Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Alfamart Sahid Sudirman, Jakarta Pusat

research
  • 08 Mar
  • 2025

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Alfamart Sahid Sudirman, Jakarta Pusat

Persaingan dalam bisnis ritel di Indonesia semakin ketat. Untuk tetap bersaing, bisnis ritel harus memastikan selalu memberikan pelayanan yang baik agar tetap menjadi pilihan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kualitas pelayanan dan promosi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di Minimarket Alfamart Sahid Sudirman. Penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Alfamart Sahid Sudirman, sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, sementara analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linier berganda yang dibantu dengan SPSS versi 26.Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas pelayanan dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Minimarket Alfamart Sahid Sudirman, Jakarta Pusat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan maupun promosi memiliki pengaruh yang signifikan, baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian konsumen di Minimarket Alfamart Sahid Sudirman, Jakarta Pusat.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Keputusan Pembelian

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

Anastasia, S. S., Gusti, R., & Mekar, A. M. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Penerapan Praktis Analisis Data Berbasis Studi Kasus. PT Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books/about/metode_penelitian_kuantitatif_teori_dan.html? hl=id&id=ku3meaaaqbaj&redir_esc=y

Anugrah, K., & Sudarmayasa, I. W. (2020). Kualitas Pelayanan Jasa Akomodasi. Gorontalo : In Ideas Publishing.

Arief, P. B. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan terhadap keputusan Konsumen membeli tiket pesawat online di Traveloka. Universitas Islam Negri Raden Mas Said Surakarta. https://eprints.iain-surakarta.ac.id/6338/

Chaniago, H. (2021). Manajemen Ritel (Issue November). Bandung : Edukasi Riset Digital. Didik, G. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social

Media Marketing. PT Inovasi Pratama Internasional.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran produk dan merek (1st ed.). Surabaya : Qiara Media.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan (Vol. 11, Issue 1). Surabaya : Unitomo Press.

Kurnianingsih, W., & Sugiyanto, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada PT Nestle Indonesia. Universitas Pamulang, 1, 510–524.

Lutfi. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan pembelian konsumen PT Agres Info Teknologi. Universitas Bina Sarana Informatika.

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Univ. Islam Negeri. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50319/

Maharani, A., & Saputra, F. (2021). Relationship of Investment Motivation , Investment Knowledge and Minimum Capital to Investment Interest. Journal of Law Politic and Humanities, 23–32.

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326

Nuraeni. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Online Grab (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 94–100

78

Restiani Widjaja, Y., & Wildan. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.51977/sainsm.v5i1.1007

Rifkhan. (2023). Pedoman Metodologi Penelitian Data Panel dan Kuesioner. Indramayu : CV. Adanu Abimata.

Sa’adah, L., & Munir, A. F. (2020). Kualitas Layanan, Harga,Citra Merk Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen. LPPM Universitas KH.A Wahab Hasbullah.

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. Medan : KBM Indonesia.

Salim, A. I. (2019). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian : Konsep dan Teori. Malang : MNC (Media Nusa Creative).

Saptadi, T., Finatry, L., & Puji, L. N. (2024). Manajemen Promosi Produk. Kota Batam : Cendekia Mulia Mandiri.

Sari, B. T. (2023). Determinasi Kualitas Laporan Keuangan Pada Organisasi Bisnis (Tinjauan pada UMKM). Padang Sidempuan : PT Inovasi Pratama Internasional.

Sari, R., & Prihartono. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. 5.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman : Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Wangsa, I. N. W., Bayu, R. G., Nyoman, Y. K. N., & Made, D. I. (2022). Promosi Penjualan

Untuk Membangun Electronic Word Of Mouth. Klaten : Lakeisha.
Widiawati, N. (2020). Metodologi Penelitian : Komunikasi dan Penyiaran Islam. Tasikmalaya :

Edu Publisher.

Willy. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan promosi terhadap loyalitas pelanggan Indomaret cabang Garut Selatan.