Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Commuter Line Rute Bogor Ke Jakarta Kota di Stasiun Citayam

research
  • 06 Mar
  • 2025

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Commuter Line Rute Bogor Ke Jakarta Kota di Stasiun Citayam

Sistem transportasi yang terintegrasi menjadi salah satu keberhasilan pembangunan kota serta faktor penentu kualitas hidup sosial daerah atau negara. Commuter Line ialah transportasi umum yang menjadi salah satu pilihan masyarakat Jabodetabek serta minat penggunaan Commuter Line masyarakat setiap tahun menjadi prioritas utama dalam peningkatan kualitas pelayanan dan fasilitas untuk kepuasan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan Commuter Line Rute Bogor ke Jakarta Kota di Stasiun Citayam. Metode penelitian kuantitatif menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik accidental sampling dan menerapkan rumus Lemeshow pada 100 responden. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, dokumentasi, observasi, dan kuesioner menggunakan Google Form dengan skala likert 1-5. Analisis data menggunakan regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas pelayanan dan fasilitas menjelaskan 58,9% variansi kepuasan pelanggan. Pengujian hipotesis menunjukkan kualitas pelayanan (Thitung=2,995; Sig=0,003) dan fasilitas (Thitung=6,382; Sig=0,000) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Serta (Fhitung=69,609; Sig=0,000) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

Unduhan

 

REFERENSI

Adawia, P. R., Azizah, A., Endriastuty, Y., & Sugandi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Kereta Api Commuter Line (Studi Kasus Commuter Line Arah Cikarang Ke Jakarta Kota). Sebatik, 24(1), 87–95. https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i1.869

Afan Zaini, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen “Warung Bek Mu 2” Banjaranyar Paciran Lamongan). AL Maqashid : Journal of Economics and Islamic Business, 2(2), 47–54. https://doi.org/https://doi.org/10.55352/maqashid.v2i2.269

Aisha, N., & Azhar, M. E. (2022). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Tamu Menginap Di The Hill Resort Sibolangit. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 3(1), 361–377. https://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/semnas/article/view/5217

Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 5(2), 180–194. http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/481

Alfisyahri, F., Fadli, A., Sihombing, E. H., Septiani, R., & Chaniag, S. (2023). Relevansi antara Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Produk Dengan Tarif (Biaya Tol) Sebagai Alternatif Pendukung Untuk Kepuasan Pengguna Jalan Tol (N. Duniawati (ed.)). Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=wMupEAAAQBAJ

Amanulloh, P., Arisman, A., & Barlian, B. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli (Survei Pada Konsumen Toko Pakaian Area Singaparna Tasikmalaya). Glory (Global Leadership Organizational Research in Managemennt), 1(4), 83–107. https://doi.org/https://doi.org/10.59841/glory.v1i4.329

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Perspective of Contemporary Islamic Studies, 14(1), 15–31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624

Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (F. Sukmawati (ed.)). Pradina Pustaka. https://books.google.co.id/books?id=B5t1EAAAQBAJ

Andini, R., & Amboningtyas, D. (2020). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Sebagai Akuntan Publik: Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Pandanaran. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(1), 297–302. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/103451155/352891348-libre.pdf?1686967575=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DAnalisis_Faktor_Faktor_yang_Mempengaruhi.pdf&Expires=1740406403&Signature=ab7FltqRJ1NAZNSgU-DTfshMoh1XPTsZPYfSvidwWlCldiIOEQnt4Vf4RCj9O2DpF0cCX6omFTN~uZDO3fPhxguQHwpQO833~TfBfhAp4E29JATdzZ1ew9yGMiiCAxeyaDXwQOPhPRcX9kF0cL4eMKpYwbR9B8yFzdISgxK7ArJJqRnzq9vujzO~uVE9hmBWjPAhcCA7Rr~EKymJ0r8sPIfsmR5u3~GnxDewzU67LYM5y1CDjuvpJUQtoX9Z8qTrGlsP-hqztEKI2eEbRlANEcKuB8wp0hxfbKiFcIxcA4c5rsjsNMJA9gT-NqB~0OJ4ZS13T~BJyK--5Oy-nTdsug__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA

Anggaraeni, N. M. (2021). Pengaruh Waktu Tunggu, Keramahan Petugas Dan Kompetensi Petugas Terhadap Kepuasan Pelanggan UPTD Puskesmas II Negara (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(2), 225–234. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i2.675

Anshar, M. C., Tendean, A., Kana, H., & Yunus, M. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Slipform Indonesia Makassar. Yume: Journal of Management, 4(3), 582–588. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.456

Apriliani, D., Baqiyyatus S, N., Febila, R., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Brand Image, dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Membercard. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-Bisma), 1(1), 20–30. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.214

Ardana, N. S., Sembada, A. D., & Ananti, D. D. (2024). Keterkaitan Pengalaman dan Kepuasan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Lawang Sewu Semarang. Panuntun (Jurnal Budaya, Pariwisata, Dan Ekonomi Kreatif), 1(2), 74–89. https://doi.org/10.61476/1j7fc262

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Azzahra, D., & Priyono, B. (2023). Pengaruh Ketersediaan Informasi KRL Access dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan KRL Commuter Line di Jabodetabek. Journal of Business Administration Economic and Entrepreneurship, 5(2), 93–102. https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jbest/article/view/709

Bawamenewi, A., & Hasoloan, A. (2022). Pengaruh Cita Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Yummy Foodcourt Medan (Komplek Cemara Asri). Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 2(2), 33–41. https://doi.org/https://doi.org/10.51622/jispol.v2i2.1150

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jmpis), 3(1), 211–224. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Cholis, N., & Irvawan, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Commuter Line Di Stasiun Kalideres. Jambis: Jurnal Administrasi Bisnis, 2(2), 264–276. https://doi.org/https://doi.org/10.31334/jambis.v2i2.2500.g1122

D’Ornay, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Sulselbar Cabang Parepare. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 8(2), 174–183. https://journal.stieamsir.ac.id/index.php/man/article/view/68

Damayanti, E., Kantun, S., & Tiara. (2022). Pengaruh Penggunaan Google Classroom terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri Ambulu Jember. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 62–68. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.350

Dedy, A., & Alfandi, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Sari Ater Hot Springs Resort Ciater. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 18–25. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.678

Detik.com. (2024). Keluh Kesah Penumpang KRL Akibat Kereta Kebanyakan 8 Rangkaian. Detik.Com. https://news.detik.com/berita/d-7376353/keluh-kesah-penumpang-krl-akibat-kereta-kebanyakan-8-rangkaian

Dewi, I. E. B., & Purnomo, H. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Promosi, dan Harga Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan (Studi Destinasi Wisata Taman Ghanjaran Trawas). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 2(4), 391–400. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/jkim.v2i4.18416

Elburdah, R. P. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Arena Agro Andalan. Jurnal Media Bina Ilmiah, 15(11), 5651–5658. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v15i11.1165

Evitria, D., Utamajaya, J. N., & Hermawansyah, A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Layanan Go Food Menggunakan Metode Pieces Framework. Jurikom (Jurnal Riset Komputer), 9(3), 522–527. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i3.4100

Fajar, M. M., & Rijaluddin, A. (2022). Pengaruh Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan Proyek Kontruksi Pada PT. Adhi Karya (Studi Kasus : Bendungan Rentang Jatitujuh Kab. Majalengka). Seminar Teknologi Majalengka (Stima), 6, 1–5. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/stima/article/view/755

Farrizqy, R. H., Suryono, R. R., & Megawaty, D. A. (2023). Analisis Kinerja Website Pelayanan Publik Menggunakan Webqual 4.0 (Studi Kasus: Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Lampung). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(3), 340–348. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/2985/930

Fishendra, M. N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu Kliri Coffee and Space Semarang. Jurnal Visi Manajemen, 8(1), 66–73. https://doi.org/10.56910/jvm.v8i1.199

Harahap, R., & Pakpahan, R. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Medan. Jurnal Visi Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 3(1), 337–348. https://doi.org/10.31857/s0320930x20040088

Haris, A. (2023). Kualitas Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Economics and Digital Business Review, 4(2), 334–349. https://doi.org/https://doi.org/10.37531/ecotal.v4i2.591

Hasibuan, R. M., Harahap, F., & Lubis, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Cafe Vanilla Panyabungan. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (Ipts), 4(3), 175–182. https://jurnal.ipts.ac.id/index.php/MISI/article/view/3007

Hendrawan, A. K., & Hendrawan, A. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Nelayan tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Saintara, 5(1), 26–32. https://openjurnalsystem.amn.ac.id/index.php/saintara/article/view/90

Hilmi, Marumu, M. N. H. D., Ramlawati, & Peuru, C. D. (2022). Pengaruh Jumlah Penduduk Dan Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten Tolitoli. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 4(1), 19–26. https://e-journal.unimaju.ac.id/index.php/GJIEP/article/view/14

Ibrahim, M., Mustanir, A., Adnan, A. A., & P, N. A. (2020). Pengaruh Manajemen Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat Di Desa Bila Riase Kecamatan Pitu Riase Kebupaten Sidenreng Rappang. Movere Journal, 2(2), 56–65. https://doi.org/https://doi.org/10.53654/mv.v2i2.118

Indriani, Y., Joesyiana, K., & Lussianda, E. O. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Perkreditan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Kantor Kas Hangtuah. Juria: Jurnal Ekonomi Utama, 2(3), 287–297. https://doi.org/10.55903/juria.v2i3.129

Insani, Y. D., & Setiyariski, R. (2020). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Front Office Department Melalui Tugas dan Tanggung Jawab Concierge Pada Hotel Savoy Homann. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(1), 13–28. https://doi.org/10.51977/jiip.v2i1.297

Iwan, & Saputra, A. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indocafe Pada Pt Prima Bintang Distribusindo. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.35829/magisma.v8i2.133

Jalaludin, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt Bina Sejahtera Bangun Persada Serang Banten. Akademik: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), 40–48. https://doi.org/10.37481/jmeb.v1i2.212

Jawapos.com. (2024). Senin Pagi, Penumpang KRL di Bogor hingga Depok Sudah Ngomel-ngomel, Apa yang Terjadi. Jawapos.Com. https://www.jawapos.com/jabodetabek/014694711/senin-pagi-penumpang-krl-di-bogor-hingga-depok-sudah-ngomel-ngomel-apa-yang-terjadi

Kamal, F., Winarso, W., & Mardiani, L. (2020). Peningkatan Kepuasan Mahasiswa Melalui Kualitas Pelayanan Akademik (Studi Kasus Pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam As-Syafi’Iyah Jakarta). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 33–45. https://doi.org/10.31599/jiam.v16i1.111

Kamila, N., & Wardhana, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Setelah Layanan Haji dan Umrah Dibuka Kembali Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: Ebad Wisata Tour and Travel Surabaya). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(1), 548–565. https://doi.org/10.35931/aq.v17i1.1431

Khotijah, N. Z., Suharti, T., & Yudhawati, D. (2020). Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Inflasi Terhadap Profitabilitas. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1), 40–47. https://doi.org/10.32832/manager.v3i1.3831

Koeswardhana, G. (2020). Analisis Kemampuan Laba Kotor, Laba Operasi Dan Laba Bersih Dalam Memprediksi Arus Kas Di Masa Mendatang. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(1), 41–48. https://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/170

Kompas.com. (2024). Pengguna KRL Minta Fasilitas Diperbaiki dan Jumlah Kereta Ditambah jika Tarif Naik. Kompas.Com. https://megapolitan.kompas.com/read/2024/09/02/14502111/pengguna-krl-minta-fasilitas-diperbaiki-dan-jumlah-kereta-ditambah-jika

Kompasiana.com. (2024). Evaluasi Celah Peron Kereta, Haruskah Menunggu Korban Berjatuhan Dulu? Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/noviar8266/664a92eec57afb5b39730982/evaluasi-celah-peron-kereta-haruskah-menunggu-korban-berjatuhan-dulu

Lieyanto, D. M., & Pahar, B. H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan. Bip’s Jurnal Bisnis Perspektif, 13(2), 88–101. https://doi.org/10.37477/bip.v13i2.216

Lumempow, R. K., Worang, F. G., & Gunawan, E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Swiss Bel Hotel Maleosan Manado. Jurnal Emba : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/45117

Mahanani, E., & Alam, I. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan D’besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen (Jam), 19(01), 11–21. https://doi.org/10.36406/jam.v19i01.550

Mahira, Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2(1), 1267–1283. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1233/825

Mandagie, Y. R. O., Febrianti, M., & Fujianti, L. (2020). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Pengalaman Investasi dan Toleransi Risiko Terhadap Keputusan Investasi (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Universitas Pancasila). Relevan: Jurnal Riset Akuntansi, 1(1), 35–47. https://doi.org/10.35814/relevan.v1i1.1814

Marisa, M., Yolanda, & Lusia, V. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Orang Tua (Studi Kasus Pada SDIT Al Muhajirin. Jurnal Manajemen Fe-Ub, 10(1), 23–47. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/manajemen/article/view/960

Marnovita. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pelanggan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 100–106. https://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4864/pdf

Maulidiah, E. P., Survival, S., & Budiantono, B. (2023). Pengaruh Fasilitas Terhadap Kualitas Pelayanan Serta Implikasinya Pada Kepuasan Pelanggan. Jurnal Economina, 2(3), 727–737. https://doi.org/10.55681/economina.v2i3.375

Merdeka.com. (2024). Penumpang KRL Ngamuk, Banyak AC Gerbong Kereta Mati, Begini Penjelasan KCI. Merdeka.Com. https://www.merdeka.com/uang/penumpang-krl-ngamuk-banyak-ac-gerbong-kereta-mati-begini-penjelasan-kci-165193-mvk.html?page=3

Millah, A. S., Apriyani, Arobiah, D., Febriani, E. S., & Ramdhani, E. (2023). Analisis Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153. https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1447

Millah, H., & Suryana, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Karyawan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Alfamart Di Desa Karangbong Kecamatan Pajarakan). Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 134–142. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/iqtishodiyah.v5i2.360

Mirella, N. N. R., Nurlela, R., Erviana, H., & Farrel, M. H. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi: Kepuasan Pelanggan Dan Minat Pembelian: Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga (Literatur Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 350–363. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.880

Murjani. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. Cross-Border, 5(1), 687–713. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Cross-Border/article/view/1141

Nasution, S. L. (2020). Pengaruh Kualitas Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Asam Jawa. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 88–94. https://doi.org/10.36987/ecobi.v7i2.1788

Nugroho, M. F. H. (2021). Pengaruh Insentif Finansial Dan Insentif Non Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Pengemudi Mitra Gojek Komunitas Laskar Sasaji Bandung Area Ciliwung Pt Karya Anak Bangsa. Journal Competency of Business, 5(2), 88–101. https://doi.org/10.47200/jcob.v5i02.1093

Oktavia, A. (2021). Pengaruh Gaji, Tunjangan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Nganjuk. Otonomi, 21(1), 48–55. https://doi.org/10.32503/otonomi.v21i1.1604

Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. T., & Jorie, R. J. (2022). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba Di Kota Lawang. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 68–77. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37534

Prasetyo, M. D., Susanto, S., & Maharani, B. D. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus Pada Pelanggan Barbershop Pojur Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(1), 23–32. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i1.427

Prena, G. Das, & Muliyawan, I. G. I. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 19(2), 131–142. https://doi.org/10.22225/we.19.2.1955.131-142

Priliandani, N. M. I., Pradnyanitasari, P. D., & Kurniawan, K. A. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 8(1), 67–73. https://doi.org/https://doi.org/10.30871/jaemb.v8i1.1608

Putra, O. Y. S., Sihombing, S., & Tasran, C. (2020). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Digital Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandara Internasional Kualanamu. Warta Ardhia Jurnal Perhubungan Udara, 46(1), 60–70. https://doi.org/10.25104/wa.v46i1.383.60-70

Rahmadayanti, T., & Murtadlo, K. (2020). Pengaruh Efektivitas Media Sosial, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas Pelayanan Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung di Curug Goa Jalmo Kabupaten Pasuruan. Malia: Jurnal Ekonomi Islam, 12(1), 125–136. https://doi.org/10.35891/ml.v12i1.2392

Rahmadhani, A. W., & Kinasih, R. K. (2024). Analisis Persepsi Pengguna Terhadap Layanan Commuter Line (Rute Depok–Jakarta Kota). Jurnal Gradasi Teknik Sipil, 8(1), 40–52. https://doi.org/https://doi.org/10.31961/gradasi.v8i1.2385

Rahmawati, M., & Finthariasari, M. (2021). The Effect of Brand Equity Toward Purchasing Decision of HP Laptop in Bengkulu City. Journal of Indonesian Management, 1(3), 341–346. https://doi.org/10.53697/jim.v1i3.212

Roesminingsih, M. V., Widyaswari, M., Rosyanafi, R. J., & Zakariyah, F. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif (T. E. B. Cendekia (ed.)). Bayfa Cendekia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=UpfvEAAAQBAJ

Samara, A., & Susanti, M. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Pengalaman Pengguna Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (E-Wallet) di Kalangan Mahasiswa Universitas Buddhi Dharma. Jurnal Riset Akuntansi, 1(2), 249–260. https://doi.org/10.54066/jura-itb.v1i2.700

Santoso, S., & Febriadi, Y. (2022). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pelanggan Korporat Pada Penggunaan Layanan Pengiriman Surat Dan Paket Di Kantor Pos Bengkulu 38000. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 12(1), 1–15. https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/promark/article/view/2124

Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada D ’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1801–1812. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6067

Sari, S. R., Andriani, S., & Sari, P. R. K. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Wanita Di Sumbawa Besar. Jebi: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 33–37. https://doi.org/10.37673/jebi.v5i02.852

Sasongko, S. R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (Jimt), 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707

Sembiring, S. J., Tampubolon, H. I., & Jumjuma. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Cabin/Belltent The Kaldera Toba Nomadic Escape (Toba Samosir). Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (Konsep), 3(1), 164–174. https://doi.org/https://doi.org/10.51510/konsep.v3i1.859

Setyawati, A. Y., Maruta, A., & Nasution, U. C. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Laundry Kucek Shoes Di Surabaya. Gemah Ripah: Jurnal Bisnis, 4(4), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.69957/grjb.v4i04.1692

Sodikin, D., & Ganda. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan KRL Commuterline Rute Jakarta Kota – Bogor. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(3), 302–309. https://doi.org/https://doi.org/10.31334/jambis.v3i3.3176.g1525

Stanley, V., & Sidharta, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Loyalitas Pelanggan Rumah Kost Surabaya Barat. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 8(4), 418–427. https://doi.org/10.37715/jp.v8i4.3793

Subhan, A., Joesah, N., & Kusuma, A. B. (2023). Pengaruh Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan. Jibema: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2), 152–162. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i2.14

Sugiarto, M., Utomo, S. H. T., & Muthohar, I. (2023). Evaluasi Kinerja Stasiun Kereta Api Manggarai Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 25(1), 1–10. https://doi.org/10.25104/jptd.v25i1.2127

Suhardi, Y., Zulkarnaini, Z., Burda, A., Darmawan, A., & Klarisah, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Sekolah Olahraga Binasehat Bekasi). Jurnal Stei Ekonomi, 31(02), 31–41. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i02.718

Surti, I., & Anggraeni, F. N. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 261–270. https://doi.org/https://doi.org/10.37481/sjr.v3i3.221

Suryani, P., Cahyono, Y., & Utami, B. D. (2020). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Karyawan Bagian Produksi di PT Tuntex Garment Indonesia. Jiemar: Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(1), 70–82. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1.28

Susanti, I., & Saumi, F. (2022). Penerapan Metode Analisis Regresi Linear Berganda Untuk Mengatasi Masalah Multikolinearitas Pada Kasus Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Di Kabupaten Aceh Tamiang. Gamma-Pi: Jurnal Matematika Dan Terapan, 4(2), 10–17. https://doi.org/https://doi.org/10.33059/jgp.v4i2.5591

Syafitri, A., & Kamil, M. (2024). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan KRL Commuter Line di Jabodetabek. Masip: Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis Dan Publik Terapan, 2(2), 41–55. https://doi.org/https://doi.org/10.59061/masip.v2i2.738

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 160–166. http://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/article/view/25

Tarigan, I., Haloho, E., Padang, N. N., & Purba, I. R. (2023). Pengaruh Reputasi Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Daya Saing Universitas Katolik Santo Thomas Medan. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 9(2), 252–261. https://doi.org/10.54367/jrak.v9i2.2982

Ulfah, A. K., Razali, R., Rahman, H., Ghofur, A., Bukhory, U., Wahyuningrum, S. R., Yusup, M., Inderawati, R., & Muqoddam, F. (2022). Ragam Analisis Data Penelitian (Sastra, Riset dan Pengembangan) (S. R. Wahyuningrum (ed.)). IAIN Madura Press. https://books.google.co.id/books?id=WpSdEAAAQBAJ

Umami, R. (2020). Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran, Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Manajerial Pada Rsj Tampan Provinsi Riau. Jurnal Akuntansi, 7(1), 96–105. https://doi.org/https://doi.org/10.30656/jak.v7i1.1413

Wahyuddin, R., Sucipto, A., & Susanto, T. (2022). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Multiple Marker Pada Pengenalan Komponen Komputer. Jatika: Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 278–285. https://doi.org/10.33365/jatika.v3i3.2034

Wardani, I., Jumain, & Mufarihin. (2020). Pengaruh Harga, Free WiFi, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Coffee JMP Pahlawan Lamongan. Melati: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 35(2), 1–12. https://ejournal.ahmaddahlan.ac.id/index.php/melatistiekhad/article/view/23

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Zaki, M., & Saiman, S. (2021). Kajian tentang Perumusan Hipotesis Statistik Dalam Pengujian Hipotesis Penelitian. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(2), 115–118. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i2.216