Strategi Komunikasi Pada Marketing Communication PT. Global Sigma Mandiri Dalam Mempengaruhi Pelanggan Melalui Media Sosial WhatsApp

research
  • 05 Mar
  • 2025

Strategi Komunikasi Pada Marketing Communication PT. Global Sigma Mandiri Dalam Mempengaruhi Pelanggan Melalui Media Sosial WhatsApp

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh PT. Global Sigma Mandiri dalam mempengaruhi pelanggan melalui media sosial WhatsApp dalam konteks marketing communication. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan staf pemasaran perusahaan dan analisis konten WhatsApp yang digunakan dalam komunikasi dengan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Global Sigma Mandiri menggunakan berbagai pendekatan dalam komunikasi pemasaran, termasuk pengiriman pesan promosi yang disesuaikan, pengelolaan hubungan pelanggan secara personal, serta pemanfaatan fitur WhatsApp untuk membangun komunikasi dua arah. Dengan demikian, WhatsApp sebagai platform komunikasi efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pelanggan.

Unduhan

 

REFERENSI

Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Adawiyah, R. (2020). Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum (Kpu) Provinsi Banten Dalam Sosialisasi Larangan Politik Uang Pada Pemilihan Calon Legislatif (Pileg) Tahun 2019. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Afrilia, A. M. (2020). Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Pustaka Rumah C1nta.

Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal. Lugas Jurnal Komunikasi, 5(1), 66–72.

Aprisia, G., & Mayliza, R. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan (Corporate Image) Dan Penanganan Keluhan (Complaint Handling) Terhadap Loyalitas Pelanggan (Loyality) Natasha Skin Care Di Kota Padang.

Arifin, A. (2016). Strategi Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Pt Rajagrafindo Persada.

Aryanto, A., & Ghozali, Z. (2024). Manajemen Layanan Pelanggan. Widina Media Utama.

Asmajasari, & Magdalena. (2022). Periklanan Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran.

Assauri, S. (2020). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Raja Grafindo Persada.

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2016). Qualitative Research For Education: An Intoduction To Theory And Methods. Massachusetts: Allyn And Bacon.

Cangara, H. (2019). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers.

Dewi, M. Y. (2023). Strategi Komunikasi Bandung Good Guide Dalam Mengembangkan Wisata Budaya Dan Sejarah Melalui Aktivitas Walking Tour Di Kota Bandung. Universitas Komputer Indonesia.

Effendy, O. U. (2018). Dinamika Komunikasi. Pt. Remaja Rosdakarya.

Effendy, O. U. (2019). Dinamika Komunikasi. Pt. Remaja Rosdakarya.

Farahdiba, D. (2020). Konsep Dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1).

Fatoni, M. I. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19.

Fauzi, R. (2017). Perubahan Budaya Komunikasi Pada Pengguna Whatsapp Di Era Media Baru. Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 1(1).

Ferdiansyah, D. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Answear Stuff Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 2(2), 965–971.

Fitri, A., Luthfi, M., & Lubis, M. S. I. (2023). Efektivitas Media Sosial Whatsapp Sebagai Sarana Komunikasi Pemasaran Penyelenggara Transfer Dana Bukan Bank Pada Pt. Worldwide Express Remittance. Network Media, 6(2).

Griffin, R. W., & Ebert, R. J. (2017). Bisnis (8th Ed.). Erlangga.

Halimah, S. (2022). Strategi Komunikasi Da’i Dalam Pembinaan Nilai-Nilai Keislaman Pada Masyarakat Batanghari Lampung Timur. Institut Agama Islam Negeri Metro.

Herdayati, S. P., & Syahrial, S. T. (2019). Desain Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian. Online Int. Nas, 7(1).

Jatmiko, J. (2022). Komunikasi Pemasaran Sebagai Strategi Memperluas Pasar. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 9(2).

Kasmirada, I. G. K. S., & Wahyuni, I. I. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Efektif Brand Aum Apparel Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 7(2), 177–195. Https://Doi.Org/10.36914/Jikb.V7i2.710

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (16th Ed.). New Jersey: Pearson.

Kusmulyono, M. S., & Endaryono, T. (2018). Kekuatan Visi Misi Dalam Memandu Arah Strategis Umkm. Prosiding Sembadha, 1.

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1).

Lupi, F. R., & Nurdin, N. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Dan Penjualan E-Commerce Pada Tokopedia. Jurnal Elektronik Sistem Informasi Dan Komputer.

Meithiana, I. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan.

Mubarok, F. S. (2022). Pemanfaatan New Media Untuk Efektivitas Komunikasi Di Era Pandemi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(1).

Mukti, I., Oruh, S., & Agustang, A. (2021). Efek Pemberitaan Kekerasan Di Media Sosial Terhadap Citra Negatif Kota Makassar. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4).

Mulyana. (2019). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Pt Remaja Rosdakarya.

Mulyana, A., & Vazza, A. P. (2023). Ocial Construction Of New Media In Cyberspace. Pt Rekacipta Proxy Media.

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar (Cet 9). Remaja Rosdakarya.

Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (2020). Influencer Dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi Pada Pengguna Jasa Selebgram Sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jurnal Ini Sudah Migrasi), 5(2).

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknolog. Simbiosa Rekatama Media.

Nida, F. L. (2024). Persuasi Dalam Media Komunikasi Massa. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam “At-Tabsyir, 2(2).

Nugraha, M., Syaifuddin, M., & Hasan, K. S. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Hak Cipta Multimedia Dari Pembajakan Yang Terdapat Pada Video Blogging (Vlog) Melalui Media Berbasis Online. Lex Lata, 3(1).

Nurdin, R. (2020). Komunikasi Dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Simbolika Research And Learning In Communication Study, 1(1).

Poentarie, E. (2023). Penerapan Strategi Komunikasi Pada “Plik Nanggulan 2.” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 163–172.

Prasadhya, I. B. G., Nggili, R. A., Junaldo, J., & Angga, D. R. (2024). Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Marketing Digital Untuk Mempromosikan Dan Meningkatkan Produktifitas Kue Kacang Sari Rasa Prima. Multidisciplinary Journal Of Education, Economic And Culture, 2(1).

Prasetyo, A. F. (2024). Strategi Promosi Umkm Made By Pipu Melalui Aplikasi Whatsapp. Ubsi.

Purwono, J., Sugyaningsih, S., & Andryani, M. (2020). Analisis Keputusan Pembelian Daging Sapi Oleh Konsumen Rumah Tangga (Kasus: Hipermarket Giant Taman Yasmin Bogor). Neo-Bis, 8(1).

Ramadhan, B. R., & Gartanti, W. T. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Bengkel Kulit Melalui Instagram. Jurnal Riset Public Relations.

Ramdhani, D., Anjani, Y. F., & Yuliana, M. E. (2023). Peran Pengguna Media Sosial Whatsapp Terhadap Komunikasi Antar Interpersonal Karyawan Di Perusahaan Garmen Samkyung Jaya Busana. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2.

Rizaty, M. A. (2023). Pengguna Whatsapp Global Capai 2,45 Miliar Hingga Kuartal I/2023. Universitas Hasanuddin.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(2).

Rukin, S. P. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Siregar, D. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Upaya Mendukung Transparansi Good Corporate Governance (Studi Kasus Tentang Transparansi Pt. Unilever Indonesia, Tbk.). Uajy.

Siregar, N. (2022). Interaksi Komunikasi Organisasi. Jurnal Ilmu Sosial. Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), 2085–0328.

Soraya, A. (2019). Strategi Komunikasi Pada Special Event Jogja Java Carnival 2011 Sebagai Icon Event Budaya. Uajy.

Srigati, B. (2016). Pemilihan Media Dalam Pengambilan Keputusan. Lantip: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ekonomi Universitas Respati Yogyakarta, 5(2), 10.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Supratiknya, A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Dalam Psikologi. Universitas Sanata Dharma.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1).

Sutisna, I. N. (2024). Digital Marketing For Politics: Pemasaran Politik Era Digital. Penerbit Adab.

Suwarsa, T. (2021). Pengaruh Pajak Restoran Dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 51(1), 1–15.

Syahril, A. N. (2024). Strategi Komunikasi Kementerian Ppn/Bappenas Dalam Mengoptimalkan Minat Wilayah Timur Indonesia Di Ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (Ppd). Jurnal Komunikasi Ubsi Dki Jakarta.

Tamara, J., Sugiatno, S., Yanuarti, E., Warsah, I., & Wanto, D. (2020). Strategi Pembelajaran Dosen Melalui Pemanfaatan Media Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2).

Taqiyya, R., & Riyanto, S. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Facebook Dan Whatsapp Untuk Memperluas Jaringan Pemasaran Digital Benih Sayuran Oleh Wafipreneur Di Masa Pandemi Covid-19. Syntax Idea, 2(10).

Tjiptono, F. (2017). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Andi.

Trianah, L., Pranitasari, D., & Marichs, S. Z. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Stei Ekonomi, 26(1).

Tulandi, E. V, & Rifai, M. (2021). Strategi Komunikasi Akun Instagram Ubahstigma Dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Mengenai Kesehatan Mental. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2).

Wahyuni, M. (2016). Strategi Komunikasi Islam Dalam Pembinaan Agama Pada Suku Anak Dalam Bukit Duo Belas Kecamatan Pauh Kabupaten Sarolangun Provinsi Jamb. Al-Balagh: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).