Analisis Kinerja Mekanik Bengkel Zicspeed Menggunakan Metode 360 Degree Feedback
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja mekanik di Bengkel ZicSpeed dengan menggunakan metode 360 Degree Feedback. Dalam lingkungan industri otomotif yang kompetitif, pen ting bagi bengkel untuk memastikan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan melalui evaluasi kinerja mekanik yang komprehensif. Metode 360 Degree Feedback melakukan penilaian dari berbagai sumber, termasuk atasan, rekan kerja, pelanggan, dan penilaian diri sendiri, sehingga memberikan gambaran menyeluruh mengenai kinerja individu. Menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data dari survei, wawancara, dan studi pustaka, dengan fokus pada aspek kinerja mekanik seperti kecepatan penyelesaian, kualitas layanan, kepuasan pelanggan, dan kompetensi teknis. Penelitian ini melibatkan 10 mekanik dari dua kategori kendaraan (motor dan mobil) selama periode penelitian dari Oktober hingga Desember 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kerja mekanik mencapai 90% untuk motor dan 91,2% untuk mobil, dengan rata-rata waktu penyelesaian pekerjaan 2,9 jam. Kepuasan pelanggan dan kerja sama tim dengan nilai 7,65 untuk motor dan 8 untuk mobil, menunjukkan adanya ruang untuk perbaikan dalam aspek layanan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi metode 360 Degree Feedback efektif dalam mengevaluasi kinerja dan menawarkan rekomendasi untuk perbaikan, termasuk peningkatan pelatihan mekanik dan strategi pelayanan pelangganPenelitian ini diharapkan memberi kontribusi dalam pengembangan praktik manajemen kinerja di industri otomotif.
Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Metode 360 Degree Feedback
Cover
Full Skripsi
Anderson, L.W., Krathwohl, D.R., Airasian, P.W., Cruikshank, K.A., Mayer, R.E., Pintrich, P.R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2023). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives.
Apriliana, A., & Sukaris, S. (2022). Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi, 11(2), 498–504. https://doi.org/10.31959/jm.v11i2.1246
Arifin, N. (2017). Umpan balik 360° sebagai metode evaluasi kinerja dalam organisasi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 9(1).
Brown, C., & Garcia, R. (2023). Implementing Problem-Based Learning in Social Studies: Strategies and Outcomes. Educational Research Quarterly, 42(1), 78–94.
Brown, G. . (2017). Unit Operation. Wiley & Sons.
Carter, W. K. (2015). Akuntansi Biaya, Edisi Keempat Belas, Jilid I, Terjemahan oleh Krista. Penerbit Salemba Empat.
Creswell, J. W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches— 4th ed. SAGE Publications, Inc.
Deci, L. E., & Ryan, E. M. (2018). Handbook Of Self-Determination Research. The University Of Rochester Press.
Dowling, J. dan, & Pfeffer, J. (2020). Organizational Legitimacy: Social Values and Organizational Behaviour. 18(1), 122–136.
Hidayat, F., & Kurniawan, A. (2021). Pengaruh penilaian 360° terhadap kinerja karyawan di industri otomotif. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(2), 123–134.
Jex, S. M., & Britt, T. W. (2020). Organizational Psychology: A Scientist-Practitioner Approach (3rd Editio). WILEY.
Jhon., A. P. I., B., R., & Jr., R. (2021). Manajemen Strategis : Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian,. Salemba Empat.
Johnson, A., & Lee, A. (2021). Enhancing Learning Through Problem-Based Learning: A Case Study in Elementary Education. International Journal of Teaching and Learning, 18(4), 123–140.
Kane, A., Bodie, Z., & Marcus, A. J. (2019). Investment (10th ed.). McGraw-Hill Publisher.
Kastolani, M., & Ardiyanto, F. (2017). Metodologi penelitian untuk bisnis dan manajemen. Penerbit Abadi Press.
Khan A, Khan A, Khan S, Khan SU, K. M. (2018). Causes and coping strategies for stress among employee. Journal of Physical Fitness, Medicine & Treatment in Sports., 1(4).
Locke, E. A., & Latham, G. P. (2021). New Directions in Goal-Setting Theory. Current Directions in Psychological Science, 15, 265–268.
Nugroho, T., & Santoso, R. (2022). Evaluasi kinerja mekanik menggunakan 360° feedback di bengkel otomotif. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 12(3), 45–56.
Nurfani, A. (2024). Analisis kinerja karyawan dengan metode 360 degree feedback pada cv. gemilang niaga jakarta barat. Universitas Bina Sarana Informatika.
Phillip, K., & Keller, K. (2016). Marketing Management, Edisi: 15e,. Person Education.
Schein, E.H. and Schein, P. A. (2017). Organizational Culture and Leadership (5th Editio). Wiley & Sons.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan Keahlian Edisi 6 Buku 2.
Sidoarjo. (2022). Analisis Data Kuantitatif: Metode Menggunakan Data Numerik untuk Mengevaluasi Objek atau Fenomena. Jurnal Statistika Dan Penelitian, 14(2), 45–56.
Simamora M, P. A. (2020). Change of Taste Sensivity of Clove Cigarette Smokers in Medan. Journal of Dentistry Indonesia., 9(1), 27–30.
Smith, K. J. (2020). A Theory Of Goal Set and Task Perform.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D (Cet.29). Alfabeta Sumarsid dan Rasipan.
Susanto, R., & Andriana, A. D. (2019). ANALISIS METODE 360 DERAJAT UNTUK PENILAIAN KINERJA KARYAWAN. Majalah Ilmiah UNIKOM, 19–24.
Wijaya, A. (2023). Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap kinerja mekanik bengkel dengan metode 360° feedback. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 15(1), 67–78.
Zainuddin, I. (2024). METODE PENELITIAN (Issue July). CV.EUREKA MEDIA AKSARA.