Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Gacoan Di Cipondoh Tangerang

research
  • 06 Mar
  • 2025

Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Gacoan Di Cipondoh Tangerang

Keputusan pembelian merupakan tindakan yang dilakukan oleh konsumen dalam memilih barang atau jasa dari produsen atau penyedia tertentu dengan mempertimbangkan manfaat yang diperoleh. Mie Gacoan yang merupakan jaringan restoran mie pedas nomor 1 di Indonesia. Mie Gacoan saat ini menjadi market leader dari perusahaan sejenis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji apakah ada pengaruh Harga (X1) dan Kualitas Produk (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Mie Gacoan di Cipondoh Tangerang. Metode penelitian yang diambil adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling, menggunakan kuesioner sebanyak 100 responden. Hasil penelitian terlihat bahwa harga dan kualitas produk secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebanyak 464,825 melalui uji F. secara parsial menggunakan uji T, harga secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebanyak 1,426, sementara kualitas produk memiliki angka signifikansi yang lebih tinggi terhadap keputusan pembelian daripada harga, yaitu sebanyak 8,585. Dengan ini, maka hasil penelitian menerangkan bahwa harga dan kualitas produk memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.

Unduhan

 

REFERENSI

Akmalia, M. N., & Putri, K. A. S. (2024). PERAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENINGPADA KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN KEDAI JUKUNG BALI. Journal of Manajemen and Business (JOMB), 6(1), 147–157. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/jomb.v6i1.7180

Amalia, R. N., Dianingati, R. S., & Annisaa, E. (2022). PENGARUH JUMLAH RESPONDEN TERHADAP HASIL UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PENGETAHUAN DAN PERILAKU SWAMEDIKASI. Generics: Journal of Research in Pharmacy, 2(1), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/genres.v2i1.12271

Amruddin, Priyanda, R., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Wulandari, S., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (F. Sukmawati, Ed.; 1st ed.). Sukoharjo: Pradina Pustaka. https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Kuantitatif/B5t1EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=teknik+penelitian+kuantitatif&pg=PT124&printsec=frontcover

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Bimantara, Y., Novita, D., & Jaelani. (2022). PENGARUH HARGA, DESAIN PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Mobil Honda Brio di Lampung). Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 2, 27–36.

Damanik, E. O. P., Kemala, Z., & Sipayung, T. (2023). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK PADA LIVE STREAMING APLIKASI TIKTOK TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA EKONOMI UNIVERSITAS SIMALUNGUN. Manajemen: Jurnal Ekonomi USI, 5, 90–104. https://doi.org/https://doi.org/10.36985/x1e65334

Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). Jakarta: Guepedia.

Darmawan, D., Sudrajat, I., Maulana, M. K. Z., & Febriyanto, B. (2021). Perencanaan Pengumpulan Data sebagai Identifikasi Kebutuhan Pelatihan Lembaga Pelatihan. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(1), 71–88. https://doi.org/DOI 10.15294/pls.v5i1.30883

Dunakhir, S. (2019). Uji Reliabilitas dan Normalitas Instrumen Kajian Literasi Keuangan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR, 249–252. https://eprints.unm.ac.id/17802/1/prosiding semnas lembaga penelitian diseminasi hasil penelitian.pdf

Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2022). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16, 63–76. https://doi.org/http://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.392

Elvera, & Astarina, Y. (2021). Metodologi Penelitian. Yogyakarta. https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN/p2rDEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=uji+kualitas+data&pg=PA122&printsec=frontcover

Furniawan. (2023). INTERAKSI DINAMIS ANTARA PERPUTARAN MODAL KERJA DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA). The Asia Pacific Journal of Management Studies, 10(3), 231–238. https://doi.org/https://doi.org/10.55171/apjms.v10i3.1019

Harjo, B. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Statistik Untuk Pemula (1st ed.). Nuta Media. Yogyakarta: Nuta Media.

Hasan, S. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 3826–3833. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v5i2.4326

Ibrahim, A. (2023). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis Islam (Q. Aini, Ed.; 1st Ed.). Banda Aceh: PT. Bumi Aksara.

Ichsan, R. N., & Karim, A. (2021). KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. JASA RAHARJA MEDAN. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA, 6(1), 54–57. https://doi.org/https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729

Kumbara, V. B. (2021). DETERMINASI NILAI PELANGGAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN: ANALISIS KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK DAN ENDORSE. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 604–630. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jimt.v2i5.568

Kuswanto, H. (2021). FAKTOR KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN CITRA MEREK, PERSEPSI WAKTU, DAN LAYANAN PURNA JUAL DI TRADING COMPANY PTA (KAJIAN STUDI LITERATUR MANAJEMEN PEMASARAN). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 957–966. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i2.762

Lahagu, L. L., Tarmizi, A., & Perkasa, D. H. (2023). Pengaruh Lingkungan, Motivasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Retail di Jakarta. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7). https://doi.org/: https://doi.org/10.5281/zenodo.8186882

Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP PEMBELIAN ULANG (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN Y.O.U PADA HASANAH MART AIR HAJI. Junal Economina, 2, 476–490.

May, V., Ginting, N., Cahyadi, D., Kristiawan, B., & Novirsari, E. (2024). PENGARUH PROMOSI KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. HONDA IDK. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting), 5(1), 262–270. https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA/article/view/4464/2368

Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53. https://doi.org/https://doi.org/10.34312/jjom.v1i1.1742

Nurazizah, Putra, A., Sebayang, M. M., Yulianto, A., Keban, Y. B., Aran, A. M., Fahrudin, & Pratiwi, Y. (2024). Metodologi Penelitian (1st ed.).  Makassar: Cendekia Publisher. https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN/fToXEQAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2022). Peran Harga Produk Dan Brand Image Terhadap Purchase Decision Produk Cold Pressed Juice Re.Juve. MSEJ: Management Studies and Enterpreneurship Journal, 3, 183–188. https://doi.org/https://doi.org/10.37385/msej.v3i4.1023

Pratama, K. M., & Brahmayanti, I. A. S. (2024). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, dan GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE (Studi Pada Mahasiswa/Mahasiswi Universitas 17 Agustus Surabaya). MUSYTARI: Neraca Manajemen, Ekonomi, 6(10), 1–11. https://doi.org/10.8734/Musytari.v1i2.365

Purba, D. S., Tarigan, W. J., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear Berganda Untuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Abdi, 5(2), 202–208. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jkam.v5i2.15257

Purba, M., Nasution, A. P., & Harahap, A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Reputasi Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen dengan Kepercayaan sebagai Variabel Moderasi. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(2), 1091–1107. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12268

Purnomo, E. C. (2024). PENGARUH PROMOTION WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ROKOK MOCACINO PADA TOKO MEISYA DI SAMPIT. Media Bina Ilmiah, 18(12), 3297–3312. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v18i12.888

Silvia, R., & Arifiansyah, R. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CILLO COFFEE. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaaan, 3(2), 662–675.

Sukmawati, A. S., Sabur, F., Nur, M., Darmawan, A. R., Sa’dianoor, Mahbub, K., Silviana, Tawil, M. R., Sampurno, C. B. K., Wibowo, S. E., & Aziz, A. (2023). Buku Ajar Metode Penelitian (1st ed.). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.google.co.id/books/edition/BUKU_AJAR_METODOLOGI_PENELITIAN/vrriEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=metode+non+eksperimental&pg=PA81&printsec=frontcover