Dyah Nurhaliza (17200962), Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisisa Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Website E-Commerce Produk Umkm Camilan Khas Jogja Nona Judes.
Seiring dengan berkembangnya teknologi, penggunaan e-commerce dalam dunia bisnis semakin meluas, terutama pada UMKM yang memanfaatkan website sebagai media transaksi. Namun, kualitas website menjadi salah satu faktor penentu dalam kesuksesan e-commerce, karena dapat mempengaruhi persepsi pelanggan dan kepuasan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas website UMKM Nona Judes menggunakan metode Webqual 4.0, yang terdiri dari tiga dimensi utama, yaitu kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi layanan (service interaction quality). Metode ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan dalam menggunakan website UMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 50 pelanggan aktif UMKM Nona Judes. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dianalisis menggunakan metode Webqual 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel yang diuji usability, information quality, dan service interaction quality memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai R-square 0.589, yang berarti 58.9% variasi kepuasan pengguna dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Uji ANOVA menghasilkan nilai F sebesar 20.345 dengan signifikansi 0.000, menegaskan bahwa model regresi signifikan. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar UMKM Nona Judes meningkatkan kualitas website, terutama pada dimensi usability dan information quality, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong peningkatan penjualan.
jurnal_17200962_Dyah Nurhaliza
Skripsi_17200962_Dyah Nurhaliza
Al Zikri, S. M. (2021). PERANCANGAN SISTEM PENGELOLAAN DATA PENERIMA DANA ZAKAT, INFAQ DAN SEDEKAH MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 2(3). https://doi.org/10.33365/jatika.v2i3.1234
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Audhiha, M., Vebrianto, R., Habibi, M., Febliza, A., & Afdal, Z. (2022). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(2). https://doi.org/10.18860/mad.v14i2.13187
Dewi, S. S., Ermina, R., Kasih, V. A., & Hefiana, F. (2023). ANALISIS PENERAPAN METODE ONE WAY ANOVA MENGGUNAKAN ALAT STATISTIK SPSS. Jurnal Riset Akuntansi Soedirman, 2(2), 121-132,. https://doi.org/10.32424/1.jras.2023.2.2.10815
Nursalam, N., & Djaha, A. S. A. D. (2023). Pelatihan Pembuatan Kuesioner Penelitian Bagi Mahasiswa Prodi Administrasi Negara Fisip Universitas Nusa Cendana. JDISTIRA, 3(1). https://doi.org/10.58794/jdt.v3i1.433
Pramudibyo, N. R., Muttaqin, M. R., & Sunandar, M. A. (2024). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI REDBUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) . JITET (Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan), 12(2), 1099–1107.
Putri, G. A., & Widiyanto, G. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Gunung Mandiri Internusa. Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(1).
Reifco, H. F., Suryono, R. R., & Megawaty, D. A. (2023). ANALISIS KINERJA WEBSITE PELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus : Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(3).
Udang, O. S., Tabaru, M., Sampetoding, E. A. M., & Manapa, E. S. (2021). Pengolahan Data Siswa SMA Negeri 1 Sambuara Kabupaten Kepulauan Talaud Pada Aplikasi DAPODIK. Journal Dynamic Saint, 6(1). https://doi.org/10.47178/dynamicsaint.v6i1.1193