Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Facetology Pada Marketplace Shopee

research
  • 09 Mar
  • 2025

Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Facetology Pada Marketplace Shopee

Hanan (64207076), Pengaruh Electronic Word of Mouth (e-WOM) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Facetology Pada Marketplace Shopee.

 

Industri kecantikan di Indonesia terus berkembang, terutama pada produk sunscreen yang diminati konsumen melalui platform marketplace seperti Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dan harga terhadap keputusan pembelian produk Sunscreen Facetology. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah konsumen Sunscreen Facetology pada Marketplace Shopee, dengan sampel sebanyak 96 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa e-WOM (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung sebesar 2.195, dan harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,211. Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai Fhitung sebesar 7.002. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-WOM (X1) dan harga (X2) secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, menunjukkan bahwa ulasan positif dan penawaran harga yang kompetitif adalah faktor utama yang mendorong konsumen dalam memilih produk Sunscreen Facetology.

 

Kata Kunci : e-WOM, Harga, Keputusan Pembelian.

Unduhan

 

  • COVER SKRIPSI.pdf

    COVER SKRIPSI HANAN_64207076

    •   diunduh 9x | Ukuran 83,219
  • JURNAL SKRIPSI.pdf

    JURNAL HANAN_64207076

    •   diunduh 7x | Ukuran 915,286

REFERENSI

Agatha, C., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset, 7(1), 131–140. Diambil dari : https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/22291%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/22291/21976

 

Amarazka, V., & Dewi, R. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan e-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Portobello Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 507–513. Diambil dari : https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28791

 

Amruddin, Priyanda, R., Siwi Agustina, T., Sri Ariantini, N., Ayu Lia Rusmayani, N. G., Astarani Aslindar, D., Puspita Ningsih, K., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitiatif (F. Sukmawati (ed.)). Sukoharjo: Penerbit Pradina Pustaka.

 

Ardiansa, R., & Siregar, S. (2022). Pengaruh Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Realme: Studi Kasus pada Wilayah Kabupaten Subang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 12(1), 100. Diambil dari : https://doi.org/10.30588/jmp.v12i1.934

 

Arifin, S. E. N., Lumanauw, B., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh e-WOM, Food Quality Dan Servicescape Terhadap Niat Berkunjung Di Pondok Hijau Restaurant Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 1272–1281. Diambil dari : https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/37337

 

Bangun Rara’, Isak Pasulu, & Dwibin Kannapadang. (2023). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sultan Coffee. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 90–102. Diambil dari : https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jematech/article/view/1447

 

Caissar, C., Hardiyana, A., Nurhadian, A. F., & Kadir. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Salah Satu Perusahaan BUMN di Jawa Barat). Acman: Accounting and Management Journal, 2(1), 11–19. Diambil dari: https://journal.lemlit.org/ojs/index.php/aj/article/view/27

 

 

Darmis. (2021). Hal-Hal Yang Mempengaruhi Harga Kamar (Edisi Pert). Solo: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.

 

Daswan, L. (2024). Pengaruh e-WOM dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hanasui 1. 16(2), 28–37. Diambil dari: http://jmk.uho.ac.id/index.php/journal/index

 

eDOT. (2024). 5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak di Indonesia pada Awal 2024, Siapa Juaranya? Diambil dari: https://edot.id/articles/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-di-indonesia-pada-awal-2024-siapa-juaranya

 

Fadli, R., Hidayati, S., Cholifah, M., Siroj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Validitas Dan Reliabilitas Pada Penelitian Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Product Moment. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1734–1739. Diambil dari : https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1419

 

Febriyanti, N. F., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality Dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 181–191. Diambil dari: https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/jimek/article/view/260/214

 

Firmansyah, A. (2023). Manajemen Pemasaran. Surabaya: Penerbit UMSurabaya.

 

Fraya, V. (2023). Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Dimediasi Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Pada Indomaret Cabang Mandala By Pass. Junal Ilmiah Metadata, 5(2), 350–372. Diambil dari: https://ejournal.steitholabulilmi.ac.id/index.php/article/text/1482/pdf

 

Handayani, A., Pratiwi, D., & Sarwono, A. E. (2021). Pengaruh Ease of Use dan e-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Lifestyle Pada e- Commerce Shopee. 15(Vol. 15 No. 1 (2021)), 7. Diambil dari: https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/5479/pdf

 

Hidayatullah, S., Alvianna, S., Estikowati, Kusdyah Rachmawati, I., Waris, A., Aristanto, E., & Gerry Patalo, R. (2023). Metodologi Penelitian Pariwisata. Sidoarjo: Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia.

 

 

Inayati, T., Johan Efendi, M., & Safika Dewi, A. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. BISMA : Business and Management Journal, 1(04), 37–44. Diambil dari: http://jurnal-tmit.com/index.php/home/article/view/50/26

 

Indrajaya, S. (2024). Manajemen Pemasaran (Edisi Pert). Bandung: Kaizen Media Publishing.

 

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (Edisi Pert). Surabaya: Unitomo Press.

 

Ismagilova, E. (2017). Electronic Word of Mouth (eWOM) in the Marketing Context : A State of the Art Analysis and Future Directions. Springer Nature: London.

 

Kambali, I., & Syarifah, A. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Billionaire Store Bandung). Ejurnal.Poltekpos.Ac.Id, 10, 1–8. Diambil dari: https://ejurnal.poltekpos.ac.id/index.php/promark/article/download/731/549

 

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. Diambil dari: ejournal.45mataram.ac.id

 

Marpaung, F. K., Arnold, M. W., Sofira, A., & Aloyna, S. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomie Pada PT Alamjaya Wirasentosa Kabanjahe. Jurnal Manajemen, 7(1), Diambil dari: http://www.ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm/article/view/134

 

Maulana, N., Juliana Saftari, I., & Lumban Batu, R. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Oleh Brand Trust Pada Bukalapak. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 2327–2341. Diambil dari: https://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1668

 

Medcom. (2024). Jelang Harbolnas, E-Commerce Berlomba Genjot Kualitas Layanan. Diambil dari: https://www.medcom.id/ekonomi/ekonomi-digital/9K5e4o1K-jelang-harbolnas-e-commerce-berlomba-genjot-kualitas-layanan

 

Muklis, A. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Tipe MX King (Studi pada Pengguna Sepeda Motor Yamaha Tipe MX King Di Sangatta). Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 9(4), 314. Diambil dari: https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jadbis/article/view/6005

 

Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195. Diambil dari: https://ejournal.kompetif.com/index.php/dayasaing/article/view/665/509

 

Munthohar. (2016). Dimensi Pendidikan : Jurnal Pena (D. Hakam (ed.)). Blitar: Media Nusa Creative.

 

Nizamuddin, Azan, K., Anwar, K., Ashoer, M., Nuramini, A., Dewi, I., Abrory, M., Pebriana, P. H., Basalamah, J., & Sumianto. (2021). Metodologi Penelitian : Kajian Teoritis Dan Praktis Bagi Mahasiswa. Riau: Dotplus Publisher.

 

Nofiana, L., & Wardani, R. (2024). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nabati Siip Pada PT Pinus Merah Abadi Di Sampit. Urnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 127–137. Diambil dari: https://jurnal.stie-sampit.ac.id/index.php/Ojs/article/view/185

 

Noor, Z. Z. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

 

Nugraheny, D., & Setiawan, S. (2024). Wamenperin: Pasar Kosmetik Indonesia Terus Tumbuh, Harus Dimanfaatkan Pelaku Usaha. Diambil dari: https://money.kompas.com/read/2024/10/30/104000126/wamenperin--pasar-kosmetik-indonesia-terus-tumbuh-harus-dimanfaatkan-pelaku?page=all

 

Nurfitri Imro’ah, I. S. N. N. D. (2020). Analisis Regresi Dengan Metode Least Absolute Shrinkage and Selection Operator (Lasso) Dalam Mengatasi Multikolinearitas. Bimaster : Buletin Ilmiah Matematika, Statistika Dan Terapannya, 9(1), 31–38. Diambil dari : https://doi.org/10.26418/bbimst.v9i1.38029

 

Nurhayati. (2023). Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen (Edisi Pert). Pekalongan: Penerbit NEM.

 

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 150–160. Diambil dari: https://journal.laaroiba.com/index.php/elmal/article/view/473

 

Prayoga, I. K. W. (2023). Electronic Word of Mouth, Brand Image, dan Purchase Intention:Konsep dan Studi Kasus Pada Calon Konsumen Kedai Kopi Fore Coffee (Edisi Pert). Cilacap: Media Pustaka Indo.

 

Putri, F. A. P., & Patrikha, F. D. (2021). Pengaruh e-Service Quality Dan e-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik di Aplikasi Soco. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 449–460. Diambil dari : http://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/JMSAB/article/view/329

 

Rahardja, U., Sudaryono, & Heru Riza Chakim, M. (2023). Statistik Deskriptif : Teori. Rumus. Kasus Untuk Penelitian. Banten: Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM)..

 

Ramadani, D. C., & Hartiyah, S. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan Dan Komisaris Independen Terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014 sampai 2018). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(2), 238–247. Diambil dari : https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jebe/article/view/1219

 

Rifkhan. (2023). Pedoman Metodologi Penelitian Data Panel dan Kuesioner (Edisi Pert). Indramayu: CV Adanu Abimata.

 

Rizkia, N. D., Istianingsih, N., Wildan Nuryanto, U., Permata Surya, A., Susriyanti, Rahmat, Misno, Enjelina Bander, S., Safarida, N., Indrajaya, S., G. Yudawisastra, H., & Dwi Atmoko, A. (2023). Metodologi Penelitian Bisnis (M. Andi Wardana (ed.)). Bali: Penerbit Intelektual Manifes Media.

 

Samsiyah, S. (2023). Perilaku Konsumen (Edisi Pert). Sumedang: CV. Mega Press Nusantara.

 

Sari, T. P., & Ambardi. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare the Originote. JAMMI-Jurnal Akuntasi UMMI, 4(1), 25. Diambil dari: https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/jimat/article/view/2252

 

Setyono, V., Darmawan, Y., David, M., & Hadad, A. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Marketplece Shopee. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 96–103. Diambil dari: https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jebaku/article/view/1467

 

Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79–94. Diambil dari: https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/329

 

Siregar, A. I. (2024). Studi Literature: Hubungan E-WOM dan Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Multidisplin, 3(1), 50–58. Diambil dari: https://greenpub.org/JIM/article/view/547

 

Sudana, I. K., Luh Putu Yesy Anggreni, N., & Putu Eka Indrawan, I. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kober Mie Setan. Universitas PGRI Mahadewa Indonesia, 22(2), 555–561. Diambil dari: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/widyadari/article/view/1397

 

Supardin, L., Arisman, & Anne Dharasta, Y. S. M. (2022). The Effect of Electronic Word of Mouth and Price on Purchase Decision Mie Ayam Bu Tumini at Yogyakarta. 5(Vol. 5 No. 2 (2022): Juli 2022), 12. Diambil dari: https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/bisman/article/view/2054

 

Susmonowati, T., & Khotimah, H. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Persepsi Nilai Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Lazada. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 197. Diambil dari: https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab/article/view/408

 

Syahidin, S., & Adnan, A. (2022). Analisis Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Bengkel Andika Teknik Kemili Bebesen Takengon. Gajah Putih Journal of Economics Review, 4(1), 20–32. Diambil dari: http://jurnal.ugp.ac.id/index.php/gpjer/article/view/209

 

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166. Diambil dari: jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/article/view/25

 

 

Syarifuddin, Bata Ilyas, J., & Sani, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia Pada Kantor Dinas Di Kota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2), 55. Diambil dari: https://ojs.stieamkop.ac.id/index.php/biemr/article/view/102

 

Teguh, F. (2023). Tata Kelola Destinasi : Membangun Ekosistem Pariwisata. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

 

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. Diambil dari : https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/view/2281

 

Usman, M. L. L., & Gustalika, M. A. (2022). Pengujian Validitas dan Reliabilitas System Usability Scale (SUS) Untuk Perangkat Smartphone. Jurnal Ecotipe (Electronic, Control, Telecommunication, Information, and Power Engineering), 9(1), 19–24. Diambil dari : https://shorturl.at/myxbS

 

Yonathan, V., & Angreni, T. (2021). Pengaruh Promosi di Aplikasi Youtube dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 1(1). Diambil dari : https://jurnal.buddhidharma.ac.id/index.php/pros/article/view/1153

 

Yudistira, C. P. (2024). Buku Ajar Mata Kuliah Statistika. Yogyakarta: CV Budi Utama.

 

Zalzabila, D. A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Produk Dunkin’Donuts Di DKI Jakarta. 9(2), 115–126. Diambil dari : https://library.universitaspertamina.ac.id/xmlui/handle/123456789/11570