Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas
Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Salon
Jhonny Andrean Cabang Lotte Mart Fatmawati. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 100 responden. Data
dikumpulkan menggunakan kuesioner yang mengukur persepsi pelanggan terhadap
kualitas produk, kualitas pelayanan, dan keputusan pembelian menggunakan skala
Likert. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor rata-rata dan uji validitas serta
reliabilitas untuk memastikan keakuratan instrumen penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Kualitas Produk memiliki rata-rata skor 3.85, Kualitas
Pelayanan sebesar 3.90, dan Keputusan Pembelian pelanggan memiliki skor rata-
rata 3.85. Temuan ini mengindikasikan bahwa kualitas produk yang baik dan
pelayanan yang ramah serta responsif berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian pelanggan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada manajemen
salon untuk terus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan guna memperkuat
loyalitas pelanggan dan meningkatkan keputusan pembelian di masa depan.
Kata kunci: Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Salon Jhonny
Andrean.
Artikel Ilmiah_Risma yanti 64201099
Skripsi_Risma yanti 64201099
Bukti Submit Artikel Ilmiah
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). MODEL KEPUTUSAN
PEMBELIAN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN PADA
MARKETPLACE: KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN
(LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). JURNAL
MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(1).
https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867
Evan Saktiendi, Septi Herawati, Lince Afri Yenny, & Amelia Wahyu Agusti. (2022).
Pengaruh Viral Marketing, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Keputusan Pembelian MS Glow di Bumi Indah Kabupaten Tangerang. Formosa
Journal of Multidisciplinary Research, 1(2).
https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i2.524
Kartika, L. N., & Rino, M. M. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN
PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
BIOSKOP CINEMA XXI (Studi Pada Mahasiswa di D.I Yogyakarta). Jurnal
Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1).
https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.161.370
Kiki Enjela, D., Yulasmi, & Lusiana. (2022). Determinan Brand Trust terhadap
Keputusan Pembelian: Kajian Literatur. Journal of Business and Economics
(JBE) UPI YPTK, 7(3). https://doi.org/10.35134/jbeupiyptk.v7i3.201
Lawu, S. H., Andriani, R., & Febriana, R. (2021). Dampak Brand Ambassador
Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Kantor, 9(2).
Melpiana, E., & Sudarajat, A. (2022). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS
PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MS GLOW
BEAUTY. Management and Accounting Expose, 5(1).
https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.599
Nurullita, H., Siti Julaeha, L., & Maulidizen, A. (2022). Analisis Komparatif
Lingkungan Fisik dan Kualitas Pelayanan Dalam Pengaruhnya Terhadap
Kepuasan Pelanggan: Studi pada Ayana Muslimah Salon Cabang Tebet dan
Cabang Cilandak Jakarta Selatan. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan
Akuntansi, 2(2). https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i2.227
Permatasari, A. N. I., & Hidayat, A. M. (2023). Pengaruh Social Media Marketing
Tiktok dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Camille
Beauty. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis.
https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.250
Putri, N. D. P. D., Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). PENGARUH
KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
KEPUASAN PELANGGAN. Journal Of Communication Education, 15(1).
https://doi.org/10.58217/joce-ip.v15i1.226
Rino, M. M., & Kartika, L. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pemasaran
Digital Terhadap Keputusan Pembelian Bioskop Cinema XXI (Studi Pada
Mahasiswa di D.I Yogyakarta). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1).
Riyanto, K., & Satinah, S. (2023). Pengaruh Penetapan Harga, Kualitas Produk, Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Score: Jurnal Lentera
Manajemen Pemasaran, 1(01). https://doi.org/10.59422/lmp.v1i01.73
66
Sitepu, E. A., & Marpaung, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Pelanggan pada Klinik Ms Glow (Studi pada Konsumen Ms Glow
Aesthetic Clinic Medan). Journal Of Social Research, 1(8).
https://doi.org/10.55324/josr.v1i8.186
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT
Alfabet.
Trianah, L., Pranitasari, D., & Zahrani Marichs, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk
dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas
Pelanggan. Jurnal STEI Ekonomi, 26(01).
https://doi.org/10.36406/jemi.v26i01.201
Vidananda, N. K. P., & Setiawan, P. Y. (2021). PENGARUH KUALITAS
PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KINERJA
PERUSAHAAN DI LARISSA AESTHETIC CENTER DENPASAR. E-Jurnal
Manajemen Universitas Udayana, 10(4).
https://doi.org/10.24843/ejmunud.2021.v10.i04.p02
Warganegara TL, & Alviyani D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas
Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Puspita
Cabang Kotabumi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (JMB), 1(2).