PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT NOAH ARKINDO

research
  • 04 Mar
  • 2025

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT NOAH ARKINDO

PT Noah Arkindo merupakan Perusahaan yang bergerak di industri Automatic Identification and Data
Capture (AIDC), menghadapi tantangan besar dalam memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.
penelitian ini didasari oleh pentingnya faktor kualitas produk dan harga dalam menentukan kepuasan
pelanggan, yang pada gilirannya mempengaruhi loyalitas dan reputasi perusahaan. Metode pengumpulan
data dalam penyusuna penelitian ini adalah metode Purposive Sampling dan metode analisanya adalah
metode kuantitatif statistik dengan uji hipotesis berdasarkan hasil analisis variabel kualitas produk (X1)
diperoleh nilai uji t hitung sebesar 4,572 dan nilai t hitung variabel harga (X2) sebesar 5,967. Serta
berdasarkan hasil analisis variabel kualitas produk (X1) diperoleh nilai uji f hitung sebesar 238,825.
Berdasarkan hasil pengelolahan data diperoleh hasil nilai koefisien pada kualitas produk dalam kepuasan
pelanggan sebesar 0,396 dapat disimpulkan bahwa hubungan positif antara variable meningkatkan
kepuasan pelanggan sebesar 0,398 atau 39,8%, dan nilai koefisien pada variable harga (X2) dalam
kepuasan pelanggan sebesar 0,505 dapat disimpulkan bahwa penetapan harga pada produk, terdapat
hubungan positif antara kedua variable ini juga meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 0,505 atau
50,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi dari kedua variabel tersebut memberikan
kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan PT Noah Arkindo terutama variable
harga variable harga (X2) lebih signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan daripada variable kualitas
produk (X1) dengan asosiasi ini memiliki nilai positif sejumlah 91,2% dan sisanya 8,8% dipengaruhi
oleh variable lain diluar penelitian ini.

Unduhan

 

REFERENSI

Ahmad Fauzi. (2022). METODOLOGI PENELITIAN. CV. Pena Persada.
Amin, Sabaruddin Garancang, & Kamaluddin Abunawas. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian.
Journal Pilar Perspective of Contemporary Islamic Studies, 14.
https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624/0
Amirullah. (2021). Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran (Widayat, Ed.). Indonesia Pustaka.
Aprita Nur Maharani, R., & Ali Alam, I. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA KEBAB SALAHUDDIN. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan
Pendidikan, 1(4), 235–242. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i4.22
Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14.
https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7
Duli N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis
Data dengan SPSS. Deepublish (CV Budhi Utama).
Febrian, F. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI LEMBUR BATIK. Ekono Insentif, 13(1), 41–55. https://doi.org/10.36787/jei.v13i1.86
Haque, M. G. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 31–38.
https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.476
Hardani M.Si, Jumari Ustiawaty, & Helmina Andriani. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. https://www.researchgate.net/publication/340021548
Hidayat, A., & Hartanto, G. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Bergaransi Distributor Pada PT. Tiga Agung. ECo-Buss, 2(1), 16–29.
https://doi.org/10.32877/eb.v2i1.95
Indrasari, & Meithiana. (n.d.). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press. Retrieved October 31, 2024, from N%20PELANGGAN.pdf
Kotler, P., http://repository.unitomo.ac.id/2773/1/PEMASARAN%20DAN%20KEPUASA
& Keller, K. L. (2020). Marketing Management (15th ed.) (16th ed.).
https://www.google.co.id/books/edition/Marketing_Management/zXpfzgEACAAJ?hl=en
Laksana. (2019). TEORI GARVIN.
Legi, E. I. M., L., V. P, & Rog, M. H. (2023). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE, STORE
ATMOSPHERE AND PRODUCT QUALITY ON CUSTOMER SATISFACTION. Jurnal EMBA, 10(4),
2121–2131.
Lupiyoadi, Rambat, & A. Hamdani. (2017). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Salemba Empat.
Sugiyono. (2020). Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. In Nuryanto A (Ed.), Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif (5th ed.). Alfabeta, CV.
Sujarweni, V. W., Utami, & Lila Retnani. (2019). The Master Book of SPSS: Pintar Mengolah Data Statistik
untuk Segala Keperluan secara Otodidak (Adam S, Ed.). STARTUP.