Kinerja karyawan merupakan salah satu aspek penting dalam pencapaian tujuan organisasi. Penurunan kinerja karyawan dapat disebabkan oleh rendahnya motivasi kerja dan lingkungan kerja yang tidak kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan di PT Astra Internasional, Tbk. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 50 karyawan sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert dan dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda.Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi kerja dan lingkungan kerja secara parsial dan simultan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Uji regresi linier berganda menghasilkan persamaan 𝑌=20.354+0.203𝑋1+0.353𝑋2Y=20.354+0.203X 1 +0.353X 2, yang mengindikasikan bahwa peningkatan motivasi kerja dan lingkungan kerja secara bersama-sama dapat meningkatkan kinerja karyawan. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa 51,2% variasi kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Pembahasan menunjukkan bahwa motivasi kerja yang mencakup tanggung jawab, peluang untuk maju, dan pengakuan atas kinerja, serta lingkungan kerja yang meliputi penerangan, suhu udara, dan keamanan kerja, berperan penting dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Namun, penurunan skor kinerja dari 80% pada 2021 menjadi 70,5% pada 2023 menunjukkan adanya kebutuhan perbaikan dalam manajemen motivasi dan lingkungan kerja di perusahaan. Kesimpulannya, peningkatan motivasi kerja dan perbaikan lingkungan kerja diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja karyawan. Rekomendasi bagi PT Astra Internasional, Tbk meliputi pengembangan program motivasi berbasis insentif dan peningkatan fasilitas kerja. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan teori manajemen sumber daya manusia serta menjadi acuan bagi perusahaan dalam merancang strategi peningkatan kinerja karyawan.
Full Skripsi
Cover Skripsi
jurnal nurul safitri
turnitiin nurul safitri eka
Adinda, T. N. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. 1(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.15
Apandi. (2020). ADMINISTRASI PERKANTORAN DAN LOGISTIK (I. F. Meutia (ed.)). Pustaka Ali Imron.
Edy. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan ke). KENCANA.
Elbadiansyah. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (L. Nurhayati (ed.)). CV IRDH.
Gusrizaldi. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan. Jurnal Valuta, 2(2), 286–303.
Halimah. (2022). Pengaruh Komunikasi Internal , Orientasi Kerja Dan Prosedur Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pidie. 2, 50–63. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JEko/article/viewFile/535/546
Hamzah. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. BPR Sinar Mas Pelita Cabang Cipeundeuy Yuyu. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 3(1), 98–105. https://doi.org/10.31539/costing.v3i1.846
Hendra, H. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4813
Melanie. (2019). Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome Pt.Telkom Area Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1568–1577. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20265
Nurjaya, N. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Hazara Cipta Pesona. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(1), 60–74. https://doi.org/10.54783/jin.v3i1.361
Nurlina. (2020). Analisis Bauran Pemasaran Pada Masa New Normal Di Praktik Keperawatan Mandiri Kota Tasikmalaya. )Program Studi D3 Keperawatan Dan Profesi Ners, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, 42–47.
Octafian, R. (2023). KINERJA KARYAWAN HOTEL MASA PANDEMI COVID-19. CV Literasi Nusantara Abadi. https://books.google.co.id/books?id=WUm5EAAAQBAJ&dq=hotel+adalah+menurut+para+ahli&lr=&hl=id&source=gbs_navlinks_s
Paulalengan, V. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Wisatawan Dalam Penggunaan Maskapai Penerbangan Airasia Di Denpasar. Jurnal IPTA, 4(2), 21. https://doi.org/10.24843/ipta.2016.v04.i02.p05
Prihantoro. (2020). Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja, Dan Komitmen. 2, 85–86. https://media.neliti.com/media/publications/22850-ID-peningkatan-kinerja-sumber-daya-manusia-melalui-motivasi-disiplin-lingkungan-ker.pdf
Rachmasari, P. (2021). PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN Studi Kasus Pada Paperclip Cabang Kota Kasablanka. 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i02.1548
Rahmati. (2020). FAKTOR KOMPENSASI, MOTIVASI, DAN DISIPLIN KERJA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN. LPPM.
Riniwati, H. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia (T. U. Press (ed.); Pertama). UB PRESS.
Rulianti, E. (2023). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah, 6(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.1011
Safani. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Disiplin Kerja Sebagai Variabel Intervening. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 841–856. http://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/419
Saihudin. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Gianto (ed.); Pertama). Uwala Inspirasi Indonesia.
Sri, L. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Gramedia.
Sukmawati, M. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (Haerani (ed.)). CV SAH MEDIA.
Syamsudin. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi, dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(2), 1–18. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i2.91
Tidokartika, S. A. (2021). Pengaruh Proses Rekrutmen Dan Seleksi Terhadap Kinerja Karyawan. 4(4), 434–437.
Zulviana, I. (2020). Analisis Pelayanan Administrasi Dan Tanggung Jawab Petugas Tiket Kapal Jasa Transportasi Laut Terhadap Kepuasan Penumpang Pada Pt. Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Surabaya. 54–63.