf
Herlina, S., Boer, R. F., Fasadena, N. S., Kede,
A., Kahfi, M. A., Ganiem, L. M., Putri, S.
S., Hasibuan, N., Subchan, N., &
Deryansyah, A. D. (2023). Pengantar ilmu
komunikasi. CV Basya Media Utama.
https://repos.dianhusada.ac.id/475/1/ILMU
%20KOMUNIKASI%20REVISE.pdf
Mas, S. R., & Haris, I. (2020). Komunikasi dalam
organisasi (teori dan aplikasi). UNG Press
Gorontalo.
https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/
5615/Sitti-Roskina-Mas-Buku-
Komunikasi-Dalam-Organisasi-Teori-dan-
Aplikasi.pdf
Pane, M. M., Dida, S., & Sjoraida, D. F. (2023).
Pengaruh Gaya Komunikasi Pemimpin
terhadap Stress Pegawai. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 7(3), 28577-28585.
Denia, J. (2022). Gaya Komunikasi
Kepemimpinan Kepala Bidang Sdm Dan
Logistik Terhadap Kinerja Karyawan Dana
Pensiun Telkom Bandung (Doctoral
dissertation, Universitas Komputer
Indonesia).
Wahyuni, S., Sukatin, S., Fadilah, I. N., & Astri,
W. (2022). Gaya Kepemimpinan Otoriter
(Otokratis) Dalam Manajemen
Pendidikan. Educational Leadership:
Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 123-
130.
Sanjaya, V., & Febrian, W. D. (2024). Pengaruh
disiplin kerja, lingkungan kerja non fisik
dan gaya kepemimpinan otoriter terhadap
kinerja karyawan (Studi Kasus Pada
Koperasi Karyawan Cardig International
Group). Jurnal Manajemen Dan Bisnis
Madani, 6(1).
Ayu, Q., & Sinduwiatmo, K. (2024). Pola
Komunikasi Orang Tua dan EQ Remaja di
Desa Wedoro Klurak. CONVERSE Journal
Communication Science, 1(2), 111-124.
Desryanto, P. N., & Endah, S. (2024). Pola
Komunikasi Dan Pengetahuan Gizi Ibu Dan
Anak Dalam Praktiknya Di Desa Kedung
Pengawas. Jurnal Ilmiah Wahana
Pendidikan, 10(3), 651-657.
Hadyanti, B. P., & Widodo, Y. H. (2022). Pola
asuh permisif dan perilaku konsumtif pada
mahasiswa bimbingan dan
konseling. Bulletin of Counseling and
Psychotherapy, 4(2), 329-335.
Resti, N., Sardin, S., & Utami, N. F. (2023).
Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap
Pelaku Tawuran Pelajar SMA di
Sukabumi. Kajian Sosiologi, 12(1), 1-6.
Yana, S., & Syamsuri, A. R. (2022). Gaya
kepemimpinan demokratis dan komunikasi
organisasi terhadap kepuasan kerja
karyawan pt. airindo sentra medika cabang
medan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 2(1), 67-
78.
Yuliani, R., & Pujiono, A. (2022). Peran gaya
komunikasi orang tua dalam membentuk
kompetensi sosial anak. Skenoo: Jurnal
Teologi dan Pendidikan Agama
Kristen, 2(2), 113-124.
Murtiadi, M., Wulandari, Y. F., Bastian, Y.,
Caesariano, L., & Hikmawan, S. (2021).
Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui
Gaya Komunikasi Manajer Restoran
Nanny’s Pavillon Mall Cipinang
Indah. Jurnal Media Penyiaran, 1(2), 102-
107.
Sjarlis, S., & Djalante, A. (2023). PENGARUH
GAYA KEPEMIMPINAN
DEMOKRATIS, KOMUNIKASIORGANISASI DAN LINGKUNGAN
KERJA TERHADAP KINERJA
PEGAWAI. Gendhera Buana Jurnal
(GBJ), 1(2), 168-179.
Maudyta, D., Aslamiah, A., & Wahdini, E.
(2023). Pengaruh tingkat pendidikan dan
perhatian orang tua pada pola komunikasi
terhadap kemampuan berbicara anak. Jurnal
Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia
Dini, 7(2), 1302-1311.
Sujiwo, R. P. (2022). Gaya Komunikasi Orang
Tua dalam Pengasuhan Generasi Alpha di
BKB Mawar Larangan Kota
Cirebon. Pancanaka, 3(1), 517877.
Ramly, R. A. (2022). Peran Komunikasi Orang
Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak
Yang Berakhlakul Karimah. Connected:
Jurnal Ilmu Komunikasi, 25-37.
Aulia, M. P., & Ritonga, S. (2024). Pola
Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan
Anak Dalam Memahami Bahaya Gadget
(Studi Kasus Desa Bandar Khalipah
Kecamatan Percut Sei Tuan). Hulondalo
Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu
Komunikasi, 3(2), 71-83.
Nathanael, G. K. (2024). Pengaruh Pola
Komunikasi Orang Tua Dan Anak Terhadap
Pembentukan Perilaku
Anak. GOVERNANCE: Jurnal Ilmiah
Kajian Politik Lokal dan
Pembangunan, 10(3).
Zulfikar, R., Sari, F. P., Fatmayati, A., Wandini,
K., Haryati, T., Jumini, S., Nurjanah, N.,
Annisa, S., Kusumawardhani, O. B.,
Mutiah, R., Linggi, A. I., & Fadilah, H.
(2024). Metode penelitian kuantitatif (teori,
metode dan praktik). Widina Media Utama.
https://repository.penerbitwidina.com/medi
a/publications/567988-metode-penelitian-
kuantitatif-teori-meto-21bd971e.pdf
Irawati, D., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2021).
Positivisme, Pospositivisme, Teori Kritis,
dan Konstruktivisme dalam Perspektif
“Epistemologi Islam”. JIIP-Jurnal Ilmiah
Ilmu Pendidikan, 4(8), 870-880.
Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian
kualitatif. CV Syakir Media Press.
https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/
8793/Buku-Metode-Penelitian-
Kualitatif.pdf
Roflin, E., & Liberty, I. A. (2021). Populasi,
Sampel, Variabel dalam penelitian
kedokteran. Penerbit NEM.
https://books.google.co.id/books?id=ISYrE
AAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v
=onepage&q&f=false
Sanurdi, S. (2021). Kualitas pelayanan Islami dan
kepuasan konsumen: Teori dan praktik.
Sanabil.
https://repository.uinmataram.ac.id/3018/1/
KUALITAS%20PELAYANAN%20ISLA
MI%20DAN%20KEPUASAN%20KONS
UMEN-1.pdf
Widodo, S., Ladyani, F., Asrianto, L. O., Rusdi,
R., Khairunnisa, K., Lestari, S. M. P.,
Devrianya, A., Wijayanti, D. R.,
Hidayat, A., Dalfian, D., Nurcahyati, S.,
Sjahriani, T., Armi, A., Widya, N., &
Rogayah, R. (2023). Buku ajar metode
penelitian. Pangkalpinang: CV Science
Techno Direct.
https://repository.binawan.ac.id/3303/1/
Buku%20Ajar%20Metode%20Penelitia
n%20Full_compressed%20Highlighted.