Penyebaran internet dan media sosial telah mengubah pola konsumsi informasi, terutama bagi Gen Z yang cenderung memilih konten yang dinamis dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten berita mengenai kasus utang PT Sru Rejeki Isman (Sritex) yang dipublikasikan di akun TikTok @narasi terhadap tingkat kepuasan informasi Gen Z. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner dari 100 responden. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 26.0 untuk windows. Hasil menunjukkan bahwa nilai thitung (0,126) lebih kecil daripada ttabel (1,984), sehingga H1 ditolak, dan tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara konten berita pada akun TikTok @narasi terhadap kepuasan informasi Gen Z. penelitian ini memberikan wawasan bahwa konten berita yang disajikan belum memenuhi kebutuhan informasi Gen Z secara optimal, sehingga relevansi dan kualitas konten perlu ditingkatkan untuk memenuhi ekspetasi audiens di media sosial.
Kata Kunci: TikTok, Generasi Z, Kepuasan informasi, Konten berita, Sritex, @narasi
Full Skripsi
Adetya Perdanaraya Putra Wiedyudja, A. (2023). Analisis Proses Produksi Program TVRI Sport Pagi. Harmoni : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 1(4), 116–124.
Adi Prakoso, A., Nur Asifa, F., Wicaksono, H., & Maulana, A. Y. (2023). Hubungan Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Literasi Digital Pada Pengguna Tiktok Generasi Z Di Dki Jakarta. Journal of Documentation and Information Science.
ADRIANA, Y. (2020). TINGKAT KEPUASAN MAYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PADA PUSKESMAS WISATA.
Afandi, Y. (2019). Gereja dan Pengaruh Teknologi Informasi “Digital Ecclesiology.” Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 270–283.
Afifah, N. (2023). Uses And Gratifications Makna Sabar Dalam Film Sang Kiai.
Ahmad Jayadi; Ike Iswary Lawanda. (2019). Kebutuhan informasi pengajar Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Masjid Raya Pondok Indah.
Akbar, B., & Hasyim, A. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SUMBER INFORMASI BAGI GEN Z DI PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI. 2(2), 132–139.
Alfiana Sri Wahyu Wulandari, Nensy Megawati Simanjuntak, & Hikmah Maulida Fitria. (2024). Pengaruh Konten Tik Tok Terhadap Daya Serap Tik Tokers Di Dalam Memahami Materi Bahasa Indonesia Level SMA. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(3), 164–172.
ALFITRI, H. (2020). KEPUASAN PENONTON TERHADAP SINETRON“JODOH WASIAT BAPAK”DI ANTV(STUDI PADA MASYARAKAT RW 5 KELURAHAN BAMBU KUNING KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU).
Amalia, R. D. (2020). Pengaruh Motif Dan Intensitas Penggunaan Instagram Terhadap Eksistensi Diri Remaja Muslimah Di Kota Kediri. 22–43.
Ambari, M. R. (2021). KONTEN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RARA (EPISODE BUKAN MAHRAM, BAIK ITU MUDAH, AMBIL GAK YA, TOLERANSI, MARAHAN NIH) DAN SIGNIFIKANSI PADA PENDIDIKAN KARAKTER.
Amin, J. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Indomie di Kecamatan Tarumajaya.
Amir. (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Minta Belajar Siswa Kelas VII SMP UNISMUH Makassar. 13(3), 1576–1580.
Anggraini, L. P. (2019). MAKNA PESAN PADA TAYANGAN SUPER YOUTH GENERATION DI GTV.
Angkari, S. (2020). Motif Masyarakat Surabaya Dalam Menonton Program Good Morning Hard Rockers on Sbo. Jurnal E-Komunikasi, I, 11.
Anugra, T. (2023). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI SARANA INFORMASI PADA GENERASI Z ( STUDI KASUS PADA AKUN TIKTOK @VMULIANA).
Aprilia, T. (2019). Pengaruh Net Working Capital dan Net Sales terhadap Total Assets pada PT Perusahaan Gas Negara Tbk yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2010-2016.
Apriska, E. (2023). PEMBINAAN AKHLAK PADA SISWA PENGGUNA TIKTOK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 08 SELUMA.
Arum Wahyuni Purbohastuti. (2020). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI Arum. 12(2), 212–231.
Asiva Noor Rachmayani. (2019). ANALISIS TEKNIK PROPAGANDA BERITA PEMBANGUNAN INDONESIA DI MAJALAH TEMPO. 6.
Ayu P., A. M. (2019). DAMPAK KEBIJAKAN RELOKASI PEDAGANG PASAR NGASEM KE PASAR SATWA DAN TANAMAN HIAS YOGYAKARTA (PASTY) BAGI PEDAGANG PASAR.
Azizah, H. (2020). Konten Kreatif Youtube Sebagai Sumber Penghasilan Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Youtuber Kota Metro) (Vol. 2507, Issue February).
Cahyono, A. S. (2022). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI INDONESIA. Journal Marine Inside, 1(2), 1–32.
Darwan, D. A. P. (2022). Pengaruh Motif Penggunaan Media dan Intensitas Pada Media Sosial TikTok Terhadap Kepuasan Pengguna Generasi Z.
Dea Destiani. (2019). PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR INTERNAL TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Pada PT Bio Farma (Persero) Bandung).
Dewi, L. F. (2020). PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP PENINGKATAN KINERJA USAHA ANGGOTA DALAM RANGKA MENGEMBANGAN USAHA MIKRO DI KSPPS BMT AGRITAMA ROHMATAN LIL ALAMIN TOGOGAN SRENGAT BLITAR.
Dian, N. (2020). PENGARUH KOMUNIKASI, DISIPLIN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. EXTRUPACK BEKASI BARAT.
Dicky, A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus di Wilayah Kecamatan Tanjung Priok).
Distian, M., & Hermawan, A. (2023). DAMPAK STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN ( STUDI KASUS PT SRI REJEKI ISMAN TBK TAHUN 2017-2022 ). 4(2), 112–120.
Fairus, F. (2020). ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL ATAS SISTEM DAN PROSEDUR PENGGAJIAN DALAM USAHA MENDUKUNG EFISIENSI BIAYA TENAGA KERJA PADA PT PANCARAN SAMUDERA TRANSPORT, JAKARTA.
Farista, M. A. (2022). PENGARUH BEBAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub-Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 – 2020).
FEBRIANTIKA, V. E. (2024). DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 2 TULANG BAWANG BARAT. 15(1), 37–48.
Fery Firmansyah. (2019). PENGARUH BIAYA PROMOSI DAN NISBAH BAGI HASIL TERHADAP PERKEMBANGAN DANA PIHAK KETIDA DALAM BENTUK TABUNGAN PADA BANK MUAMALAT INDONESIA.
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). PERILAKU GENERASI Z TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal.
Firdaus, A. (2023). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERDONASI DI YAYASAN SAHABAT BERAMAL JARIYAH.
Firmansyah, F. (2021). PROSES PENCARIAN INFORMASI SISWA SMAN SUMATERA SELATAN MENGGUNAKAN MODEL INFORMATION SEARCH PROCESS (ISP).
Floraya, N. R. (2023). Studi Uses and Gratification Followers Narasi TV terhadap Konten Pemberitaan pada Media Sosial Tiktok. 1–14.
Gamanno, A. D. (2019). KESESUAIAN ANTARA KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN MENGGUNAKAN METODE DISC (STUDI KASUS PADA HOTEL CITRADREAM SEMARANG).
Harahap, N. F. (2022). Pengaruh Fanatisme K-Pop terhadap Perilaku Agresif Verbal pada Siswa MAN Asahan.
Helena, S., Brawijaya, U., Administrasi, F. I., Bisnis, J. A., & Keuangan, K. M. (2019). PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (STUDI PADA PERUSAHAAN TRANSPORTASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013 - 2016).
Hulu, I. (2023). ANALISIS KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK @RIJALSYSTEM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER. Buku Ensiklopedia Teori Komunikasi, 1–128.
Ibrahim, H. M. (2020). HUBUNGAN PENGGUNAAN APLIKASI RUANG GURU DENGAN CARA BELAJAR SISWA-SISWI SMP NEGERI 42 SEMARANG.
Ichwanusafa, R., & Aji, M. P. A. (2024). Pengaruh Media Sosial Tiktok Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Generasi Z di UPN Veteran Jakarta. Jurnal Ilmiah Multidisiplin.
Iskandar, I. (2019). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DALAM PENYEBARAN INFORMASI ISLAM DAN POLITIK OLEH AKUN MCA @INDONESIABERTAHUIDID (STUDI PADA MAHASISWA JURNALISTIK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG TAHUN 2017).
Isnaini, M. (2023). Pendekatan Uses and Gratification Theory Pada Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar.
Isnawati, A. (2019). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (LKS) ASRI TULUNGAGUNG.
Jamaludin, U., Setiawan, S., Fadilah, N. R., Fitri, S. A. N., & Oktavian, F. A. (2023). KAJIAN LITERATUR : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 5309–5322.
Juanda, H. (2020). Media Sosial Sebagai Penyebarluasan Informasi Pemerintah Aceh. Jurnal Peurawi, 1(1), h.1.
Kasanah, N. (2021). Pengaruh Kebutuhan Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Pusat Jims Honey Desa Pancur, Kec. Mayong, Kab. Jepara).
Kenny, K. (2021). Pengaruh Motif Penggunaan Akun Instagram Terhadap Kepuasan Followers Akun @Dotaindonesia2. 1–23.
Khotimah, D. (2019). PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGI DAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA DI KSPPS BMT AL-ITTIHAD TASIKMALAYA.
Khozin, A. (2019). Persepsi Pemustaka Tentang Kinerja Pustakawan Pada Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen.
Kumaidi, K. (2021). Pengaruh Tingkat Sosial Dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs NU Miftahul Huda III Lau Dawe Kudus Tahun Ajaran 2020/2021.
Lailaturrohmah, S. (2021). PENGARUH TINGKAT PEMBIAYAAN MUSYARAKAH, MUDHARABAH, IJARAH DAN BOPO TERHADAP RETURN ON ASSET PT BANK NEGARA INDONESIA SYARIAH.
Latania, F. (2021). Pengaruh Motif Penggunaan Google Scholar terhadap Kepuasan Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam Memperoleh Informasi.
Lestari, P. (2019). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 5 WATES.
Lubis, N. H. (2023). PENGARUH PENERAPAN E-FILLING TERHADAP KEPATUHAN WAJIBPAJAK DALAM MENYAMPAIKAN SPT TAHUNAN DENGANKEPUASAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus di Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara).
Mahesa, W. P. (2019). Analisis Framing Pemberitaan Aksi Super Damai 212 Di Media Online Kompas dan Republika. 12–36.