Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfataan penggunaan instagram sebagai media promosi pada akun online shop @skalafurniture_. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memahami bagaimana akun yang dianalisis memanfaatkan instagram untuk membangun interaksi dengan pengikut dan memperluas jangkauan pelanggan. Hasil analisis menunjukan bahwa @skalafurniture_ dalam pengelolaan media sosial sudah sesuai dengan prinsip teori new media 4C oleh Chris Heuer. Pada elemen context mampu menciptakan konten yang interakif, responsif dalam komunikasinya dengan pengikut dan memanfaatkan semua fitur Instagram. Elemen communication juga dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan konektivitas antar platform untuk meningkatkan tersebar luasnya informasi mengenai produk yang dijual secara luas. Pada elemen collaborations juga dilakukan dengan baik yaitu kerjasama dengan pihak eksternal untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Selain itu akun yang dianalisis juga sesuai dengan elemen connectivity dengan konsisten dalam menyediakan konten informatif untuk pelanggan sehingga penjual mendapatkan banyak ulasan balik yang mendukung perkembangan akun dan pertumbuhan juga interaksi antara perusahaan dan pelanggan.
Full Skripsi_Putri Febriyanti
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan Dan Analisis Data Kualitatif (Vol. 1).
Annisa, Z. N., & Wulansari, D. (2024). Pemanfataan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Di Staffee.Ca Bouqet Sidoarjo. Neraca Manajemen, Ekonomi, 6. Https://Doi.Org/10.8734/Mnmae.V1i2.359
Antasari, C., & Pratiwi, R. D. (2022). Pemanfaatan Fitur Instagram Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Kedai Babakkeroyokan Di Kota Palu (Vol. 9, Issue 2).
Bakiyah, H., Indarsih, M., Yuniani, H., & Astuti, F. D. (2022). Strategi Komunikasi Public Relations Pt. Cakra Mahkota Dalam Customer Relations. Http://Journal.Unbara.Ac.Id/Index.Php/Jkb
Butsi, F. I. (2019). Memahami Pendekatan Positivis, Konstruktivis Dan Kritis Dakam Metode Penelitian Komunikasi. 2(1), 1–8.
Fadilla, R. A., & Wulandari, A. P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap Pengumpulan Data. Mitra Jurnal Penelitian, 1(3), 34–36.
Faidlatul Habibah, A., & Irwansyah, I. (2021). Era Masyarakat Informasi Sebagai Dampak Media Baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 350–363. Https://Doi.Org/10.47233/Jteksis.V3i2.255
Indarsih, M., & Pangestu, D. (2021). Pemanfaatan Platform Youtube Sebagai Media Pembelajaran, Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika. Jurnal Akrab Juara, 6, 43–52.
Khansa Maharani, K., Kunci, K., Lokal, K., Promosi, M., Surabaya, A., & Jawa, B. (2023). Penggunaan Konten Ai Surabaya Milik @Brandonlilhero Dengan Unsur Bahasa Jawa Pada Tiktok Sebagai Media Promosi. 7.
Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Officialsebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan |Cindie Sya’bania Feroza, Desy Misnawati Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. (N.D.).
Poodo, F., Mutiara Pabulo, A., Ekonomi, F., Mercu Buana Yogyakarta, U., & Di, A. (2024). Peran Konten Kreatif Dalam Pemasaran Media Sosial Untuk Umkm (Studi Kasus Ansalni Fashion). 6(2), 2715–8926.
Rambe, R., Popyanti, D., & Maimunnah Pasaribu, S. (2023a). Pemanfaatan Facebook Dalam Promosi Untuk Meningkatkan Umkm Pada Penjualan Furniture. Neraca Manajemen, Ekonomi, 1. Https://Doi.Org/10.8734/Mnmae.V1i2.359
Rambe, R., Popyanti, D., & Maimunnah Pasaribu, S. (2023b). Pemanfaatan Facebook Dalam Promosi Untuk Meningkatkan Umkm Pada Penjualan Furniture. Neraca Manajemen, Ekonomi, 1(12). Https://Doi.Org/10.8734/Mnmae.V1i2.359
Raza, E., Sabaruddin, L. O., & Komala, A. L. (2020). Manfaat Dan Dampak Digitalisasi Logistik Di Era Industri 4.0. In Jurnal Logistik Indonesia (Vol. 4, Issue 1). Http://Ojs.Stiami.Ac.Id
Sagiyanto, Asriyani, & Sulfiah, A. (2020). Pemanfataan Instagram Sebagai Media Promosi Produk Haus Melalui Akun @Haus.Indonesia (Vol. 5). Https://Jelajahdigital.Com/Data-Dan-
Setya, A. P., & Boer, K. M. (2024). Penggunaan Media Instagram Kopi Janji Jiwa Samarinda Dalam Meningkatkan Customer Engagement. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(1), 202–220. Https://Doi.Org/10.35870/Jimik.V5i1.452
Sulfa Kimiawan, T. O. (2020). Soft Skill Komunikasi Resepsionis. 2(2), 1–16.
Suryani, N., Jailani, Ms., Suriani, N., Raden Mattaher Jambi, R., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, U. (2023). Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Http://Ejournal.Yayasanpendidikandzurriyatulquran.Id/Index.Php/Ihsan
Sya’bania Feroza, C., & Misnawati, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagaimedia Komunikasi Dengan Pelanggan. Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan, 14(1), 1–10.
Wainira, M. A. D., Liliweri, Y. K. N., & Mandaru, S. S. E. (2021). Pemanfataan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @Kopipapaganteng).