Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan Customer Di English First Tebet

research
  • 09 Mar
  • 2025

Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan Customer Di English First Tebet

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kualitas
pembelajaran terhadap kepuasan pelanggan di English First (EF) Tebet dengan
pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan kuesioner yang
dibagikan kepada 90 responden, terdiri dari siswa dan orang tua yang terdaftar. Dalam
penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling,
yang memungkinkan peneliti untuk menjangkau responden secara acak. Instrumen
penelitian menggunakan skala Likert yang memudahkan pengukuran variabel yang
diteliti. Metode analisis statistik yang diterapkan meliputi uji validitas dan uji
reliabilitas untuk memastikan bahwa kuesioner yang digunakan dapat diandalkan dan
valid. Selanjutnya, dilakukan uji asumsi klasik untuk memenuhi syarat analisis regresi,
diikuti dengan analisis korelasi dan regresi linier berganda. Selain itu, koefisien
determinasi, uji t, dan uji F juga diterapkan untuk menilai pengaruh masing-masing
variabel terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel
kualitas layanan tidak pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai
signifikansi uji t sebesar 0,210, yang lebih besar dari 0,05 (α=5%). Selain itu, variabel
kualitas pembelajaran berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, dengan nilai
thitung sebesar 3,229 yang lebih besar dari ttabel (1.987) dan nilai signifikansi uji t
sebesar 0,002, yang juga lebih kecil dari 0,05 (α=5%). Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut tidak secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan customer.

Unduhan

 

REFERENSI

Dewi, Hapsari Shinta Citra Puspita, and Erta Erta. "Analisis Pengaruh Kualitas
Pelayanan Dan Kualitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa."
Empiricism Journal 4, no. 1 (2023): 261-270.

Christono, A. B., and Chairiah Chairiah. "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga
terhadap Kepuasan Pelanggan." Journal of Economics and Business UBS 8, no.
1 (2019): 1-17.

Rosalia, Intan, and Marsudi Lestariningsih. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga
Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Globalart San
Diego Surabaya." Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 10, no. 3 (2021).

Debora, Fransisca, and Hernadewita Hernadewita. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan
Engineering 11, no. 1 (2019): 49-60.
Kualitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Metode
SEMPLS." Jurnal Operations Excellence: Journal of Applied Industrial

Hadyarti, Vidi, and Moh Zaki Kurniawan. "Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Kepuasan Pelanggan." Eco-Entrepreneur 8, no. 2 (2022): 47-59.

Bulkia, Sri. "Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa." At-Tadbir:
jurnal ilmiah manajemen 2, no. 1 (2018).

Aprileny, Imelda, Afzalur Rochim, and Jayanti Apri Emarawati. "Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui
Kepuasan Pelanggan." Jurnal STEI Ekonomi 31, no. 02 (2022): 60-77.

Syahfitri, Mega Naliyah, and Danang Kusnanto. "Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Loyal." Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan &
Bisnis Syariah 4, no. 1 (2022): 216-237.

Ardhana, Oldy, and Sri Rahayu TRI ASTUTI. "Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan,
Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Bengkel Caesar
Semarang)." PhD diss., Universitas Diponegoro, 2010.

Firdaus, Syarif, Darmo H. Suwiryo, and Fenty Sukmawaty. "Pengaruh Kualitas
Pelayanan Akademik dan Kompetensi Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa."
Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora
5, no. 2 (2021): 320.

Rokhani, Siti, and Peggy Ratna Marlianingrum. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan
Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dimasa Pandemi
no. 3 (2021): 291-310.

Mariska, Lidya, and Shinta Wahyu Hati. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik
Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Politeknik Negeri Batam." Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis 3, no. 1 (2015).


Aprileny, Imelda, Afzalur Rochim, and Jayanti Apri Emarawati. "Pengaruh Kualitas
Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan." Jurnal STEI Ekonomi 31, no. 02 (2022): 60-77