Fransina Titirloloby (64207348) Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli Konsumen Blibli Pada Mahasiswa di Jakarta Barat.
Pada penelitian ini terdapat online customer review dan rating yang dijadikan sebagai variabel independen dan minat beli konsumen sebagai variabel dependen. Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis seberapa besar pengaruh online customer review dan rating terhadap minat beli konsumen, dan menganalisis seberapa besar pengaruh online customer review dan rating berpengaruh secara bersama-sama atau simultan terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus unknown population yang berarti menghitung ukuran sampel dari populasi yang tidak diketahui. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan observasi. Hasil perhitungan uji t dimana nilai sig tidak berpengaruh secara parsial X1 terhadap Y adalah sebesar 0,362 > 0,05 dan nilai t hitung 0,917 < t tabel 1,661. Sehingga online customer review tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, kemudian perhitungan uji t dimana nilai sig berpengaruh secara parsial X2 terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 7,455 > t tabel 1,661. Sehingga rating berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen. Maka dari itu bahwa dari hasil perhitungan tersebut diduga H1 dan H2 bersama-sama atau secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen blibli pada mahasiswa di jakarta barat.
Kata kunci : Online Customer Review, Rating dan Minat Beli Konsumen
Cover_Fransina Titirloloby_64207348
Full text skripsi_Fransina Titirloloby_6407348
Aini, D. R., & Astuti, S. R. T. (2022). Pengaruh Electronic Word-Of-Mouth dan Rating Konsumen di Situs Female Daily terhadap Minat Beli Produk dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Female Daily di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–12.
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/index
Aji, M., Nurlenawati, N., Triadinda, D., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., & Buana Perjuangan Karawang, U. (2023). The Influence Of Online Customer Review And Customer Rating On Interest In Buying Fashion Products On The Shopee Platform (Study On Management Students At University Buana Perjuangan Karawang) Pengaruh Online Customer Review Dan Customer Rating Terhadap M. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 9373–9392. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Alfiansyah, D., & Ismunandar, I. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Scoopy Di Kota Bima. Jurnal Dimensi, 9(2), 352–368. https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2546
Antonia, Melvy, et al. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Harga , dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Marketplace Blibli ( Studi Kasus Pada Pelanggan di Kota Tangerang ). Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 2(2), 1–10.
ARTAMEVIAH, R. (2022). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.
Aziza, N. (2023). Metodologi penelitian 1 : deskriptif kuantitatif. ResearchGate, July, 166–178.
Banjarnahor et al. (2021). Pengertian Online Customer Review.
Cahyadi, M. &. (2021). The Effect of Rating, Online Consumer Review and Sales Promotion on Purchase Intention on the Gofood Application. Formosa Journal of Sustainable Research, 2(3), 565–590. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i3.3477
Di, S., & Cimahi, K. (2024). Fakultas Ekonoi dan Bisnis, Universitas Jenderal Achmad Yani Cimahi 1 2 E-mail: 08(03), 1–13.
Erwin, E. (2024). PEMASARAN DIGITAL (Teori dan Implementasi) (Issue January). https://www.researchgate.net/publication/377638698
Fang Wang, Zhao Du, S. W. (2023). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Beli Di Tokopedia. AT- TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21.
https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.21-26.
Febriana Eka Dewi, Ari Kuntardina, E. A. (2022). PENGARUH ONLINE
CUSTOMER REVIEW DAN RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus
Mahasiswa STIE CENDEKIA Bojonegoro angkatan 2017). JEMB : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 90–99.
Gultom, R., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh Customer Review, Customer Rating Dan Konten Marketing Terhadap Minat Beli Produk Fashion Di Tiktok Shop Kota Batam. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia , 23(2), 72.
Harli et al. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan kemudahan pengguna Aplikasi Online ShopShopee Terhadap Minat Beli. 9, 356–363.
Harli, I. I., Mutasowifin, A., & Andrianto, M. S. (2021). Pengaruh Online Consumer Review dan Rating terhadap Minat Beli Produk Kesehatan pada E- Marketplace Shopee Selama Masa Pandemi COVID-19. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 558–572. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.205
Keller, K. dan. (2016). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 2004, 6–25.\
Khaivi, P. D., & Sismanto, A. (2024). Pengaruh E-Wom, Price Discount, Online Customer Review, Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Platform Shopee. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 5(2), 732–750. https://doi.org/10.36085/jems.v5i2.6475
Komariyah. (2022). Pengaruh customer review, customer rating, dan celebrity endorser terhadap minat beli melalui kepercayaan di online shop Shopee. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 4(1), 67–83. https://doi.org/10.37631/ebisma.v4i1.874
Li & Zhang dalam Hermawan Wibisono. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Purchase Intention. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., Mi, 5–24.
Mawa, S. F., & Cahyadi, I. F. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus Angkatan 2017). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(2), 253. https://doi.org/10.21043/bisnis.v9i2.11901
Mita Istinawati, & R.A. Nurlinda. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 131– 153. https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i2.750
Muljadi, S. &. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PADA PENGGUNA SHOPEE DI KECAMATAN MEDAN SUNGGAL FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Di Fakultas.
Mulyandi. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Implora Cheek & Liptint di Shopee Pada Pelanggan Implora Cosmetics di Desa Bangun Sar. 1–85.
Niswatussolihah, S., Karina Fawzeea Sembiring, B., Marhayanie, & Hiyanti, S. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Perceived Quality Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Parfum Local Brand Hmns Pada Pengguna Instagram Dan Twitter. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEKOMBIS), 2(4), 244–261.
https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jekombis/article/view/2596%0Ahtt ps://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jekombis/article/download/259 6/2480
Noviani & Siswanto. (2022). Pengertian Rating. 1–23.
Olympia, & Yudhi Koesworodjati. (2023). Pengaruh Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Clothing Skippers Bandung). (Doctoral Dissertation, Universitas Pasundan Bandung)., 90.
Ovaliana, W. D., & Mahfudz. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Make Over pada Marketplace Shopee di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 11(3), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Priyanto, M., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Aksesoris Pakaian Di Toko Mingka Bandung. Value, 2(1),57–66. https://doi.org/10.36490/value.v2i1.184
Putri, F., & Ihwan, F. (2024). YUME : Journal of Management Peran Customer Review dan Customer Rating Terhadap Minat Beli Online Melalui Kepercayaan ( Studi Pada Konsumen Shoppe Di Kota Surakarta ). 7(2), 1250–1260.
Rafa Naufal Hanifah, & Arif Fadila. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Lazada. Public Service and Governance Journal, 4(1), 230–245. https://doi.org/10.56444/psgj.v4i1.1012
Ramadhani, T., Budimansyah, B., & Sanjaya, Vi. F. (2021). PENGARUH RATING DAN ONLINE CONSUMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI PEMEDIASI PADA MARKETPLACESHOPEE DALAM PERSFEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 143–162. https://doi.org/10.24042/revenue.v2i2.9623
Ramadhani, T., Budimansyah, & Sanajaya, V. F. (2021). Pengaruh Rating Dan Online Consumer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Marketplace Shopee Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2), 143–162.
Rasyid, A., Basalamah, M. R., & Wahono, B. (2023). Pengaruh Online Customer Review, Customer Rating Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Di Tokopedia. E – Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma, 12(01), 510–518.
Rating, P., & Metode, D. A. N. (n.d.). PEMBELIAN PADA TIKTOK SHOP ( Studi Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi di Medan ) SKRIPSI.
Rini, Y. F., Wahyudi, H., & Amrullah. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Marketplace Blibli di Kota Padang. Seminar Nasional Riset Ekonomi Dan Bisnis 2022, 379.
Riyanjaya, N. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Produk Wardah Di Situs Belanja Online Shopee. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(5), 927–944. https://doi.org/10.47467/elmal.v3i5.1179
Saleh, Q., Wahono, B., & ABS, M. K. (2022). Pengaruh Online Costumer Review Dan Costumer Rating Terhadap Minat Beli di Tiktok Shop (Studi pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang). 12(02), 221–232.
Sukirman. (2023). Pengertian Rating. 12(4).
Sukirman, R., Kumalasari, F., & Hendrik. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Shopee. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(1), 152–159. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i1.845
Suryani, Adawiyah, & S. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Online Customer Review dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Somethinc di Marketplace Shopee Indonesia. 13.
Swesti. (2023). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Online Customer Review. 21(4),162.
Triwikrama. (2023). Pengaruh Live Streamning dan online Customer Review Terhadap Buying Decision Pada Pelanggan Radysa Medan di Shopee.
Utami, F. W., & Istiyanto, B. (2024). Pengaruh Online Customer Review, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus Pada Konsumen Hand and Body Lotion Vaseline di Solo Raya). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 756–769.
Wicaksana et al. (2022). Pengertian Rating. Stie Indonesia Jakrta, 7–8.
Widyana dan Permatasari. (2023). Online Customer Review Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 13, 19.
Zed, E. Z., Ratnaningsih, Y. R., & Kartini, T. M. (2023). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang. Mirai Management, 1(1), 14–23