PENGARUH VIRAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS DARI DOKTER DETEKTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SERUM HANASUI DI JAKARTA BARAT

research
  • 09 Mar
  • 2025

PENGARUH VIRAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS DARI DOKTER DETEKTIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SERUM HANASUI DI JAKARTA BARAT

Keputusan pembelian adalah langkah akhir yang diambil konsumen untuk memutuskan apakah akan membeli suatu produk atau layanan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh viral marketing dan brand awareness dari Dokter Detektif terhadap keputusan pembelian serum skincare Hanasui. Viral marketing, yang memanfaatkan penyebaran konten secara cepat melalui media sosial, diasumsikan dapat memengaruhi brand awareness dan keputusan pembelian konsumen. Brand awareness, sebagai kesadaran konsumen terhadap merek, berperan dalam membangun kepercayaan dan memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Populasi penelitian mencakup masyarakat di Jakarta Barat, dengan sampel sebanyak 96 responden, ditentukan melalui rumus Cochran. Analisis data dilakukan menggunakan uji T dan uji F untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viral marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (t hitung 2,720 > 1,985; sig. 0,008 < 0,05). Brand awareness juga terbukti berpengaruh signifikan (t hitung 6,121 > 1,985; sig. 0,000 < 0,05). Secara simultan, viral marketing dan brand awareness berpengaruh terhadap keputusan pembelian (F hitung 54,549 > 3,09; sig. 0,000 < 0,05).

 

 

Unduhan

 

REFERENSI

Agita, N., & Meliana, V. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lacoco en Nature. Streaming, 1(2), 84–89. https://doi.org/10.53008/streaming.v1i2.1456

Bilqist, S., Basalamah, M. R., & Normaladewi, A. (2023). Pengaruh Influencer Marketing, Brand Awareness, dan Viral MarketingTerhadap Keputusan Pembelian Skintific di TikTok (Studi Kasus Mahasiswa Kota Malang). E – Jurnal Riset Manajemen, 13(1), 3934–3942.

Diawati, P., Putri, R. R., Sugesti, H., Hakim, L., & Farizki, R. (2021). Pengaruh brand ambassador dan viral marketing terhadap proses keputusan pembelian pada konsumen marketplace. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 560. https://doi.org/10.29210/020211245

Farley Rafa Aurellia, Hanny Hafiar, & Priyatna, C. C. (2023). Analisis Media Monitoring terhadap Brand Kecantikan Hanasui pada Bulan Maret 2023. Jurnal Riset Public Relations, 149–160. https://doi.org/10.29313/jrpr.v3i2.3210

Ghozali, I. (2021). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE dengan Program IBM SPSS 26 (Edisi 10). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Karisma, N., & Hanifah, R. N. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, dan Brand Awerness terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Karawang. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 8(1), 608. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.830

Linawati, E. H., Aini, F. Q., Rahayu, L., Masandi, N. R., Handayani, F., Khoir, M. Z., & Estiasih, S. P. (2023). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembeliann ( Studi Kasus Gerai Mixue Gayungsari ). 1986–1995.

Maulida, A. R., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 27–37. https://doi.org/10.37606/publik.v9i1.260

Natalia, L., & Sudrajat, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing Dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), 47. https://doi.org/10.35906/equili.v11i1.980

Niagara, A., & Sari, O. Y. (2023). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian E-Commerence Shopee. Cakrawala Repositori IMWI, 6(2), 1256–1265. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i2.309

Ningrum, S. P., Tobing, R. P., Bisnis, F., Media, U., & Citra, N. (2022). Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Produk Skincare Brand Korea Selatan. 2(4).

Nur, A., & Budi, P. (2023). Jurnal Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2 No.2 Juli, Tahun 2008, 3(2), 79–92.

Pratama, C. A. Z., Dewi, R. S., & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sunscreen Wardah melalui Brand Awareness sebagai Variabel Intervening (Studi pada Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(1), 59–69. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.33406

Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN : Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Edisi 2). ALFABETA, CV.

Suhaemi. (2023). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Ms Glow. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(3), 48–61. https://doi.org/10.61132/maeswara.v1i3.65

Supangkat, A. S., & Pudjoprastyono, H. (2022). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sariayu Martha Tilaar di Kota Surabaya. Widya Manajemen, 4(2), 140–149. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i2.2875

Zulfikar, R. et all. (2024). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (TEORI, METODE DAN PRAKTIK) (E. DAMAYANTI (ed.)). WIDINA MEDIA UTAMA.