Lutfi Rahma Wati (44207163) “Fenomena Fomo Timnas Indonesia Di Media Sosial Instagram (Studi Kasus Fenomenologi Di Lingkungan Mahasiswi Jakarta)”
Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) di kalangan mahasiswi Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta terkait antusiasme terhadap Timnas Indonesia di Instagram semakin meningkat, memengaruhi perilaku sosial dan psikologis mereka. Dengan teori Alfred Schutz tentang tindakan sosial (Because Motive dan In Order To Motive).Penelitian ini bertujuan memahami respons mahasiswi terhadap Fear Of Missing Out (FOMO) serta faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan mereka. Penelitian ini menggunakan Pendekatan metode kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, hasilnya menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswi Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta didorong oleh kebutuhan akan penerimaan sosial, rasa ingin tahu, serta daya tarik konten visual pemain Timnas. Partisipasi ini berefek pada pola perilaku dan psikologis, seperti kecemasan akan kehilangan informasi. Penelitian ini diharapkan memberi wawasan bagi strategi komunikasi yang lebih efektif dalam menghadapi dinamika sosial akibat Fear Of Missing Out (FOMO).
Kata Kunci: Fear Of Missing Out (FOMO), mahasiswi Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta, media sosial, Instagram, Timnas Indonesia, fenomenologi Alfred Schutz.
ARTIKEL FENOMENA FOMO TIMNAS INDONESIA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI KASUS FENOMENOLOGI DI LINGKUNGAN MAHASISWI JAKARTA)
Hakim, Zaidan Lukmanul, Mochammad Reyhan Putra Damopoli, Kania Annisa Putri, and Pingkan Visionari Prasetyaningtyas. 2023. “Fear of Missing Out (FOMO) Pada Mahasiswa Pengguna Instagram.” Parade Riset Mahasiswa 2023: Psychological Security Dalam Dinamika Kehidupan Mahasiswa 1(1): 257–68.
Aulia, Dina. 2025. “Semangat Suporter Timnas Indonesia : Wujud Nasionalisme Di Arena Sepak Bola Dan Pengaruh Di Kancah Internasional.” (1).
Sikumbang, Kartini, Widya Ramadhina, Emi Riska Yani, Della Arika, Nazmi Hayati, Nur Aini
Hasibuan, and Bagus Gigih Permana. 2024. “Peranan Media Sosial Instagram Terhadap Interaksi Sosial Dan Etika Pada Generasi Z.” Journal on Education 6(2): 11029–37. doi:10.31004/joe.v6i2.4888.