Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan standar kebersihan dan sanitasi di departemen housekeeping Yogyakarta Marriott Hotel, dengan fokus pada evaluasi prosedur pembersihan kamar tamu yang merupakan aspek penting dalam memberikan pengalaman menginap yang memuaskan bagi tamu hotel. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara dengan staf housekeeping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staf room attendant memiliki pemahaman yang baik mengenai prosedur pembersihan, namun menghadapi tantangan seperti tekanan waktu saat tingkat hunian tinggi dan kendala dalam distribusi linen. Selain itu, kualitas pembersihan terkadang terpengaruh oleh kurangnya perhatian terhadap detail, terutama pada saat hotel dalam kondisi penuh. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan bagi staf, penggunaan teknologi untuk efisiensi operasional, dan penambahan sumber daya manusia selama periode puncak untuk memastikan standar kebersihan dan sanitasi tetap terjaga. Dengan demikian, diharapkan pengalaman menginap tamu dapat ditingkatkan dan reputasi hotel sebagai penyedia layanan berkualitas tinggi dapat dipertahankan.
Aliana, A., Hidayah, F., Al Adawiyah, R., Ayu, P., & Mahanani, R. (2020). Sosial :
Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial; Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 21. http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial
Arief, R. (2020). PENGARUH PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP), GAYA KEPEMIMPINAN, DAN AUDIT INTERNAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS PADA PT. MEGA PESANGGRAHAN INDAH). Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 9(2), 125–
143.
Auliya, A., Par, S., Akademi, M. P., Pertiwi, P., & Pertiwi, A. P. (2016). PENGARUH
HYGIENE PENGOLAHAN MAKANAN TERHADAP KUALITAS
MAKANAN DI HOTEL ASTON RASUNA JAKARTA Dinda Nira Aprilia.
Dalam Jurnal Hospitality dan Pariwisata (Vol. 2, Nomor 2).
Author, C., Bagus Bahana Fajar Prabhawa Suria, D., & Pelayanan Berkualitas Kepada Tamu, M. (2023). Peranan Housekeeping Department dalam The Role of the
Housekeeping Department in Providing Quality Service to Guests. Jurnal Pariwisata dan Bisnis), 02(8), 1868–1873. https://doi.org/10.22334/paris.v2i8
Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10
Harahap, L. R., Anggraini, R., & Effendy, R. Y. (2021). Analisis Rasio Keuangan Terhadap Kinerja Perusahaan PT Eastparc Hotel, Tbk (Masa Awal Pandemi
Covid-19). Dalam Competitive Jurnal Akuntansi dan Keuangan (Vol. 5, Nomor
1). http://eastparc.co.id/investment/detail/1,
Hasan Sistem Informasi, H., & Tidore Mandiri, S. (2022). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DOKUMENTASI TERPUSAT PADA STMIK TIDORE
MANDIRI. Dalam Jurnal Sistem Informasi dan Komputer) (Vol. 2, Nomor 1). http://www.php.net
Ilmiah Potensia ; Nurjanah, J., & Anggraini, A. P. (2020). Metode Bercerita Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7
Kusumayanti, A. T. (2022). PENERAPAN HYGIENE SANITASI DI DAPUR
THE CAKRA HOTEL BALI SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Mahasiswa Pariwisata dan Bisnis, https://paris.ipbintl.ac.id/index.php/paris/issue/view/5, 1104–1119. https://doi.org/https://doi.org/10.22334/paris.v1i5.78
Muliyadi, M., Muhlisa, M., & Mustafa, M. (2020). Penerapan Hygiene Dan Sanitasi Di Hotel Grand Dafam Bella Ternate. JURNAL KESEHATAN LINGKUNGAN: Jurnal dan Aplikasi Teknik Kesehatan Lingkungan, 17(1), 33–42. https://doi.org/10.31964/jkl.v17i1.212
Noviastuti, N., Agustina Cahyadi, D., & Pariwisata Dharma Nusantara Sakti Yogyakarta, A. (2020). PERAN RESERVASI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP TAMU DI HOTEL NOVOTEL LAMPUNG. Dalam Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Perhotelan) (Vol. 3, Nomor 1). https://jurnal.akparda.ac.id/31
Putri, A. E. (2019). EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING:
SEBUAH STUDI PUSTAKA. Dalam Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia (Vol. 4).
Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. http://repository.uin-
Sa’ban, L. M. A., Sadat, A., & Nazar, A. (2020). Jurnal PKM Meningkatkan
Pengetahuan Masyarakat Dalam Perbaikan Sanitasi Lingkungan. Dinamisia :
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4365
Taviprawati, E., Sembiring, V. A., Tarigan, E., Tinggi, S., & Trisakti, P. (2020). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Housekeeping Terhadap Pemilihan Karir Bagi Siswa SMKN 3 Bogor. Dalam Jurnal Ilmiah Pariwisata (Vol. 25, Nomor 3).
Gabriele. (2018). ANALISIS PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DI DEPARTEMEN MARKETING DAN HRD PT CAHAYA INDO. ARTIKEL ILMIAH JURNAL AGORA, 121-131.
Lestari, V. D. (2023). Implementasi Efektivitas Pengendalian Intern Pada Sistem Informasi Akuntansi Penggajian. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 49-61.