Strategi pelayanan dilihat dari upaya yang dijalankan oleh suatu perusahaan atau entitas untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan pelanggan. Sebuah laboratorium harus melakukan kegiatan pelayanan yang dapat membuat pelanggannya merasa puas. Pelayanan diartikan sebagai tindakan atau perbuatan seseorang atau
organisasi untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan atau sesama karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Komunikasi Interpersonal Pada Pelayanan Customer Service Dalam Mempertahankan Reputasi di Gunung Sahari Laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan survei google review. Analisa data menggunakan model Analisa interaktif. Hasil hasil penelitian mengenai Komunikasi Interpersonal Pada Pelayanan Customer Service Dalam Mempertahankan Reputasi Di Gunung Sahari Laboratorium, dapat disimpulkan beberapa hal penting. Penerapan komunikasi interpersonal yang efektif terbukti memiliki peran yang signifikan dalam menjaga reputasi perusahaan. Aspek-aspek komunikasi, baik verbal maupun non-verbal, yang dijalankan dengan tepat, terbukti memberikan dampak besar dalam mempertahankan citra positif Gunung Sahari Laboratorium. Gunung Sahari Laboratorium disarankan untuk melaksanakan pelatihan rutin mengenai komunikasi interpersonal, baik verbal maupun non-verbal, guna meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan. Selain itu, evaluasi berkala terhadap penerapan standar komunikasi customer service.
Jurnal Rosalia Irsalina
Cover Skripsi
Skripsi Rosalia Irsalina_44207121
Abidin, Syahrul. (2022). Komunikasi Antar Pribadi. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Group.Chandra et al., (2020). Service Quality, Consumer Satisfation, dan Costumer Loyalty: Tinjauan Teoritis. Malang: CV IRDH.
Firdaus. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Riau: DOTPLUS Publisher. Diakses dari https://books.google.co.id/books?id=lJ8hEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Metodologi+penelitian+kuantitatif&hl=jv&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=Metodologi%20penelitian%20kuantitatif&f=false.
Hariyanto, Didik. (2021). Pengantar Ilmu Komunikas. Sidoarjo: Umsida Press.
Indrasari, Meihiana. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (Cetakan Pertama). Surabaya: Unitomo Press.
Indarwati, H & Ahdan. (2024). Analisis Pola Komunikasi Customer Service Dalam Memberikan Layanan Informasi Penerbangan Kepada Penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin. Respon Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Vol.5 No.2 2024 https://jurnal.ilkom.fs.umi.ac.id/index.php/respon/index.
Judy C. Pearson, (2011). Human Communication. New York: Aptara.
Ismayani, A. (2019). Metodologi Penelitian. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.
Kusnandar, H., & Andini, D. (2024). Pelayanan Prima Di Era Digital. Kabupaten Bandung: Widina Media Utama
Muhammad. (2019). Metode Penelitian Bahasa. Sleman: Ar-Ruzz Media.
Nasution, Abdul. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Harfa Creative.
Putri, N., Arsyad, A., et al. (2024). Analisis Kualitas Komunikasi Interpersonal Customer Service dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank PT. BPD Kaltim Kaltara Kantor Cabang Utama Samarinda. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi. Vol. 5 No. 2 (2024).
Rahmayanty, Nina. (2010). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rangkuti, Freddy. (2013). Riset Pemasaran. , Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Riantana, A., Hasbiyah, D., et al. (2023). Komunikasi Interpersonal Tatap Muka Antara Customer Service Dengan Nasabah Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank Tabungan Negara di Bogor. Karimah Tauhid. Volume 2 Nomor 6 (2023), e-ISSN 2963-590X
Rifa'i, Khamdan. (2023). Kepuasan Konsumen (Cetakan Pertama). Jember: UIN Khas Press
Saputra, Sigit. (2020). Analisis Komunikasi Interpersonal Customer Service Dalam Mempertahankan Pelanggan Telkomsel (Studi Pada Telkomsel Grapari SKA Pekanbaru). Jurnal Ilmiah Universitas Islam Riau.
Satria, D & Aisyah, S (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service PT Telkom Terhadap Kepuasan Pelanggan Wifi.id di Kota Padang. Jurnal Jurnalisme. Volume 7 No. 2 Edisi Oktober 2018.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suwatno & Arviana, M. (2023). Komunikasi Interpersonal: Panduan Membangun. Keterampilan Relasional Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Triyono, A. (2021). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogayakarta: Bintang Pustaka Madani.
Winoto. (2020). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: CV Bildung Nusantara.
Yustanti, A. (2020). Peranan dan Pelaksanaan Customer Service Pada Bank Mandiri Kantor Cabang Surabaya Pemuda. [Skripsi Sarjana, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi PERBANAS]. STIE PERBANAS Repository. http://eprints.perbanas.ac.id/7192/49/ARTIKEL%20ILMIAH.pdf