Dalam era globalisasi persaingan bisnis menjadi sangat kuat, baik di pasar domestik maupun di pasar global. Untuk memenangkan persaingan suatu perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya. Perusahaan harus memiliki strategi untuk menciptakan kepuasan bagi para konsumennya dengan memberikan kualitas produk yang baik dan memiliki brand sebagai identitas dari sebuah produk tujuannya untuk memperkenalkan kepada konsumen agar dapat tertarik pada produk tersebut dan terjadinya keputusan pembelian pada konsumen. Penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian pada merk cat tembok Nippon Paint (Studi kasus CV.Sinar Borneo Utama Pondeok Gede). Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan sampling jenuh. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner online melalui google form dan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS
version 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan 66,7% responden setuju bahwa hasil akhir dari pengecatan produk cat Nippon Paint memberikan tampilan yang estetik dan menarik, sedangkan brand image menunjukkan pengaruh positif dan signifikan dengan 73,3% responden setuju logo Nippon Paint sangat khas dan unik sehingga mudah dikenal banyak kalangan. Uji simultan menunjukkan bahwa baik kualitas produk dan brand image secara bersama-sama mempengaruhi keputusan pembelian, dengan kontribusi 84,8%. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya memberikan edukasi pada produk dan inovasi kualitas produk serta konsistensi pada brand image untuk
menigkatkan keputusan pembelian.
Artikel
Full_Text
Alfiah, A., Suhendar, A., & Yusuf, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Vinyl Flooring Merek Taco di CV Indosanjaya Kota Bandung. Seiko Journal of
Management & Business, 494.
Cahayani, C. O., & Sutar. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Brand Image dan Dampaknya Terhadap
Keputusan Pembelian Pada Produk Aldo Shoes. Jurnal Ekobis : Ekonomi, Bisnis, & Manajemen, 210
212.
Hanisa. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian NIppon Paint di Kota Palopo.
Repository IAIN PALOPO, 42.
Kusuma, R. W. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan.
Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen , 12.
Lumentut, D. M., & Walo, S. K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen pada PT. Samudera Mandiri Sentosa Bitung. Global Leadership Prganizational
Research in Management, 367.
M. S., & D. R. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Cat Tembok
Propan di Depo Bangunan Bandung. Nusantara Journal pf Multidiciplinary Sciense, 321.
Ma'ruf, A., & Widajanto, M. B. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan After Sales Service
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cat Tembok Dulux Catylac Cabang Mitra10 Ahmad Yani
Surabaya. Management & accounting Research Journal Global, 2-4.
Nasution, L. E. (2024). Pengaruh Sales Promotion dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk
Cat di PT Decorindo Jaya. Senashtek 2024, 325.
Sari, A. J., Udayana, I., & Cahya, A. D. (2022). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Studi Kasus Variabel Green Marketing dan Brand Ambassador UMKM Ngudi Rejeki Kelorida. Jurnal
Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah, 315.
Susanto, & Dedy. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cat
Mowilex di Tanjung Pinang. School of Electronics and Computer Science, 21-23.