PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPEL BULOG PUSAT DI JAKARTA SELATAN

research
  • 06 Mar
  • 2025

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA KOPEL BULOG PUSAT DI JAKARTA SELATAN

Kualitas pelayanan adalah sebuah perbuatan yang menjadi tingkat kekuatan dan keunggulan perusahaan tersebut untuk mengukur seberapa baik pelayanannya untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan seorang pelanggan. Dalam penelitian ini membahas Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Kopel Bulog Pusat di Jakarta Selatan. Dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner dengan memberikan kepada 92 anggota sebagai responden dan metode studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara simultan apakah kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan anggota. hipotesis yang digunakan adalah diduga adanya pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap kepuasan anggota Kopel Bulog Pusat. Dengan menggunakan alat uji analisis SPSS versi 27 maka hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota pada Kopel Bulog Pusat. Dengan nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,266 yang berarti 26,6 % kepuasan anggota di Kopel Bulog Pusat dipengaruhi oleh variabel independen dan sisanya merupakan faktor-faktor lain yang tidak dibahas di dalam penelitian ini.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Meilida Eka Sari. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Anggota IKAPI.

Anggaraeni, N. M. (2021). Pengaruh Waktu Tunggu, Keramahan Petugas Dan Kompetensi Petugas Terhadap Kepuasan Pelanggan Uptd Puskesmas Ii Negara (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 1(2), 225–234. https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i2.675

Annisa Bambang Munas, D. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediator (Studi pada Pengguna Jasa PT. Pos Indonesia di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 10(3), 1–12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/32359/26060

Apriliana, & Sukaris. (2022). Jurnal maneksi vol 11, no. 2, desember 2022. 11(2), 498–504. https://ejournal-polnam.ac.id/index.php/JurnalManeksi/article/view/1246/590

Ariani, M., Hadiyatno, D., & Anam, H. (2024). Metodologi Penelitian: Langkah Mudah Menulis Skripsi dan Tesis. PT. RajaGrafindo Persada - Rajawali Pers. https://books.google.co.id/books?id=eOMNEQAAQBAJ

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Cahyani, Y., Sogen, D. M., Maryani, F., Umami, N. Z., & Simarmata, M. M. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Di Optik Tahun 2020-2023. Jurnal Mata Optik, 5(01), 22–30. https://doi.org/10.54363/jmo.v5i01.187

Cahyono, A. D. (2020). Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1–6. https://doi.org/10.53599/jip.v2i2.58

Darno, & Yosepha, S. Y. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA TOKOPEDIA DI JAKARTA TIMUR. 3(1), 39–50. https://jom.unsurya.ac.id/index.php/jimen/article/view/64

Dirgahayu Erri, H., Lestari, A. putri, & hasta herlan, A. (2021). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=sampel+menurut+para+ahli&oq=sampel+menurut+#d=gs_qabs&t=1715229254313&u=%23p%3DsEGpjPeJU84J

Elburdah, R. P. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Arena Agro Andalan. Jurnal Media Bina Ilmiah, 15(11), 5651–5658. https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/1165/pdf

Haryani, D. S. (2022). KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP NILAI PELANGGAN. CV. AZKA PUSTAKA. https://books.google.co.id/books?id=B3jKEAAAQBAJ

Istiyono, W. A., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kepercayaan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Restoran Mie Gacoan Cabang Semarang). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 2022–2395. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/2312

Janna, N. M., & Herianto. (2021). Nilda. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12. https://osf.io/preprints/osf/v9j52

Jaya, I. M. L. M. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF. ANAK HEBET INDONESIA.

Jefryansyah, & Muhajirin. (2020). ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BARANG SECARA ONLINE. 2(1), 85–94. https://doi.org/10.30812/target.v2i1.703

Kamal, F., Winarso, W., & Mardiani, L. (2020). Peningkatan Kepuasan Mahasiswa Melalui Kualitas Pelayanan Akademik (Studi Kasus Pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam As-Syafi’Iyah Jakarta). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(1), 33–45. https://doi.org/10.31599/jiam.v16i1.111

Kasinem. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i4.5096

Kharisma, D., Simatupang, S., & Hutagalung, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada UD. Restu Mulia Pandan. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.47709/jumansi.v5i1.2210

Lailiyah, N. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN MEREK KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA HIJAB MEDYNA COLLETION SITUS SHOP ONLINE PENDAHULUAN Kemajuan teknologi , khususnya internet membuat keterbatasan jarak , waktu , dan biaya dapat terasi dengan mu. 5, 1–15. https://riset.unisma.ac.id/index.php/jimmu/article/view/3889

Lovitasari, C. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee Di Kota Surabaya. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(3), 669–676. https://ejournal.stpmataram.ac.id/JIP/article/view/2757/2188

Mangare, I., Wenas, R. S., & Rogi, M. (2023). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Sonder Indah. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 244–253. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49659

Masili, V., Lumanauw, B., & Tielung, M. V. J. (2023). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA USAHA TOKO BAHAN BANGUNAN MENTARI DI DESA SEA KECAMATAN PINELENG KABUPATEN MINAHASA. Prosiding, 3(4), 10–17. https://doi.org/10.59134/prosidng.v3i.288

Meida, F., Astuti, M., & Nastiti, H. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Sociolla Di Era Pandemic. 5(2), 157–166. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/1326

Muzaki, M. F., Mulyani, I. D., & Khojin, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Luang Waktu Coffee). AURELIA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 44–57. https://doi.org/10.57235/aurelia.v1i1.24

Purba, L., Halim, E. H., & Widayatsari, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Bedah Saraf RSUD dr. Doris Sylvanus Palangkaraya Lestari Purba 1) , Edyanus Herman Halim 2) dan Any Widayatsari 3). Jurnal Ekonomi KIAT, 32(2), 1–16. https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/8272

Rahmawati, A., Padmantyo, S., & Setyawan, A. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Digital, Kepercayaan Pada Produk Terhadap Kepuasan Pelaggan Produk Skincare Lokal. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 8(2), 1–23. https://jsr.lib.ums.ac.id/index.php/determinasi/article/view/35%0Ahttps://jsr.lib.ums.ac.id/index.php/determinasi/article/download/35/33

Rahmawati, N. S., Dwikotjo Sri Sumantyo, F., & Ali, H. (2023). Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepercayaa Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen E-Commerce Lazada di Wilayah Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Terapan, 1(1), 40–53. https://doi.org/10.38035/jpmpt.v1i1.82

Sahir, S. H. (2021). METODOLOGI PENELITIAN. PENERBIT KBM INDONESIA.

Satriady, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Tambun Mangunjaya). MINISTAL: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.54259/ministal.v1i1.311

Sembiring, S. J., Hedona, I. T., & Jumjuma. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Harga Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Pada Cabin/Belltent the Kaldera Toba Nomadic Escape(Toba Samosir). Prosiding Konferensi Nasional …, 4–11. http://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/view/859%0Ahttps://ojs.polmed.ac.id/index.php/KONSEP2021/article/download/859/427

Sugiono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. CV. ALFABETA.

Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. CV. ALFABETA.

Surti, I., & Anggraeni, F. N. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Revenue: Lentera Bisnis Manajemen, 2(01), 21–25. https://doi.org/10.59422/lbm.v2i01.162

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian Kuantitatif.

Tongonizisokhi Laia, Nelly A.Sinaga, & Kaharuddin. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Dan Etika Kerja Terhadap Motivasi Kerja Pada Usaha Kerupuk Sambal Spesial Sibolga. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(4), 204–214. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i4.457

Tumbel, Z., Wenas, R. S., & Lintong, D. C. A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Internet Banking Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening pada BRI Unit Tomohon Selatan. Jurnal EMBA, 10(4), 40–49. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/43687

Utama, A. P., & Murti, T. R. (2021). Kepuasan Nasabah Sebagai Mediator Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 79–86. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-EKONOMIKA/article/view/1020

W, C. D., Bangun, A. A., Susilowati, R., & A, M. M. I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(2), 193–203. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v4i2.1333

Wardhana, A. (2024). CONSUMER BEHAVIOR IN THE DIGITAL ERA 4.0 (P. Mahir (ed.)). EUREKA MEDIA ASKARA.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 9(2), 99–113. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Wicaksana, P. S. I., & Baldah, N. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Lokasi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Bersubsidi di PT. Mitra Indah Properti The Influence Of Trust, Location And Promotion On Subsidized Home Purchase Decisions At PT. Mitra Indah Properti. Pelita Ilmu, 15(1), 1–8. file:///C:/Users/Winda Cornelia/Downloads/794-Article Text-1701-2-10-20211030.pdf

Yani, A. S., & Sinambela, Y. F. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Moderasi di PT Sinarmas Sentra Cipta. Edunomika, 8(1), 1–7. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/10260

Yurianto, A. O., & Dewi, R. S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Nasabah Asuransi Unit Link PT. Prudential Life Assurance Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 753–761. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29776

Zebua, E., & Tanjung, Y. T. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA RUMAH SAKIT ESTOMIHI MEDAN. 7, 3905–3910. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/10260