Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik di Polsek Metro Tanah Abang dengan menggunakan

research
  • 06 Mar
  • 2025

Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik di Polsek Metro Tanah Abang dengan menggunakan

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi informasi, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik semakin tinggi. Masyarakat tidak hanya mengharapkan pelayanan yang cepat dan fisien, namun juga transparan terhadap kebutuhan mereka. Pelayanan publik yang berkualitas menjadi salah satu harpan masyarakat terhadap pemberi pelayanan termasuk institusi kepolisian. Dalam hal ini Polsek Metro Tanah Abang yang memiliki reputasi yang cukup baik, namun kedepan akan menghadapi tantangan agar tetap mempertahankan keunggulan pelayanannya terhadap masyarakat. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas serta kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan di Polsek Metro Tanah Abang dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisoner kepada masyarakat yang melakukan layanan di Polsek Metro Tanah Abang sebagai responden guna memperoleh data tingkat harapan serta kepuasan dari masyarakat. Dari hasil penelitian, masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang di berikan oleh Polsek Metro Tanah Abang. Hal ini dapat kita ketahui dari hasil perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI) dengan diperoleh nilai sebesar 88,5%, dimana berdasarkan table index Customer Satisfaction Index (CSI) hasil ini masuk dalam kriteria sangat puas. Namun ada hal-hal yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan dari pelayanan Polsek Metro Tanah  Abang, salah satunya ialah kemudahan prosedur pelayanan karena adanya selisih nilai 0,17%.

Unduhan

 

REFERENSI

Akta, P., Pada, K., Kependudukan, D., Pencatatan, D., Kabupaten Bogor, S., Maulana, M., Wawan, ), Subagyo, H., Nababan, B. O., Mujito, ), Program, A., Manajemen, S., Dewantara, S., Raya, J., Bojong, P., & Program, D. (n.d.). ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS (Vol. 4, Issue 2).

 

Anindya, A. P., & Iva Mindhayani. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan De Laundry dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 129–136. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3954

 

Dwi Setiawan, A., Zaki Yamani, A., Dwi Winati, F., Rekayasa Industri dan Desain, F., Panjaitan No, J. DI, Selatan, P., & Tengah, J. (2022). Pengukuran Kepuasan Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus UMKM Ahul Saleh). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 1(4), 286–295.

 

Fauzia Agustini, & Sabda Dian Nurani Siahaan. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) (Studi Kasus Pada BNI UNIMED). Universitas Negeri Medan, Medan, Indonesia.

 

Harmaja, O. J., Purba, W., Siregar, M. P., Manurung, H. T., & Sirait, F. A. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA RUDANG HOTEL BERASTAGI MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI). Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 5(1), 147. https://doi.org/10.37600/tekinkom.v5i1.511

 

Hidayat, D. N., Bustomi, T., & Yusnita, A. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bagian Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan Dengan Metode Customer Satisfaction Index. https://doi.org/10.46984/sebatik.v28i2.0000

 

Mainerlis Nursyam, M. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Nanggalo Kota Padang Menggunakan Customer Satisfaction Index Dan Importance Performance Analysis (Vol. 3).

 

MUHAMMAD GHOZI IRFANI. (2023). NALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN KANTOR CAMAT DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

 

Nalendra, A. R. A., Winarno, S. H., Priadi, A., & Sari, I. (2022). Customer Satisfaction Index (CSI) of Gojek User Post Fuel Prices Changes. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:260031621

 

Sadika, P. H., Neyland, J. S. C., & Sutrisno, A. (n.d.-a). ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA JASA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) (Studi Kasus di Pelabuhan Manado). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jtmu